Kenapa Anak Suka Melawan dan Sulit Diatur? Ini Penyebab dan Solusinya

Daftar Isi

Mengatasi anak yang suka melawan dan sulit diatur dengan cara yang efektif. Temukan strategi parenting yang terbukti berhasil.

Penyebab Anak Suka Melawan

Salah satu alasan utama mengapa anak sering melawan orang tua adalah karena sikap dan ucapan kita yang secara tidak sadar merendahkan diri kita sendiri. 

Misalnya, ketika anak sedang asyik bermain play station dan kita memintanya untuk berhenti dan mandi, tetapi dia tidak mengindahkan perintah kita, apa yang biasanya kita lakukan?

Contoh Kesalahan Umum Orang Tua

Banyak orang tua mencoba mencari figur lain yang bisa membuat anak takut. Misalnya dengan mengatakan, "Awas ya, nanti kalau Papa pulang mama bilangin kamu tidak mau mandi dan main play station terus!"

Perhatikan baik-baik kalimat ancaman tersebut. Secara tidak sadar, kita mengajarkan bahwa yang berkuasa untuk menghentikan anak bermain adalah Papanya. Figur yang perlu dihormati itu adalah Papa. 

Jadi, anak semakin tidak mengindahkan perkataan kita karena kita sendiri yang menyatakan bahwa kita tidak berkuasa untuk menghentikannya bermain play station.

Strategi Efektif Mengatasi Anak yang Melawan

Apa yang sebaiknya kita lakukan? Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan:

  1. Siapkan Aturan Main: Tentukan aturan main sebelum bicara dengan anak.
  2. Komunikasi yang Tegas: Dekati anak, tatap matanya, dan katakan dengan nada serius bahwa kita ingin ia berhenti bermain sekarang atau dalam 5 menit.
  3. Tetapkan Konsekuensi: Jika anak tidak mengindahkan, tetapkan konsekuensi yang jelas. Misalnya, "Jika tidak berhenti dalam 5 menit, alat play station akan disimpan hingga 2 hari ke depan."

Penutup

Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, kita dapat membantu anak untuk belajar menghormati dan mendengarkan perintah orang tua tanpa perlu menggunakan ancaman yang melibatkan figur lain. Ingat, konsistensi dan ketegasan adalah kunci utama dalam mendidik anak yang patuh dan menghormati orang tua.

Untuk informasi lebih lanjut tentang parenting, Anda bisa membaca artikel lain di blog ini yang terkait dengan ilmu Parenting.

Sumber artikel: buku "37 Kebiasaan Orang Tua yang Menghasilkan Perilaku Buruk Anak".

Posting Komentar