Tips dan Cara Rasulullah SAW Mengobati Sengatan Kalajengking yang Mematikan

Daftar Isi

Sengatan kalajengking masih menjadi hal yang menakutkan. Kalajengking raksasa. Foto: dailymail

Simak tips dan cara Rasulullah SAW mengobati sengatan kalajengking dengan garam, air, dan surat-surat Al-Qur’an. Artikel ini informatif dan bermanfaat.

Kalajengking adalah salah satu hewan yang paling ditakuti oleh manusia karena sengatannya yang beracun dan bisa menyebabkan kematian. Hewan ini hidup di berbagai wilayah, terutama di daerah kering dan panas. Kalajengking juga sering muncul setelah hujan lebat atau badai, karena mereka terbawa oleh air atau angin.

Sengatan kalajengking bisa menimbulkan gejala seperti rasa sakit, bengkak, kemerahan, mual, muntah, kejang, sesak napas, jantung berdebar, tekanan darah rendah, dan bahkan koma. Jika tidak segera ditangani, sengatan kalajengking bisa berakibat fatal.

Namun, tahukah Anda bahwa Rasulullah SAW telah memberikan tips dan cara mengobati sengatan kalajengking sejak zaman dahulu? Tips dan cara ini didasarkan pada hadits-hadits yang shahih dan bermanfaat bagi kita semua. 

Berikut ini adalah tips dan cara Rasulullah SAW mengobati sengatan kalajengking:

1. Membacakan Surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas

Salah satu cara mengobati sengatan kalajengking adalah dengan membacakan tiga surat pendek dari Al-Qur'an, yaitu surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Naas. Ketiga surat ini disebut juga sebagai surat mu'awwidzatain (dua pelindung), karena berisi permohonan perlindungan kepada Allah dari segala kejahatan.

Cara ini diterangkan dalam sebuah hadits dari Baihaqi:

لَعَنَ اللهُ العَقْرَبَ ما تدع مصليا ولا غيره ما تَدَعُ نبيّاً ولا غَيْرَه‏»، قال‏:‏ ثُمَّ دعا بإناءٍ فيه ماء ومِلح، فَجَعَلَ يَضَعُ موضِعَ اللَّدغة في الماء والمِلحِ، ويقرأُ‏:‏ «‏قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ والمُعَوِّذَتَيْن‏‏ حتى سكنتْ

Artinya: “Semoga Allah melaknat kalajengking. Dia tidak peduli orang yang sholat atau tidak, dan Nabi atau bukan.” Kemudian beliau meminta garam dan air lalu meletakkannya pada sebuah wadah, kemudian menuangkannya pada jari beliau pada area yang disengat, dan beliau mengusapnya sambil membacakan surat Al Ikhlas dan surat mu’awwidzatain (dua pelindung) yaitu Al Falaq dan An Naas.” (HR Baihaqi).

Dari hadits ini, kita bisa belajar bahwa membacakan tiga surat ini bisa membantu menghilangkan rasa sakit dan racun akibat sengatan kalajengking. Selain itu, membacakan tiga surat ini juga bisa memberikan perlindungan dari segala kejahatan yang lain.

2. Menggunakan Garam dan Air

Cara lain yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk mengobati sengatan kalajengking adalah dengan menggunakan garam dan air. Garam dan air adalah bahan-bahan yang mudah ditemukan di mana saja. Garam dan air memiliki manfaat untuk membersihkan luka, mengurangi peradangan, menetralisir racun, dan mempercepat penyembuhan.

Cara menggunakan garam dan air untuk mengobati sengatan kalajengking adalah sebagai berikut:

- Siapkan garam secukupnya dan air bersih dalam sebuah wadah.

- Campurkan garam dan air hingga larut dan menjadi larutan garam.

- Basahi kapas atau kain bersih dengan larutan garam, lalu tempelkan pada area yang disengat.

- Ganti kapas atau kain setiap beberapa menit hingga rasa sakit berkurang.

- Ulangi langkah ini hingga kondisi membaik.

3. Membacakan Dua Ayat dari Akhir Surat Al Baqarah

Cara ketiga yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk mengobati sengatan kalajengking adalah dengan membacakan dua ayat dari akhir surat Al Baqarah. Dua ayat ini adalah ayat 285 dan 286, yang berisi pengakuan iman, permohonan ampun, dan permohonan bantuan kepada Allah.

Cara ini diterangkan dalam sebuah hadits dari Bukhari dan Muslim:

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ الْبَدْرِيِّ رَضِيَ اللّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اْلآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهُمَا فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ.

Artinya: Dari Abu Mas’ud Al Badri RA, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Dua ayat dari akhir surat Al Baqarah, siapa saja membacanya pada suatu malam niscaya keduanya mencukupinya.” (HR muttafaqun ‘alaih).

Dari hadits ini, kita bisa belajar bahwa membacakan dua ayat ini bisa memberikan perlindungan dan keselamatan dari segala bahaya, termasuk sengatan kalajengking. Selain itu, membacakan dua ayat ini juga bisa meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah.

Demikianlah tips dan cara Rasulullah SAW mengobati sengatan kalajengking yang mematikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kita semua. Aamiin.

Posting Komentar