Tiada Guna Banyak Ilmu Tapi Tidak Punya Adab dan Akhlak

Akhir-akhir ini marak terjadi kasus bullying, dari bullying verbal, fisik, hingga di ranah pelecehan seksual.

Ada yang terjadi di lingkungan rumah dan banyak yang terjadi di lingkungan sekolah yang notabene adalah tempat pendidikan.

Kasus Bully Siswa SMP di Kota Malang, Kepala Sekolah Dipecat
Mendengar dan melihat kisah para korban, maka muncul beberapa opini berkaitan dengan kasus bullying:

1. Korban dan pelaku pada dasarnya adalah korban. Pelaku kebanyakan memiliki permasalahan dalam keluarga. Bukan hanya tentang "broken home", beberapa dari mereka memiliki "toxic parents" (perlakuan buruk orang tua).

2. Khusus kasus bullying yang terjadi di sekolah, kebanyakan pihak sekolah selalu disalahkan. Padahal karakter dan perilaku anak adalah tanggung jawab penuh orang tua. Seringnya orang tua hanya "pasrah bongkokan".

Kadang pihak sekolah telah melakukan tindakan namun tidak direspons positif oleh orang tua pelaku. Tak jarang, orang tua pelaku bisa lebih ngeri daripada orang tua korban.

3. Refleksi untuk orang tua bahwa penanaman adab dan akhlak lebih penting daripada ilmu. Ibu dan ayah adalah madrasah pertama anak. Perilaku dan karakter seseorang menggambarkan bagaimana dia dididik di rumah.

Sering terdengar pendapat salah kaprah, "biarin aja sekarang nakal, nanti kalau sudah sekolah kan bisa diatur (oleh guru)."

4. Refleksi untuk para orang dewasa. Sudahkah kita memberi contoh yang baik bagi anak dan remaja di sekitar kita? Atau jangan-jangan kita sibuk menghujat pelaku bullying tapi jari kita juga berkomentar jahat di tempat lain.

5. Refleksi untuk proyek aneka ruang ramah anak. Benarkah lingkungan kita sudah aman dan ramah untuk tumbuh kembang anak secara fisik maupun psikis?

So, menghentikan bullying bukan hanya sekedar catatan dalam komentar, memviralkan tagar, atau mengisi petisi. Kita mulai dari tindakan kita dengan menjaga jari kita dan berpikir dahulu sebelum berbagi di sosial media.

Belum ada Komentar untuk "Tiada Guna Banyak Ilmu Tapi Tidak Punya Adab dan Akhlak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel