cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Bocoran Dua Senjata Rahasia Iblis kepada Nabi Nuh 'Alaihissaalam untuk Menyesatkan Manusia

Para Nabi dan Rasul serta orang-orang saleh telah memberikan banyak nasehat, wasiat dan pesan tentang berbagai macam tipu daya Iblis dan bala tentaranya. Nasehat-nasehat ini bertujuan agar kita sebagai musuh Iblis dapat terlindungi dari tipu daya yang sangat berbahaya.

Salah satu tipu daya Iblis yang pernah disampaikan oleh seorang Nabi adalah ketika Nabi Nuh 'Alaihissaalam bertemu dengan Iblis la'natullah di atas kapalnya. Kisah ini diriwayatkan dalam kitab Ihya’ 'Ulumuddin karya Imam Abu Hamid Al Ghazalli (w. 505 H).

Pertemuan Nabi Nuh dengan Iblis di Atas Kapal

Suatu ketika, Nabi Nuh melihat seorang laki-laki tua yang tidak dikenal di atas kapalnya. Nabi Nuh pun bertanya kepada laki-laki tua itu, “Siapa engkau dan bagaimana engkau bisa masuk ke kapal ini?” Laki-laki tua itu menjawab, “Aku adalah Iblis, musuh Allah dan musuhmu. Aku masuk ke kapal ini untuk menggoda hati pengikutmu, agar mereka lebih cenderung kepadaku daripada kepadamu.”

Nabi Nuh pun marah dan berkata, “Keluarlah engkau dari kapal ini, wahai musuh Allah!” Namun sebelum keluar, Iblis berkata, “Aku memiliki lima senjata andalan untuk menyesatkan manusia. Aku akan memberitahukan tiga di antaranya dan aku akan menyembunyikan dua lainnya.”

Dua Senjata Andalan Iblis yang Sangat Berbahaya

Allah SWT kemudian berfirman kepada Nabi Nuh, “Engkau tidak membutuhkan tiga senjata itu. Suruhlah ia (Iblis) untuk menyebutkan dua senjata yang disembunyikannya.” Nabi Nuh pun memerintahkan Iblis untuk menyebutkan dua senjata andalannya.

Iblis berkata, “Dua senjata andalan yang paling ampuh untuk menyesatkan manusia adalah hasad (dengki) dan tamak (serakah). Dengan kedua sifat ini, aku berhasil mencelakakan diriku sendiri dan banyak manusia. Karena hasad, aku terkena laknat Allah dan menjadi setan yang terkutuk. Karena tamak, aku berhasil mengeluarkan Adam 'Alaihissaalam dari surga dengan membujuknya untuk memakan buah Khuld.”

Dari kisah ini, kita dapat mengambil pelajaran bahwa dua senjata andalan Iblis yang sangat berbahaya adalah hasad dan tamak. Kedua sifat ini merupakan akibat dari tidak bersyukurnya seorang hamba kepada Allah SWT.

Orang yang hasad akan selalu iri dan tidak ridha dengan karunia Allah yang diberikan kepada orang lain. Orang yang tamak akan selalu ingin memiliki segala sesuatu tanpa memperhatikan batas halal dan haram. Kedua sifat ini akan menjauhkan seorang hamba dari rahmat Allah dan mendekatkannya kepada murka Allah.

Semoga Allah memberikan perlindungan-Nya kepada kita dan seluruh umat Islam dari godaan Iblis beserta bala tentaranya. Aamiin..

Wallaahu a’lam.
Sumber: https://dakwah.rabithahalawiyah.id
Posting Komentar

Posting Komentar

close