Windows 7 dan Windows 8 Menjalani Jam-jam Terakhir Mereka Karena Pensiun

Daftar Isi

Microsoft secara permanen akan berhenti menyediakan pembaruan teknis dan keamanan untuk kedua sistem operasi ini mulai 10 Januari. Pengguna PC yang masih menjalankan OS ini harus bermigrasi ke Windows 10 atau beralih ke OS alternatif agar tetap aman menggunakan PC mereka.

Anda secara resmi hanya memiliki satu minggu tersisa untuk menggunakan Windows 7 dan 8/8.1 dengan aman. Mulai 10 Januari, Microsoft pasti akan berhenti menawarkan pembaruan untuk kedua sistem operasi ini yang dirilis pada 2009 untuk yang pertama dan pada 2012 untuk yang kedua.

Sementara dukungan untuk Windows 7 secara resmi berakhir pada Januari 2020, setidaknya 100 juta PC masih menjalankan OS ini setahun setelah dukungan teknisnya berakhir.

Bagi pengguna yang enggan meninggalkannya, perusahaan Redmond masih menawarkan penangguhan hukuman tiga tahun tambahan, asalkan mereka pergi ke kasir untuk terus menerima pembaruan keamanan. Windows 8 sementara itu tidak mendapat manfaat dari perlakuan istimewa ini (tidak ada yang akan mengeluh).

Akhir dari dukungan browser web

Kematian Windows 7 dan Windows 8 yang sudah diumumkan itu juga bertepatan dengan berakhirnya dukungan untuk beberapa aplikasi penting untuk penggunaan PC yang tepat. 

Microsoft memang baru saja meluncurkan Edge 109, versi terbaru browser webnya yang akan didukung di sistem operasi tersebut. Edge 109 bukan satu-satunya browser yang menghentikan dukungan untuk Windows 7 dan 8. Google juga mengindikasikan beberapa minggu yang lalu bahwa browser Chrome-nya tidak lagi diperbarui pada OS ini pada tahun 2023. 

Meskipun browser Chrome versi terbaru yang didukung akan terus berfungsi, versi tersebut tidak akan menerima pembaruan keamanan apa pun, membuat mesin berpotensi terbuka terhadap angin.

Peningkatan yang diperlukan ke Windows yang lebih baru

Jika PC Anda masih menjalankan Windows 7 atau Windows 8, tampaknya tidak mungkin memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk memenuhi syarat untuk upgrade ke Windows 11. Anda kemudian harus beralih ke Windows 10 yang masih didukung hingga 2025. Dan Anda pada prinsipnya tidak perlu pergi ke kasir untuk membayar lisensi baru: lisensi Windows 7 atau Windows 8 Anda dapat digunakan untuk mendaftarkan salinan Windows 10 yang baru diinstal.

Dan jika Anda tidak berencana untuk terus menggunakan sistem operasi Microsoft, ada banyak solusi lain dan akan memuaskan bahkan yang paling menuntut sekalipun. Dengan demikian Anda dapat meninggalkan Windows demi distribusi Linux seperti Linux Mint, atau memilih pemasangan Chrome OS Flex, lebih mudah dipahami.

Posting Komentar