Lafadz Doa Untuk Jenazah Pria dan Wanita Lengkap dengan Terjemahannya

Daftar Isi

Salat jenazah adalah salah satu kewajiban fardhu kifayah bagi umat Islam yang beriman. Salat jenazah dilakukan untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia agar mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah SWT. Salat jenazah juga merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap jenazah sebagai sesama muslim.

Salat jenazah memiliki tata cara dan bacaan yang berbeda dengan salat lima waktu. Salat jenazah tidak memerlukan ruku’ dan sujud, tetapi hanya terdiri dari empat takbir yang diikuti dengan doa-doa tertentu. Selain itu, salat jenazah juga memiliki niat yang berbeda antara jenazah pria dan wanita.

Berikut ini adalah lafadz doa untuk jenazah pria dan wanita lengkap dengan terjemahannya:

Berikut ini kami share lafadz bacaan doa khusus untuk jenazah laki-laki maupun perempuan lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin serta terjemahannya. Jika saudara, kerabat dan/atau keluarga kita sudah ada yang meninggal, maka sering-seringlah mengirim doa untuk mereka, terlebih jika kedua orang tua kita yang sudah meninggal, maka sebagai anak yang berbakti, tentu akan selalu mendoakannya.

Lafal Doa untuk jenazah pria

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا. اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ. اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya : Wahai Allah, ampunilahrahmatailah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka. Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Itu adalah lafadz doa khusus untuk jenazah pria. 

Lafal doa untuk jenazah wanita

Adapun lafadz untuk jenazah wanita, maka cukup dengan mengganti isim dhomir (kata ganti) HU menjadi HAA. berikut ini lafadznya:

اَللهُمَّ اغْفِرْلها وَارْحَمْها وَعَافِها وَاعْفُ عَْنها وَاَكْرِمْ نُزُلَها وَوَسِّعْ مَدْخَلَها وَاغْسِلْها بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّها مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْها دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِها وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِها وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِها وَاَدْخِلْها الْجَنَّةَ وَاَعِذْها مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا. اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ. اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَها وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَها بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Jangan lupa untuk selalu mendoakan orang-orang yang telah mendahului kita, karena suatu saat nanti kita pasti akan menyusulnya. Dan dengan selalu mengirim doa kepada orang-orang yang sudah meninggal, terutama kedua orang tua atau keluarga, semoga nanti ketika kita meninggal juga selalu dikirimi doa oleh orang-orang yang masih hidup. Amien.