Cara Mendaftar Haji dan Umrah Secara Langsung Via Online

Daftar Isi

Haji dan umrah adalah dua jenis ibadah yang dapat dilakukan oleh umat Islam di Mekah, Arab Saudi. Haji adalah ibadah wajib yang dilakukan setahun sekali pada waktu tertentu, sedangkan umrah adalah ibadah sunnah yang dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun.

Baik haji maupun umrah memerlukan persiapan dan prosedur tertentu yang harus diikuti oleh jamaah untuk memastikan perjalanan yang lancar dan aman. 

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara mendaftar haji dan umrah, apa saja syarat dan langkah-langkahnya, serta apa saja tips dan sumber daya yang dapat membantu Anda merencanakan perjalanan Anda.

Apa itu Haji dan Umrah?

Haji adalah salah satu rukun Islam, yang berarti merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu secara fisik dan finansial untuk melaksanakannya sekali seumur hidup. Haji mengenang ujian dan pengorbanan Nabi Ibrahim (Abraham) dan keluarganya, dan melibatkan berbagai ritual dan tahapan yang dilakukan di Mekah dan sekitarnya. 

Umrah adalah ibadah sunnah yang dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun, kecuali pada hari-hari haji. Umrah terdiri dari melakukan tawaf (mengelilingi) Ka'bah (bangunan berbentuk kubus di tengah Masjidil Haram) tujuh kali, dan sa'i (berjalan) antara bukit Safa dan Marwah tujuh kali. Umrah dapat dilakukan dalam beberapa jam atau hari, tergantung pada keramaian dan ketersediaan.

Bagaimana Cara Mendaftar Haji dan Umrah?

Untuk melaksanakan haji atau umrah, Anda perlu mendapatkan visa dari pihak berwenang Arab Saudi. Proses visa berbeda tergantung apakah Anda mengajukan visa haji atau umrah, dan apakah Anda mengajukan secara individu atau melalui agen perjalanan.

#Visa Haji

Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan serangkaian pembatasan masuk untuk haji karena COVID-19. Pada tahun 2022, jamaah haji harus berusia di bawah 65 tahun dan telah divaksinasi penuh terhadap COVID-19. Mereka juga harus menunjukkan hasil tes PCR negatif yang diambil 72 jam sebelum keberangkatan ke Kerajaan. Prioritas akan diberikan kepada mereka yang belum pernah melaksanakan haji sebelumnya¹.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah mengembangkan portal elektronik melalui mana jamaah dapat mendaftar untuk haji. Portal ini juga memungkinkan pengajuan visa haji secara elektronik. 

Jamaah yang ingin melaksanakan haji dapat mendaftar langsung di: https://hajj.nusuk.sa/. Untuk bantuan pendaftaran, silakan hubungi pusat panggilan atau kirim email ke Motawif Care di care@motawif.com.sa. Nomor telepon pusat panggilan dari Amerika Serikat adalah 1-833-271-2112. Penelepon dari Arab Saudi harus menghubungi 800-891-2027¹.

Portal ini menampilkan berbagai pilihan paket, layanan pendukung, dan pusat komunikasi multibahasa yang buka sepanjang waktu. Harap dicatat bahwa pendaftaran tidak selalu berarti persetujuan penuh untuk melaksanakan haji. Anda harus mendaftar dan kemudian menunggu konfirmasi persetujuan¹.

Atau, Anda juga dapat mengajukan visa haji melalui agen perjalanan berlisensi di negara Anda. Agen perjalanan akan mengatur transportasi, akomodasi, dan layanan lainnya untuk Anda. Anda dapat menemukan daftar agen perjalanan haji resmi di situs web Kementerian Haji².

#Visa Umrah

Proses pelaksanaan umrah telah berubah secara signifikan karena COVID-19, sehingga semua pelancong harus memastikan membaca semua persyaratan sebelum memesan perjalanan. Kementerian Haji dan Umrah mengharuskan aplikasi seluler tertentu diunduh dan digunakan untuk meminta penerbitan izin untuk waktu yang dijadwalkan untuk memasuki tempat-tempat suci¹.

Jika Anda memilih untuk bepergian ke Arab Saudi untuk melakukan umrah, Anda dapat mengajukan visa umrah melalui portal online: https://eservices.haj.gov.sa/eservices3/pages/home.xhtml³. Anda perlu memberikan informasi pribadi, rincian paspor, status vaksinasi, rencana perjalanan, dan cakupan asuransi. Anda juga perlu membayar biaya untuk pengajuan visa.

Atau, Anda juga dapat mengajukan visa umrah melalui agen perjalanan berlisensi di negara Anda. Agen perjalanan akan mengatur transportasi, akomodasi, dan layanan lainnya untuk Anda. Anda dapat menemukan daftar agen perjalanan umrah resmi di situs web Kementerian Haji².

Apa saja tips dan sumber daya yang dapat membantu Anda merencanakan perjalanan Anda?

Merencanakan dengan baik untuk haji dan umrah sangat penting. Berikut adalah beberapa tips dan sumber daya yang dapat membantu Anda mempersiapkan perjalanan Anda:

- Tinjau Pemberitahuan Kesehatan Perjalanan Level 1 CDC untuk Haji dan rekomendasi CDC untuk bepergian ke Arab Saudi¹.

- Periksa advisori perjalanan terbaru dan pembatasannya dari Departemen Luar Negeri AS¹ dan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi¹.

- Bawa barang secukupnya dan bawa hanya barang-barang penting seperti pakaian, perlengkapan mandi, obat-obatan, barang-barang ibadah, dll.

- Berpakaian sopan dan kenakan sepatu yang nyaman.

- Bawa salinan paspor, visa, sertifikat vaksinasi, polis asuransi, dll.

- Unduh aplikasi seluler yang diperlukan seperti Tawakkalna (untuk status COVID-19), Eatmarna (untuk memesan izin), Al-Maqsad (untuk navigasi), dll.

- Pelajari tentang ritual dan tahapan haji dan umrah sebelum Anda pergi.

- Hormati aturan dan peraturan tempat-tempat suci.

- Bersabarlah dan sopanlah dengan jamaah lain.

- Mintalah bantuan dari otoritas resmi jika Anda menghadapi masalah atau keadaan darurat.

Kami harap artikel ini telah memberi Anda beberapa informasi berguna tentang cara mendaftar haji dan umrah. Kami berharap Anda memiliki perjalanan yang aman dan diberkati!:

Referensi:

(1) https://www.ivisa.com/saudi-arabia/blog/saudi-arabia-umrah-visa-for-citizens-of-indonesia.
(2)https://www.thejakartapost.com/indonesia/2022/10/28/no-haj-quota-increase-for-indonesia-in-2023-saudi-arabia.html.
(3) https://setkab.go.id/en/govt-announces-2022-hajj-preparation/.

Posting Komentar