Membedah Mitos Asal-Usul Manusia Berasal dari Kera yang Ternyata Bukan Teori Darwin

Daftar Isi

Membedah Mitos Asal-Usul Manusia Berasal dari Kera yang Ternyata Bukan Teori Darwin

"Temukan kebenaran di balik teori evolusi Darwin dan mitos asal-usul manusia yang sering disalahpahami."

Charles Darwin Charles Darwin (Foto: iStock)

Mengungkap Fakta: Charles Darwin dan Teori Evolusi

Ketika mendengar nama Charles Darwin, banyak yang langsung teringat pada gagasan bahwa manusia berasal dari kera. Namun, sebuah penelitian mendalam oleh Ali Akbar, Arkeolog dari Universitas Indonesia, telah mengungkap bahwa realita ilmiah Darwin jauh berbeda dari persepsi populer ini.

Pemahaman yang Salah: Karikatur yang Menyesatkan

Dalam sebuah diskusi buku di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Ali Akbar menegaskan bahwa setelah menelaah buku Darwin yang berjudul *On The Origin of Species* dan *The Descent of Man*, tidak ditemukan klaim bahwa manusia berasal dari kera. 

Buku pertama, yang terbit pada tahun 1859, lebih fokus pada evolusi hewan dan tumbuhan melalui seleksi alam. Darwin sendiri hanya menyiratkan bahwa "cahaya akan dilemparkan pada asal usul manusia dan sejarahnya," tanpa menyebutkan hubungan langsung dengan kera.

Asal Mula Kesalahpahaman: Satir yang Menjadi Viral

Karikatur Mengolok Charles Darwin dari Majalah Satir The Hornet Tahun 1871 yang pada akhirnya telah membuat orang sedunia mengira Darwin bilang manusia berasal dari kera.

Ali Akbar mengungkapkan bahwa narasi keliru tentang manusia dan kera bermula dari karikatur satir di majalah *The Hornet*. Karikatur tahun 1871 ini menampilkan Darwin dengan tubuh kera, yang ironisnya berhasil meyakinkan dunia akan sesuatu yang tidak pernah dikatakan Darwin.

Kebenaran dari Darwin: Teori Asal Usul Manusia

Dalam *The Descent of Man*, yang juga tersedia sebagai eBook di Gutenberg.org, Darwin menjelaskan teori tentang asal usul dan evolusi manusia. Dia berhipotesis bahwa nenek moyang manusia mungkin berasal dari Afrika, mirip dengan gorila dan simpanse. Namun, tidak ada pernyataan eksplisit yang menyatakan bahwa manusia berasal dari kera; hanya bahwa kedua spesies mungkin memiliki nenek moyang yang sama di Afrika.

Kesimpulan: Memahami Darwin dengan Benar

Karikatur The Hornet telah menciptakan kesalahpahaman global tentang pandangan Darwin. Namun, dengan memahami konteks dan isi karyanya, kita dapat menghargai kontribusi Darwin terhadap ilmu pengetahuan tanpa terjebak dalam mitos yang telah lama beredar.

Posting Komentar