Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Ini Alasan Rasulullah Suka Konsumsi Buah Semangka

Sebagai kekasih Allah Subhanahu wa ta'ala yang diutus untuk menjadi suri teladan umat manusia, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tentu melakukan perbuatan yang sangat baik, termasuk soal makan. Nabi Muhammad ternyata sangat menyukai buah semangka. 

Ya, buah semangka merupakan asupan segar yang bernutrisi dan memberikan banyak gizi dan manfaat untuk tubuh yang memakannya. Buah yang mempunyai banyak kandungan air dan kaya akan manfaat ini ternyata menjadi salah satu buah kegemaran Rosulullah Shallallahu alaihi wassallam. 

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam diketahui sangat menggemari dan menyukai buah semangka dan juga buah kurma. Hal ini sebagaimana telah dijelaskan sang istri tercinta, Ummul Mukminin, sayyidah Aisyah Radhiyallahu anha dalam sebuah hadis: 
"Sesungguhnya Nabi Shallallahu alaihi wassallam sering makan semangka disertai ruthab (kurma muda)." (HR At-Tirmidzy Nomor 1843) 
Lantas, mengapa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sangat menyukai semangka? Tentu saja tidak hanya karena kesegarannya semata, melainkan juga karena kandungan gizi yang terdapat dalam buah semangka tersebut. Hal ini juga sebagaimana sebuah riwayat sebuah hadis lainnya. 

Dalam kitab At-Tadzkirah, Imam Al Qurtubi menuliskan dari Ali Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 
"Ya Ali, Rajinlah memakan buah semangka, karena airnya dari air surga, dan rasa manisnya adalah rasa manis surga. Setiap hamba yang memakan satu suap saja buah ini, Allah memasukkan ke dalam perutnya 70 macam obat dan mengeluarkan dari perutnya 70 macam penyakit. Untuk satu suap, Allah mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan, dan mengangkatnya 10 derajat." 

Berdasarkan riwayat tersebut dapat dimaknai dan diambil pelajaran, bahwa kandungan buah semangka ternyata tidak hanya terkait nilai gizi dan kesegarannya, akan tetapi juga ada nilai dan manfaat pahalanya. 

Pantas saja Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sangat menyukainya. Adapun semangka adalah buah yang memiliki beragam jenis.

Itulah sebagian alasan mengapa Nabi Muhammad SAW Suka Konsumsi Buah Semangka Semoga bermanfaat..

Posting Komentar untuk "Ternyata Ini Alasan Rasulullah Suka Konsumsi Buah Semangka"