Salat: Ibadah yang Tak Boleh Dilewatkan dalam Keadaan Apapun

Daftar Isi

Salat: Ibadah yang Tak Boleh Dilewatkan dalam Keadaan Apapun

Salat adalah salah satu rukun Islam yang paling utama dan paling sering dilakukan oleh umat Muslim. Salat adalah ibadah yang menghubungkan kita dengan Allah SWT, yang merupakan Tuhan semesta alam. Salat juga merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat.

Namun, banyak orang yang menganggap salat sebagai beban dan kewajiban yang berat, sehingga mereka sering meninggalkannya atau melalaikannya. Padahal, Allah SWT telah memberikan keringanan dan kemudahan bagi umatnya dalam melaksanakan salat, sesuai dengan kondisi dan kemampuan mereka. Allah SWT berfirman:

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al-Baqarah: 286)

Salat dalam Keadaan Sakit

Salat adalah ibadah yang tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apapun, termasuk dalam keadaan sakit. Allah SWT berfirman:

"Dan jagalah salat, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An-Nisa': 103)

Salat dalam keadaan sakit adalah salah satu bentuk kesabaran dan keteguhan hati dalam menghadapi cobaan dari Allah SWT. Salat juga merupakan obat dan penyembuh bagi orang yang sakit, karena salat dapat menenangkan jiwa dan menghilangkan stres. Rasulullah SAW bersabda:

"Salat adalah penyejuk mata bagi orang-orang yang beriman." (HR. Ahmad)

Bagi orang yang sakit, Allah SWT memberikan keringanan dalam melaksanakan salat, sesuai dengan tingkat kesakitan dan keterbatasan fisiknya. Rasulullah SAW bersabda kepada Imran bin Husain tatkala dia mengadukan kepada Rasulullah SAW tentang penyakitnya, maka beliau berkata:

"Sholatlah kamu dengan berdiri, jika tidak mampu, maka duduklah, maka jika tidak mampu, hendaknya berbaring." (HR. Bukhari dan Muslim)

Salat dalam Keadaan Perjalanan

Salat juga tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan perjalanan, baik perjalanan jauh maupun dekat. Allah SWT berfirman:

"Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu memendekkan salat, jika kamu khawatir diserang oleh orang-orang yang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu." (QS. An-Nisa': 101)

Salat dalam keadaan perjalanan adalah salah satu bentuk ketaatan dan kecintaan kepada Allah SWT, yang tidak terpengaruh oleh faktor-faktor luar. Salat juga merupakan perlindungan dan penjaga bagi orang yang bepergian, karena salat dapat menjauhkan dari bahaya dan kecelakaan. Rasulullah SAW bersabda:

"Salat adalah tiang agama. Barangsiapa yang mendirikan salat, maka ia telah mendirikan agama. Dan barangsiapa yang meruntuhkan salat, maka ia telah meruntuhkan agama." (HR. Ahmad dan Baihaqi)

Bagi orang yang bepergian, Allah SWT memberikan keringanan dalam melaksanakan salat, yaitu dengan cara memendekkan dan menggabungkan salat. Rasulullah SAW bersabda:

"Allah telah menjadikan salat empat rakaat menjadi dua rakaat bagi orang yang bepergian, dan Allah telah menjadikan puasa menjadi suatu keringanan bagi orang yang bepergian." (HR. Muslim)

Kesimpulan

Salat adalah ibadah yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apapun, walaupun ada keterbatasan fisik dan kurang kesehatan. Allah SWT telah memberikan keringanan dan kemudahan bagi umatnya dalam melaksanakan salat, sesuai dengan kondisi dan kemampuan mereka. Salat adalah ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, marilah kita menjaga salat kita dengan sebaik-baiknya, dan jangan sampai kita termasuk orang-orang yang lalai dan meremehkan salat.

Sumber: 
(1) Dalam Keadaan Apapun Shalat Jangan Ditinggalkan - Kompas TV. https://www.kompas.tv/religi/346435/dalam-keadaan-apapun-shalat-jangan-ditinggalkan.
(2) Perintah Menjaga Shalat Wajib dan Ancaman Meninggalkannya - Kompasiana. https://www.kompasiana.com/hanifasorayaputri/60dd746906310e097147e832/perintah-menjaga-shalat-wajib-dan-ancaman-meninggalkannya.
(3) Hadits Sholat Tiang Agama dan Keutamaannya Sehingga Tak ... - detikNews. https://news.detik.com/berita/d-5469436/hadits-sholat-tiang-agama-dan-keutamaannya-sehingga-tak-boleh-ditinggalkan.
(4) Mengenal 13 Rukun Sholat sesuai Anjuran Rasulullah SAW - detikcom. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6823924/mengenal-13-rukun-sholat-sesuai-anjuran-rasulullah-saw.

Posting Komentar