Teks Bacaan Sayyidul Istighfar: Doa Meminta Ampun yang Paling Utama dan Fadhilahnya

Daftar Isi

Sayyidul Istighfar: Doa Meminta Ampun yang Paling Utama dan Fadhilahnya. Pelajari teks, terjemahan, dan keutamaan doa istighfar terbaik ini.

Setiap manusia pasti pernah berbuat dosa dan khilaf, baik yang disengaja maupun tidak. Oleh karena itu, kita harus senantiasa bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT, sang Maha Pengampun. Salah satu cara untuk bertaubat adalah dengan membaca doa istighfar.

Apa Itu Doa Sayyidul Istighfar?

Doa istighfar adalah doa yang mengandung permohonan pengampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan. Ada banyak doa istighfar yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, tetapi ada satu doa istighfar yang paling utama, yaitu Sayyidul Istighfar.

Sayyidul Istighfar berarti raja atau induk dari semua doa istighfar. Doa ini memiliki keistimewaan karena di dalamnya terdapat pengakuan akan keesaan Allah SWT, pengakuan akan status kita sebagai hamba-Nya, pengakuan akan nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya, dan pengakuan akan dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Doa Sayyidul Istighfar juga memiliki fadhilah atau keutamaan yang sangat besar bagi orang yang membacanya dengan ikhlas dan penuh harap. Rasulullah SAW bersabda bahwa barangsiapa yang membaca Sayyidul Istighfar di pagi atau sore hari, kemudian ia meninggal pada hari itu, maka ia akan masuk surga.

Berikut ini adalah teks Sayyidul Istighfar dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahannya, serta fadhilahnya bagi orang yang membacanya.

Teks Sayyidul Istighfar dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْت

Latin: Allâhumma anta rabbî, lâ ilâha illâ anta khalaqtanî. Wa anâ 'abduka, wa anâ 'alâ 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu. A'ûdzu bika min syarri mâ shana'tu. Abû'u laka bini'matika 'alayya. Wa abû'u bidzanbî. Faghfirlî. Fa innahû lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta.

Terjemahan: "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada tuhan selain Engkau. Engkau lah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berpegang teguh pada janji-Mu sekuat dayaku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang telah kulakukan. Aku mengakui nikmat-Mu atasku. Dan aku mengakui dosaku. Maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau," (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-'Aidrus, Jakarta).

Fadhilah Sayyidul Istighfar bagi Pembacanya

Sayyidul Istighfar adalah doa istighfar yang paling utama dan paling sempurna. Doa ini mengandung pengakuan akan keagungan Allah SWT, pengakuan akan kehinaan diri kita sebagai hamba-Nya, pengakuan akan nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya, dan pengakuan akan dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Doa ini juga memiliki fadhilah atau keutamaan yang sangat besar bagi orang yang membacanya dengan ikhlas dan penuh harap. Rasulullah SAW bersabda bahwa barangsiapa yang membaca Sayyidul Istighfar di pagi atau sore hari, kemudian ia meninggal pada hari itu, maka ia akan masuk surga.

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dari Syaddad bin Aus. Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar juga memasukkan doa Sayyidul Istighfar sebagai salah satu doa yang disunnahkan untuk dibaca setiap pagi dan sore hari.

Demikianlah doa Sayyidul Istighfar dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahannya, serta fadhilahnya bagi pembacanya. Semoga bermanfaat dan semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT. Aamiin.

Posting Komentar