Kehamilan dalam Islam yang Perlu Diketahui Kaum Ibu

SANTRIPOS.COM - Pada umumnya kaum ibu akan mengalami fase kehamilan, sehingga mereka perlu mengenali apa saja tentang kehamilan berdasarkan pengetahuan yang bersumber dari khazanah Islam.

Para ulama seluruh mazhab fikih sepakat bahwa batas minimal kehamilan ibu adalah enam bulan lamanya. Mereka mengambil rujukan Alquran Surah Al-Ahqaf ayat 15 yang menentukan masa kehamilan dan penyusuan anak adalah 30 bulan.

Allah SWT berfirman: "Wa hamluhu wa fisholuhu tsalatsuna syahron,”. Yang artinya: “Mengandungnya sampai menyapihnya (menghentikan masa penyusuan) yaitu tiga puluh bulan,”.

Adapun masa menyusui itu paling lama adalah dua tahun penuh. Hal ini berdasarkan Alquran Surah Al-Luqman ayat 14.

Allah SWT berfirman: “Wa fisholuhu fiiy a’maini,”. Yang artinya: “Dan menyapihnya dalam waktu dua tahun."

Adapun terkait batas maksimal kehamilan, ada perbedaan pendapat di kalangan ulama. Imam Abu Hanifah misalnya berpendapat, batas maksimal kehamilan adalah dua tahun.

Hal tersebut didasari hadits dari Sayyidah Aisyah yang menyatakan bahwa kehamilan seorang wanita itu tidak akan melebihi dua tahun. Sedangkan ulama mazhab lainnya seperti Imam Maliki, Syafi’i, hingga Hambali berpendapat masa kehamilan seorang wanita adalah empat tahun. Wallahu A'lam

Belum ada Komentar untuk "Kehamilan dalam Islam yang Perlu Diketahui Kaum Ibu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel