Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Azab Dunia dan Akhirat Bagi Suami Selingkuh, Menurut Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Perselingkuhan mungkin sudah semakin marak terjadi belakangan ini. Merupakan cobaan besar dalam berumah tangga, perselingkuhan ini sama dengan berzina alias dosa besar. Lantas bagaimana azab suami selingkuh?

Dampak negatif dari perselingkuhan akan dirasakan banyak pihak, terutama anak-anak. Apalagi jika perselingkuhan berlanjut menjadi perceraian. Allah SWT jelas melarang perselingkuhan yang juga merujuk pada zina.
وَلا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلا
Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk dan kalau terjadi perzinahan, maka ada akibat buruk untuk pelakunya di dunia dan di akhirat”, (QS Al-Isra: 32).

Tidak hanya melarang perselingkuhan saja, Islam juga menegaskan azab dunia maupun akhirat bagi orang-orang yang berselingkuh. 

Bagaimana Azab Suami Selingkuh? Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Melansir sebuah tayangan di kanal YouTube Taman Surga Net yang diunggah pada 20 November 2021, begini penjelasan Ustadz Abdul Somad mengenai bagaimana azab suami selingkuh. 

"Nabi melihat ada orang di hadapannya. Di depan orang itu ada daging segar, bagus, tapi dibiarkannya, ditengok pun tidak. Tapi ada daging busuk berulat, itu yang dia makan semangat. Kata Nabi, ini siapa? Kata Jibril, itulah orang yang punya istri baik, sholehah, tapi ternyata dia selingkuh", ungkap ustadz Abdul Somad. 

Menurut Ustadz Abdul Somad, memang sekarang ini perselingkuhan mudah sekali. Berawal dari tukar nomor telepon, lalu saling cerita, lama-lama cinta tumbuh karena ingin terus bersama. Lantas, apa yang harus dilakukan jika seorang suami telah melakukan perselingkuhan?

Menurut Ustadz Abdul Somad, seorang suami yang berselingkuh harus segera bertaubat. Pertama, ambil wudhu dengan niat bertaubat, setelah itu menunaikan sholat taubat 2 rakaat, dilanjutkan dengan berdzikir. 

"Kalau sampai meneteskan air mata, lebih bagus", ujar ustadz Abdul Somad. 

Demikianlah penjelasan ustadz Abdul Somad mengenai azab untuk suami yang selingkuh.

Balasan dan Azab di Dunia untuk suami yang selingkuh

Menurut banyak sumber, selain azab di akhirat, seseorang yang berselingkuh juga akan mendapatkan azab di dunia. Ketika seseorang melakukan perselingkuhan, maka jangan harap akan mendapatkan kebaikan dan kenyamanan selama hidup.

Pasalnya, perbuatan baik akan berbuah kebaikan dan perbuatan jahat akan berbuah keburukan bagi kehidupan kita. Selain itu, azab dunia bagi orang yang berselingkuh adalah sulit mendapatkan keberkahan rezeki. Meskipun kariernya bagus, namun ternyata punya penyakit atau bangkrut di masa tua misalnya.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai balasan yang akan diterima oleh seseorang yang berselingkuh.

1. Dibenci Banyak Pihak

Sudah jelas bahwa perselingkuhan adalah hal yang dibenci oleh semua orang. Bahkan suami yang melakukan perselingkuhan sendiri sebenarnya menyadari dan tidak akan sudi jika ia diselingkuhi oleh pasangannya.

Namun karena dia kalah dengan tipu daya wanita dan godaan setan, maka ia tetap melakukannya. 

Oleh karena itu seseorang yang melakukan perselingkuhan pasti dibenci oleh banyak orang, baik oleh orang orang yang merasa tersakiti secara langsung dari perselingkuhan tersebut. Seperti istri, keluarga dan kerabat maupun oleh orang lain yang tidak berhubungan secara langsung, bahkan hanya mendengarnya saja.

2. Ditinggalkan Pasangan

Perceraian dan perpisahan adalah kemungkinan terbesar yang diakibatkan oleh hadirnya orang ketiga dalam suatu hubungan.

Ketika salah satu pasangan tidak dapat menerima penghianatan dari pasangannya, maka perpisahan atau perceraian menjadi satu pilihan yang sering dilakukan.

3. Tersiksa Rasa Bersalah

Seperti yang telah di bahas pada point sebelumnya, bahwa perselingkuhan sebenarnya telah disadari sebagai kesalahan dan kejahatan oleh para pelakunya. Orang yang berselingkuh menyadari sepenuhnya bahwa dia bersalah dan berdosa, namun ia seperti terkena candu narkoba yang sulit sekali untuk meninggalkannya.

Oleh karena itu orang yang melakukan perselingkuhan akan merasa tersiksa dan tertekan dalam menjalani kehidupannya, karena rasa bersalah dan rasa benci terhadap kesalahan yang ia lakukan sendiri.

4. Dipandang Rendah

Nilai-nilai dan norma tata krama yang berlaku dalam masyarakat sangat bertentangan dengan perselingkuhan.

Oleh karena itu masyarakat akan cenderung memandang rendah, pada orang-orang yang melakukan perselingkuhan dan menghianati pasangannya.

5. Hidup Tidak Tenang

Dengan rasa bersalah dan pandangan rendah dari masyarakat tentunya akan membuat hidup seseorang menjadi resah dan tidak tenang.

Seakan yang dilakukan selalu salah dan seakan menjadi seseorang yang sangat bersalah bahkan tidak pantas mendapatkan kebahagiaan karena telah merusak kebahagiaan orang lain bahkan telah menyakiti orang-orang yang tulus mencintainya yaitu anak dan istrinya.

Terlebih jika hubungan perselingkuhannya belum diketahui dan harus sembunyi-sembunyi saat harus bertemu atau berkomunikasi dengan pasangan selingkuhannya, karena takut ketahuan oleh keluarga masing-masing.

6. Dijauhi Oleh Orang Dicintai

Orang yang selingkuh tentu akan dijauhi oleh orang yang dicintai, karena ia telah menyakiti hati dan mengecewakan banyak orang.

7. Tertular Penyakit Seksual

Perselingkuhan memiliki kecenderungan untuk melakukan perzinahan mulai dari zina mata hingga persetubuhan.

Hal ini tentu sangat beresiko terhadap penularan penyakit seksual karena seringnya bergonta-ganti pasangan, tanpa adanya ikatan sah di dalamnya.

Banyak penyakit yang bisa ditularkan dari hubungan perselingkuhan ini seperti klamidia, sifilis, herpes bahkan HIV/AIDS.

8. Tidak Dipercaya lagi 

Selingkuh adalah penghianatan besar yang tak hanya menyakiti hati orang yang kita sayangi, akan tetapi juga menyebabkan trauma tersendiri baik bagi pasangannya maupun bagi keluarga, khususnya anak-anaknya, bahkan kerabat lain juga turut merasa tersakiti.

Selanjutnya perselingkuhan juga akan menghilangkan rasa percaya mereka yang justru akan lebih sering merasa curiga terhadap segala aktifitas yang dilakukan.

9. Menderita Berbagai Penyakit Serius

Perasaan dibenci, perasaan bersalah, dijauhi dan kehilangan orang-orang yang dicintai tentunya akan mengakibatkan stress dan depresi .

Kemudian akan mengundang banyak penyakit dalam tubuh mulai dari sakit kepala, hingga penyakit penyakit serius lainnya seperti jantung dan kanker.

Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang spesialis jantung di Florida Dr Chauncey Crandall dan telah dipublikasikan dalam Newsmaxhealth, bahwa ‘Masalah kesehatan yang terjadi akibat perselingkuhan tidak hanya sekedar penyakit menular seksual, tetapi juga masalah medis yang lebih serius, yaitu risiko serangan jantung dan kanker’.

10. Menghancurkan Karir

Karir yang dibangun dengan susah payah tentunya tidak hanya berbuah dari hasil kerja keras saja akan tetapi juga akan memperoleh nama baik di masyarakat khususnya di antara rekan kerja dan klien.

Dengan adanya masalah perselingkuhan yang dibenci oleh hampir semua orang dan memang menyalahi tata nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, tentu akan berpengaruh terhadap kesuksesan karir yang dijalani.

Bahkan bisa sampai menghancurkan karir yang telah dibangun dengan susah payah hanya karena persoalan selingkuh yang dilakukan.

11. Memperpendek Usia

Dengan berbagai dampak yang telah dibahas di atas tentunya sangat berpengaruh besar terhadap rentang waktu kehidupan seseorang yang melakukan perselingkuhan.

Stres dan depresi hingga penyakit-penyakit yang timbul akan memperpendek usia dan membuat sisa hidup menjadi penuh penderitaan dan rasa bersalah.

Demikianlah penjelasan mengenai azab selingkuh dalam Islam. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambahkan keimanan kita semua. Aamiin..

Posting Komentar untuk "Inilah Azab Dunia dan Akhirat Bagi Suami Selingkuh, Menurut Penjelasan Ustadz Abdul Somad"