Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hapus Cache yang Tepat di Android dan iPhone

Hapus Cache: Solusi Tepat di Android dan iPhone

Apakah ponsel atau tablet Anda berjalan lambat? Aplikasi macet atau ditutup segera setelah dibuka? Ini mungkin masalah cache. Hapus isinya untuk melanjutkan operasi normal.

Hapus cache di Android, iPhone dan iPad

Di smartphone atau tablet seperti di komputer, semua aplikasi yang terinstal bergantung pada memori cache. Dengan demikian mereka menghemat ruang penyimpanan perangkat data yang sering mereka eksploitasi atau bahkan secara sistematis. 

Ini bisa berupa alamat server koneksi (untuk aplikasi yang perlu terhubung ke penerbitnya), parameter yang telah Anda tetapkan, elemen yang Anda konsultasikan selama penggunaan terakhir, dll. 

Menggunakan memori cache ini mempercepat pengoperasian aplikasi, sehingga tidak perlu mengunduhnya lagi untuk menggunakannya.

Biasanya, setiap aplikasi mengetahui cara mengelola cache-nya sendiri dengan membersihkan kontennya dari elemen-elemen yang sudah tidak berguna atau memperbaruinya dengan data baru. 

Jadi, pada prinsipnya, Anda tidak perlu khawatir. Kecuali ketika mekanisme yang indah ini macet... Memang, data yang ada di cache menjadi tidak dapat dibaca atau tidak kompatibel dengan versi baru aplikasi, setelah pembaruan, yang menyebabkan malfungsi yang tidak menentu atau bahkan crashaplikasi, terkadang bahkan sejak peluncurannya. 

Selain itu, jika pembersihan tidak dilakukan dengan baik, ukuran cache akan bertambah, sehingga tidak perlu menghabiskan ruang penyimpanan dan memperlambat perangkat. Untungnya, sangat mudah untuk mengatasi ketidaknyamanan kecil ini dengan membersihkan cache aplikasi secara paksa, baik di Android maupun di iOS. Begini caranya.

Bagaimana cara Menghapus Cache Aplikasi di Android?

Saat aplikasi menjadi tidak stabil atau tidak lagi diluncurkan dengan benar, cache-nya harus dibersihkan. Operasi yang relatif sederhana. Namun, tergantung pada merek dan model ponsel cerdas Anda atau versi sistem yang digunakannya, nama menu dan lokasinya dapat berbeda.

Akses pengaturan ponsel dengan menggesek layar dari atas ke bawah dan mengetuk roda gigi.

Di antara daftar pengaturan, cari menu Aplikasi.

Pada beberapa ponsel, mungkin perlu melalui menu Penyimpanan sebelum dapat membuka submenu Aplikasi.

Semua aplikasi di perangkat Anda ditampilkan. Ketuk nama yang bermasalah dengan Anda.

Bergantung pada ponsel Anda dan sistemnya, beberapa kemungkinan dapat muncul. Misalnya, Anda mungkin langsung melihat tombol Bersihkan Tembolok. Dalam hal ini, tekan.

Menu juga dapat menampilkan berbagai informasi tentang aplikasi (konsumsi data seluler, lokasi, konsumsi baterai, dll.). Gulir ke bawah hingga Anda melihat Penyimpanan dan ketuk.

Lembar tersebut menyebutkan bobot aplikasi di ruang penyimpanan smartphone dan distribusinya. Tekan tombol Hapus Cache.

Kemudian restart aplikasi yang sebelumnya rusak. Ini akan memakan waktu sedikit lebih lama untuk memulai yang normal karena tidak ada data yang di-cache.

Hati-hati, pastikan untuk mengosongkan cache aplikasi hanya jika terjadi kegagalan fungsi tanpa menghapus data terkait. Tombol Hapus Data sering ditemukan di sebelah tombol untuk membersihkan cache. Tindakannya berbeda karena, selain cache, ini juga membersihkan semua data yang dapat Anda simpan di aplikasi seperti pengidentifikasi, cadangan, riwayat, dll. Hanya gunakan fitur ini jika aplikasi terus mogok setelah membersihkan cache.

Bagaimana cara Menghapus Cache Aplikasi di iPhone atau iPad?

Aplikasi di iOS juga tidak kebal terhadap crash. Membersihkan data yang mereka simpan di cache dapat memulihkannya jika terjadi kegagalan fungsi.

Buka Pengaturan iOS. Ketuk Umum lalu Penyimpanan iPhone.

Gulir ke bawah halaman untuk mendapatkan daftar aplikasi yang diinstal. Ketuk nama aplikasi yang mengalami masalah.

Di halaman baru yang muncul, tekan Bongkar Aplikasi. Aplikasi akan meninggalkan ruang penyimpanan iPhone tetapi Anda akan menyimpan semua data yang melekat padanya – itu akan disimpan di iPhone.

Validasi dengan menekan opsi Bongkar aplikasi yang muncul di bagian bawah layar.

Yang harus Anda lakukan adalah menginstal ulang aplikasi. Untuk melakukannya, tekan tautan Instal ulang aplikasi. Aplikasi akan diunduh lagi dari App Store.

Luncurkan kembali untuk memverifikasi bahwa itu berfungsi dengan benar. Jika tidak demikian, yang terbaik adalah mencopotnya sepenuhnya (namun Anda akan kehilangan semua data yang melekat padanya). Untuk melakukannya, tekan Hapus aplikasi.

Posting Komentar untuk "Cara Hapus Cache yang Tepat di Android dan iPhone"

close