Pusaka Kemenag Super Apps: Panduan dan Solusi Mudah Daftar Haji Secara Online

Daftar Isi

Anda ingin mendaftar haji tapi bingung dengan prosedurnya? Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Kementerian Agama telah meluncurkan sebuah aplikasi yang bisa memudahkan Anda dalam mengurus berbagai layanan keagamaan. Aplikasi tersebut adalah Pusaka Kemenag Super Apps.

Siapa yang Meresmikan Pusaka Kemenag Super Apps

Aplikasi ini diresmikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada acara puncak Hari Guru Nasional, 20 November 2022. Acara ini dihadiri oleh ratusan guru madrasah yang berprestasi, inovatif, dan berdedikasi dari seluruh Indonesia.

Turut hadir juga dalam acara ini, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, para pejabat tinggi Kementerian Agama, dan para Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi se Indonesia.

Aplikasi Pusaka Kemenag Super Apps ini menawarkan lima layanan publik yang bisa Anda akses dengan mudah, yaitu:

  1. Pendaftaran haji
  2. Pendaftaran nikah
  3. Sertifikasi halal 
  4. Sistem informasi data perizinan (Sindi)
  5. Layanan pengaduan masyarakat (dumas) online

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi keagamaan, baik tentang Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, maupun Khonghucu. Anda bisa mengetahui lokasi rumah ibadah, membaca kitab suci, mendengarkan penceramah, dan berdoa. Anda juga bisa mempelajari pendidikan agama dan keagamaan. 

Cara Daftar Haji Online melalui Pusaka Kemenag Super Apps

Salah satu layanan publik yang paling diminati oleh masyarakat adalah pendaftaran haji. Dengan menggunakan aplikasi Pusaka Kemenag Super Apps, Anda bisa mendaftar haji secara online dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Unduh aplikasi Pusaka Kemenag Super Apps di Play Store atau App Store;

2. Buat akun Pusaka dengan mengklik menu ‘login’ dan memasukkan alamat email dan password Anda;

3. Lengkapi data diri Anda dan simpan dengan mengklik tombol “Simpan Pembaruan Data”;

4. Kembali ke menu utama (home) dengan menekan tanda panah di bagian atas sebelah kiri;

5. Tekan pilihan menu ‘Layanan Publik’ dan pilih ‘Pendaftaran Haji’;

6. Anda akan diminta untuk login ke ‘Akun Haji’. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda bisa langsung memasukkan alamat email dan password Anda. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran haji secara online;

7. Jika Anda belum memiliki akun, Anda bisa mengklik menu ‘Daftar’. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan Nomor Validasi dan NIK. Untuk mendapatkan nomor validasi, Anda harus membayar setoran awal pendaftaran haji terlebih dahulu di bank yang menyediakan layanan pendaftaran haji terdekat. Setelah itu, masukkan nomor validasi dan NIK Anda, dan lanjutkan dengan mengisi formulir pendaftaran haji secara online;

8. Setelah Anda melengkapi semua data dan dokumen yang dibutuhkan, Anda akan mendapatkan SPH (surat pendaftaran haji) yang berisi nomor porsi jemaah. SPH ini akan dikirimkan ke email Anda dan juga bisa Anda unduh melalui aplikasi Pusaka.

Demikianlah cara daftar haji online melalui Pusaka Kemenag Super Apps. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mewujudkan impian Anda untuk berhaji. Aamiin. 🙏

Posting Komentar