Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Melunasi Utang dan Saat Bingung, Pernah Diajarkan Rasulullah ke Abu Umamah

Berikut ini adalah doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk melunasi utang dan menghilangkan kebingungan? Doa ini pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada sahabat Abu Umamah.

Ketika seseorang di rundung kesedihan, sering kali ia merasa bingung, dan hampir putus asa. Saat seseorang yang beriman mempunyai hutang dan dalam kebingungan, maka tentulah dia akan mencari sebuah solusi terbaik, baik solusi lahir maupun batin. 

Berbeda dengan seseorang yang tidak beriman. Saat ia dirundung masalah utang dan dalam kebingungan, bisa jadi ia akan mencari pelarian sehingga terjebak ke dalam hal-hal yang justru dilarang oleh agama dan mengundang murka Allah SWT.

Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghadapi masalah yang dihadapi, bukan sebaliknya, lari dari masalah sehingga malah menimbulkan masalah baru. 

Ketika seseorang sedang berada diatas, jangan lupa bahwa kamu dulu juga ada dibawah. Dan ketika sedang berada di bawah, jangan sedih, bingung dan putus asa. Bangkitlah, berusahalah, dan berdoa kepada Allah SWT. Allah SWT tidak akan membiarkan hambaNya. 

Dalam permasalahan hutang ini, Rasulullah SAW pernah mengajarkan sebuah doa kepada sahabatnya yang bernama Abu Umamah. Doa tersebut, jika dibaca dengan hati yang tulus ikhlas maka insyaallah ia akan terbebas dari masalah tersebut.

Berikut doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Abu Umamah agar terbebas dari bingung dan utang.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ
Allahumma inni a'udzu bika minal hammi wal hazan. Wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasal. Wa a'udzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a'udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal.

Artinya:
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Abu Umamah menceritakan, bahwa setelah dia mengamalkan doa tersebut, Allah SWT benar-benar menghilangkan kebingungannya dan memberi kemampuan melunasi utang.

Demikian sedikit penjelasan tentang doa yang diajarkan oleh Rasulullah agar terbebas dari bingung dan hutang. Semoga bisa menjadi ikhtiar batin dan solusi terbaik yang diajarkan Nabi kita kepada umatnya agar selalu memintak (doa) dan selalu bergantung kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat..

Posting Komentar untuk "Doa Melunasi Utang dan Saat Bingung, Pernah Diajarkan Rasulullah ke Abu Umamah"

close