cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Mengapa 'K' Bisa Menjadi Singkatan untuk Nilai Ribuan? Begini Asal-usulnya

Mungkin kita sering melihat daftar harga yang tertulis dengan satuan 'K' saat berbelanja. Misalnya saat kita membeli nasi di sebuah warung atau resto. Pada daftar menunya ditulis harga 10K atau 15K. 

Terkadang kita sering melontarkan pertanyaan sendiri, kenapa huruf 'K' bisa menjadi pengganti kata "ribu" saat menyebutkan harga atau jumlah?

Sejarah awal istilah"K" sebagai pengganti "Ribu"

Sumber Foto: detik finance 
Berdasarkan laman Merriam-Webster, disebutkan bahwa satuan 'K' mempunyai kepanjangan kilo. Kilo sebenarnya digunakan sebagai unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d'unités).

Contohnya dalam pengukuran jarak, dikatakan bahwa 1 kilometer sama dengan 1.000 meter. Sedangkan untuk mengukur berat, 1 kilogram sama dengan 1.000 gram.

Kata kilo sendiri berasal dari bahasa Yunani 'chilioi' yang berarti ribuan. Kata "kilo" ini digunakan untuk menyatakan banyak atau jamak. Adapun penggunaan huruf 'K' sebagai singkatan untuk menyebutkan ribu dimulai setidaknya sejak pertengahan tahun 1940-an.

Adapun yang pertama kali mengadaptasi istilah ini adalah grup riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975. Istilah "K" ini kemudian diperkenalkan oleh sistem metrik Prancis pada tahun 1979.

Kemudian sistem penghitungan dan istilah ini mulai banyak yang mengadopsinya sampai sekarang. Bahkan kita bisa menemukannya pada harga barang dan jumlah follower akun media sosial.

Manfaat & Keuntungan "K" sebagai pengganti Ribu 

Untuk saat ini, penggunaan huruf K untuk menyatakan ribu tentu banyak manfaat dan keuntungannya. Selain mempersingkat penulisan, juga bisa menghemat tempat. Beberapa contoh penggunaan huruf K untuk menyingkat angka besar yang terlalu banyak angka nol.

Tidak hanya untuk menunjukkan harga, satuan 'K' juga digunakan dalam istilah teknologi. Bahkan satuan'K' juga digunakan untuk menunjukkan resolusi gambar seperti 2K dan 4K. 

Contohnya untuk istilah Resolusi 2K berarti 2.560 x 1.440, sedangkan 4K berarti 3.840 x 2.160 dalam satuan pixel.

Berikut beberapa contoh satuan 'K':

  • 1K = 1.000
  • 10K = 10.000
  • 100K = 100.000
  • 1000K = 1.000.000

Demikianlah beberapa alasan dan asal mulanya kenapa huruf 'K' jadi singkatan ribu. Semoga bermanfaat ya..

Posting Komentar

Posting Komentar

close