Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakar IT Mengungkapkan 9 Cara Mudah untuk Membuat Wi-Fi Anda Lebih Cepat

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mendapatkan kecepatan kilat

Dengan banyaknya orang yang bekerja dari rumah, setidaknya untuk beberapa waktu, Wi-Fi kita benar-benar harus dapat diandalkan. Koneksi yang goyah adalah sesuatu yang kita tidak punya waktu untuk di zaman sekarang ini, baik menerima panggilan Zoom dari kantor pusat kita atau nongkrong di rumah bersama keluarga dengan berbagai perangkat saat bepergian.

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada koneksi yang buruk, jadi kami telah mendapatkan saran dari para ahli tentang cara mencapai WiFi secepat kilat. Penundaan, buffering, dan waktu tunggu situs web dapat disebabkan oleh berbagai faktor, terutama gangguan dari perangkat lain dan kemacetan Wi-Fi, yaitu saat banyak orang menggunakan saluran WiFi yang sama.

Transmisi nirkabel biasanya mencapai sekitar 30m, jadi jika Anda duduk di dekat router dan internet tidak berfungsi sebagaimana mestinya, saatnya untuk mencoba tip dan trik ahli kami di bawah ini.

Tips dan trik bagaimana cara membuat Wi-Fi Anda lebih cepat

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara mudah agar anda menjadi lebih cepat:

1. Pertimbangkan penempatan

Router Wi-Fi bukanlah sesuatu yang ingin kami pamerkan, jadi lebih sering mereka terselip di sudut atau di dekat TV. Tapi ini bisa menjadi tempat yang salah. Para ahli mengatakan penempatan adalah segalanya dalam hal kecepatan Wi-Fi, jadi lihat apakah Anda dapat menemukan cara untuk memposisikan kotak Anda jauh dari dinding dan di posisi yang lebih menonjol di ruang tamu Anda . 

'Idealnya, Anda ingin router Anda berada di lokasi sentral,' saran Rex Freiberger, CEO, Gadget Review (terbuka di tab baru). 'Ini memungkinkan jangkauan Wi-Fi yang lebih merata dan andal di seluruh rumah Anda dengan meminimalkan zona mati. Sinyal Wi-Fi bergerak lebih efisien pada ketinggian yang lebih tinggi, jadi pertimbangkan untuk meletakkan router Anda di atas rak buku atau lemari tinggi.'

Letakkan di atas tanah untuk menghindari gangguan sinyal, dan jauhkan dari benda logam, gelombang mikro, dan tanaman, karena ini juga dapat memengaruhi sinyal Wi-Fi. Jika Anda tidak terlalu ingin menampilkan router, letakkan router di kotak anyaman seperti kotak SMARRA dengan penutup, di IKEA (terbuka di tab baru) dan tidak ada yang akan mengetahuinya.

2. Bersihkan router secara rutin

Jika perute Anda tertutup lapisan debu, ini juga dapat menyebabkan masalah. Bersihkan perute dengan kain mikrofiber, di Amazon (terbuka di tab baru), saat Anda membersihkan ruang tamu , karena debu dapat memperlambat sinyal dan membuatnya terlalu panas. Membersihkan ventilasi berarti udara juga dapat mengalir di sekitar router dengan lebih mudah.

3. Gunakan kabel ethernet

'Kami terkadang lupa: Kabel masih ada! Anda tidak memerlukan Wi-Fi,' kata Thomas Lewis, pakar IT dan pendiri RIP City Review (terbuka di tab baru). Dia bahkan mengatakan bahwa koneksi kabel ke router Anda biasanya lebih disukai daripada nirkabel karena lebih cepat dan lebih stabil dan tidak dapat dipengaruhi oleh perangkat lain. 

Tentu saja, sisi negatifnya adalah membatasi di mana perangkat Anda berada, dan kurang nyaman. 'Tetap saja, untuk perangkat keras yang membutuhkan internet tercepat - konsol game, PC desktop, atau kotak streaming, misalnya - sering kali sepadan dengan usaha untuk menjalankan kabel. Router akan memiliki beberapa port Ethernet untuk cadangan, jadi yang Anda butuhkan hanyalah kabel.'

4. Periksa berapa banyak perangkat yang menggunakan internet

'Cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda adalah menghapus koneksi yang tidak perlu dari jaringan Anda,' kata Carla Diaz, salah satu pendiri Pencarian Broadband (terbuka di tab baru). 'Semua koneksi Wi-Fi memiliki batas yang dikenal sebagai bandwidth. Semakin banyak perangkat yang secara aktif menggunakan koneksi Wi-Fi Anda, semakin banyak pula bandwidth yang terpakai.'

Oleh karena itu jika Anda memiliki banyak perangkat yang terhubung secara tidak perlu, Anda akan mengalami kecepatan yang lebih lambat. Keluarkan perangkat tersebut dari jaringan untuk membebaskan bandwidth dan dapatkan kecepatan terbaik pada perangkat yang Anda gunakan. 'Ini adalah salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet Anda untuk perangkat tertentu,' kata Carla. 'Itu tidak memerlukan terlalu banyak usaha dan dapat membantu Anda mengidentifikasi perangkat yang mungkin menggunakan internet di latar belakang.'

5. Selesaikan semua pembaruan perangkat lunak

Membosankan tetapi perlu: periksa pembaruan perangkat lunak apa pun yang mungkin tersedia, karena ini dapat meningkatkan kinerja perute Anda.

6. Biarkan Wi-Fi Anda tetap gratis untuk perangkat utama Anda

Pangkas perangkat menggunakan koneksi Wi-Fi Anda dengan menggunakan kabel ethernet untuk semua hal selain laptop atau ponsel Anda. 'Jika memungkinkan, pindahkan semua perangkat seperti konsol game, pemutar streaming, atau bahkan printer ke koneksi kabel,' kata Andreas Grant, insinyur keamanan jaringan di Perangkat Keras Jaringan (terbuka di tab baru)

'Dengan cara ini, koneksi Wi-Fi akan benar-benar gratis untuk laptop atau ponsel Anda. Kami memiliki terlalu banyak perangkat di rumah kami untuk membuat jaringan tetap ramai sehingga lebih baik menggunakan koneksi kabel jika memungkinkan.'

7. Kosongkan cache

Kosongkan cache di browser Anda untuk mendapatkan kembali sebagian ruang penyimpanan dan meningkatkan kinerja koneksi Anda. File kecil terakumulasi dari waktu ke waktu dan dapat memperlambat internet Anda.

8. Ubah saluran Wi-Fi secara manual

Periksa instruksi untuk router spesifik Anda secara online jika Anda tidak yakin, tetapi Anda seharusnya dapat menemukan opsi untuk berpindah saluran di pengaturan perangkat. Pakar IT Thomas Lewis mengatakan saluran 1, 6, dan 11 adalah yang harus dicoba, karena mereka akan memiliki gangguan paling sedikit saat beberapa perangkat terhubung. 

9. Mulai ulang router Anda

Dan jika semuanya gagal, matikan dan hidupkan lagi. Sinyal Wi-Fi dibagi menjadi saluran, dan jika Anda tinggal di blok apartemen besar, bisa jadi saluran tersebut memiliki banyak orang yang menggunakannya, yang memperlambat segalanya. Jika Anda mematikan router dan menyalakannya kembali, ini dapat memindahkannya ke saluran yang memiliki lebih sedikit orang yang menggunakannya. Ini akan mempercepat koneksi Anda, sehingga Anda dapat mencoba mematikan dan menghidupkannya lagi setiap beberapa minggu. 

'Reboot sederhana biasanya cukup untuk meningkatkan kecepatan Wi-Fi secara signifikan, membersihkan memori router, dan memungkinkan pembaruan diinstal,' komentar Matt Kerr, pakar teknologi dan CEO serta pendiri Appliance Geeked (buka di tab baru).

Sumber: homeandgardens.com

Posting Komentar untuk "Pakar IT Mengungkapkan 9 Cara Mudah untuk Membuat Wi-Fi Anda Lebih Cepat"

close