Kisah 4 Ulama Terkenal yang Meninggalkan Islam, Salah Satunya Jadi Ateis

Daftar Isi

Kisah 4 Ulama Terkenal yang Meninggalkan Islam, Salah Satunya Jadi Ateis

Simak kisah 4 ulama terkenal yang meninggalkan Islam dan memilih agama atau keyakinan lain. Apa alasan dan pengalaman mereka? Baca selengkapnya di sini.

Agama adalah pilihan pribadi setiap orang yang tidak boleh dipaksakan atau diintervensi oleh orang lain. Namun, ada beberapa orang yang memilih untuk berpindah agama karena berbagai alasan, baik karena pengaruh lingkungan, pemikiran, atau pengalaman hidup. Hal ini juga terjadi pada beberapa ulama terkenal di dunia yang awalnya beragama Islam, namun kemudian memeluk agama lain atau bahkan tidak beragama sama sekali. Siapa saja mereka dan apa yang mendorong mereka untuk meninggalkan Islam? Berikut ini adalah kisahnya, yang dirangkum dari berbagai sumber¹²³⁴.

1. Imad Uddin Lahiz

Imad Uddin Lahiz adalah seorang ulama asal India yang lahir dari keluarga Muslim yang sangat taat dan terpandang. Ia sering menerjemahkan Al Quran ke bahasa Urdu dan menulis beberapa tafsir. Namun, pada tahun 1854, ia terlibat dalam perdebatan besar di Kota Agra yang membuatnya tertarik untuk mempelajari kehidupan seorang Sufi bernama Maulvi Safdar Ali. Ia kemudian terpesona dengan ajaran Sufi tersebut dan memutuskan untuk membawa seluruh keluarganya keluar dari Islam. Ia juga menulis buku biografi tentang dirinya dan buku tentang Tahqiq Ul Iman, yang mengkritik ajaran Islam.

2. Abdullah Al-Qasimi

Abdullah Al-Qasimi adalah seorang ulama kelahiran Arab Saudi yang pernah belajar di Universitas Al Azhar Mesir, salah satu pusat pendidikan Islam terkemuka di dunia. Ia dikenal sebagai penulis yang kritis terhadap Islam dan menulis buku berjudul As-Shira' Baini al-Islam wa al-Watsaniyyah (Peperangan antara Islam dan Pemuja Berhala). Ia juga pernah menjadi anggota Ikhwanul Muslimin, sebuah organisasi Islam yang bergerak di bidang politik dan sosial. Namun, pada tahun 1959, ia bertemu dengan seorang perempuan ateis di Beirut dan jatuh cinta padanya. Al-Qasimi pun menikahi perempuan itu dan pindah menjadi seorang ateis. Sampai akhirnya ia meninggal dunia pada 1 September 1996.

3. Dr. Mark Gabriel Mustafa

Dr. Mark Gabriel Mustafa adalah seorang ulama kelahiran Mesir yang memiliki nama asli Mustafa Mohamed Ahmed. Ia adalah seorang hafiz yang menghafal Al Quran sejak usia 12 tahun dan lulus dari Universitas Al Azhar dengan gelar doktor di bidang sejarah dan peradaban Islam. Ia juga pernah menjadi imam dan dosen di universitas tersebut. Namun, ia mulai meragukan kebenaran Islam setelah ia membaca buku-buku yang berbeda dengan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad. Ia juga mengalami penganiayaan dan penahanan oleh pihak berwenang karena dianggap menentang Islam. Pada tahun 1994, ia memeluk agama Kristen dan mengubah namanya menjadi Mark Gabriel. Ia kemudian pindah ke Amerika Serikat dan menulis beberapa buku yang mengungkapkan alasan dan pengalamannya berpindah agama.

4. Hajji Husman Mohamed

Hajji Husman Mohamed adalah seorang ulama asal Somalia yang pernah menjadi pemimpin sebuah madrasah di Mogadishu. Ia juga dikenal sebagai seorang yang rajin beribadah dan mengajarkan Islam kepada masyarakat. Namun, pada tahun 2003, ia merasa kecewa dengan pemerintah yang tidak peduli dengan kerusakan yang menimpa masjid-masjid di negaranya. Ia juga merasa tidak nyaman dengan lingkungan yang tidak bersahabat dengan Islam. Ia kemudian memutuskan untuk pindah agama dan menjadi seorang Kristen. Keputusannya ini menimbulkan kemarahan dan kekerasan dari keluarga dan masyarakatnya. Ia bahkan disiksa dan istrinya yang sedang hamil juga menjadi korban penganiayaan.

Itulah kisah 4 ulama terkenal yang meninggalkan Islam dan memilih agama atau keyakinan lain. Apa pendapat Anda tentang kisah mereka? Apakah Anda setuju atau tidak dengan keputusan mereka? Silakan berikan komentar dan pendapat Anda di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin tertarik dengan topik ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Sumber: 

(1) 4 Ulama Kondang yang Memutuskan Pindah Agama, Ada yang Meninggal .... https://www.viva.co.id/trending/1666932-4-ulama-kondang-yang-memutuskan-pindah-agama-ada-yang-meninggal-sebagai-ateis.

(2) Daftar 4 Ulama Murtad, Ada yang Meninggal Sebagai Ateis - Suara.com. https://www.suara.com/news/2022/09/12/113525/daftar-4-ulama-murtad-ada-yang-meninggal-sebagai-ateis.

(3) Bikin Syok, 4 Ulama Kondang Ini Memutuskan Pindah Agama. https://www.viva.co.id/showbiz/gosip/1519790-bikin-syok-4-ulama-kondang-ini-memutuskan-pindah-agama?page=2.

(4) Deretan Kisah Ulama yang Putuskan Murtad karena Alami ... - InsertLive. https://www.insertlive.com/viral/20211008162147-228-244974/deretan-kisah-ulama-yang-putuskan-murtad-karena-alami-berbagai-kejadian.

Posting Komentar