Puasa Bermanfaat Tekan Resiko Kanker Payudara

Menjalankan puasa Ramadhan juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya menekan resiko timbulnya penyakit kronis seperti kanker payudara.
Sebagaimana dilansir dari Universityherald, para peneliti di University of California, San Diego menemukan, pengurangan waktu makan serta meningkatkan waktu puasa bisa mengurangi level glukosa dan menekan risiko kanker payudara bagi wanita.

"Meningkatnya durasi puasa dapat menjadi strategi untuk mengurangi resiko pengembangan kanker payudara," papar pimpinan peneliti tersebut, Catherine Marinac.

Catherine menambahkan, berpuasa merupakan perubahan pola makan sederhana. Pola makan ini dipercaya memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan dan tidak mengharuskan menghitung kadar kalori dan nutrisi.

Sementara itu, bagi wanita yang berpuasa dalam jangka panjang dapat mengendalikan konsentrasi glukosa darah dengan baik. Peneliti pun menemukan satu dari tiga jam waktu berpuasa di malam hari dapat mengurangi level glukosa sebesar 4 persen.

"Selama ini nasehat pola makan sebagai pencegahan kanker biasanya fokus pada pembatasan konsumsi daging merah, alkohol, dan gandum olahan. Bukti baru menunjukkan bahwa kapan dan bagaimana manusia mengonsumsi makanan juga memainkan peranan penting dalam mencegah risiko kanker," tutur peneliti Ruth Patterson.

Sumber: http://lifestyle.okezone.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel