Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah untuk Meningkatkan Audio di Ponsel Android Anda

Cara menjadikan ponsel Android Anda pembangkit tenaga audio.

Sony WF-1000XM4 duduk di sebelah Google Pixel 6 Pro
(Kredit gambar: Alex Bracetti/Masa Depan)

Ponsel Android telah berkembang selama dekade terakhir menjadi banyak ponsel terbaik. Mereka telah menjadi perangkat all-in-one terbaik, memberi kami kemampuan untuk melakukan segalanya mulai dari konferensi video melalui Wi-Fi hingga memotret dan mengunggah foto dari rol kamera kami ke cloud. Namun, kita semua setuju bahwa penggunaan terbesarnya adalah sebagai pemutar media. 

Menyimpan perpustakaan musik di perangkat ini, bersama dengan mengakses dan bahkan mengunduh lagu secara offline dari layanan streaming populer (mis. Spotify, Tidal), telah menjadi pengubah permainan bagi pengguna Android.

Namun yang tidak Anda ketahui adalah bahwa ponsel Android dapat melakukan lebih banyak hal untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan Anda. Yang dibutuhkan hanyalah beberapa eksplorasi di backend.

Sistem operasi seluler Google terus menjadi lebih baik dengan setiap pembaruan perangkat lunak, penambahan dan pembaruan fitur yang meningkatkan kualitas suara. Tambahkan kompatibilitas dengan program audio pihak ketiga dan beberapa pengetahuan nirkabel umum ke dalam campuran, Anda memiliki semua alat yang diperlukan untuk mengonversi ponsel Android Anda menjadi mesin audio dinamis. 

Beberapa dari Anda dapat terus mengandalkan headphone nirkabel dan earbud nirkabel terbaik untuk menangani semua tugas sonik. Orang lain dapat melakukan root pada ponsel mereka dan mengunduh program pengeditan audio keren yang tidak tersedia di Google Play. 

Penggemar audiofil bahkan dapat melangkah lebih jauh dan memasangkan headphone berkabel mereka dengan DAC portabel yang terhubung ke ponsel mereka melalui adaptor.

Pilihan lainnya: gunakan apa yang sudah diberikan kepada Anda. Berikut adalah lima trik untuk menyempurnakan audio di ponsel Android Anda, yang semuanya akan dibawa ke headphone atau earbud apa pun yang Anda miliki dan tanpa biaya.

1. Buka kunci codec audio terbaik ponsel

Beberapa ponsel Android terbaru mendukung Hi-Res Audio (mis., aptX, aptX HD, MQair) dan/atau codec lossless (mis., ALAC, LDAC). Ini diatur ke default, meskipun seringkali Anda harus mengaktifkan fitur di aplikasi pendamping headphone atau earbud Anda. 

Jika tidak ada, maka dengan masuk ke bagian belakang ponsel Anda: pilih halaman pengaturan dan masukkan codec ke dalam menu pencarian. Dari sini, Anda akan melihat pengaturan Bluetooth Audio Codec yang mengarahkan Anda ke opsi pengembang dan menampilkan semua codec yang kompatibel dengan ponsel Anda.

Ketuk lebih dalam fitur dengan mencari Bluetooth Audio Bits Per Sample. Ini akan menunjukkan kepada Anda beberapa kecepatan bitrate yang dapat diproses ponsel Anda (16/24/32 bit).

Mengaktifkan LDAC di aplikasi Android Apple Music

Pengguna iPhone dapat dengan mudah mengaktifkan format audio lossless Apple di pengaturan Audio Quality di iOS. Pengguna Android harus mengaktifkannya di halaman Pengaturan aplikasi Apple Music untuk menikmati musik hi-loss di layanan streaming.

2. Suara Adaptif (Mengaktifkan Google Adaptive Sound di setelan Android)

Jika Anda tipe orang yang mengeluarkan musik dari speaker ponsel, tip audio ini cocok untuk Anda. Ponsel Android tertentu dilengkapi dengan fitur Suara Adaptif Google. Apa yang dilakukan adalah menggunakan mikrofon ponsel Anda untuk menentukan tingkat kebisingan di lingkungan Anda dan melakukan penyesuaian pada perangkat lunak untuk meningkatkan output speaker. 

Pemilik piksel dapat mengaktifkan fitur dengan mengikuti langkah-langkah berikut: Pengaturan -> Suara & Getaran -> Suara Adaptif. Prosesnya sedikit lebih lama pada perangkat Galaxy: Pengaturan -> Suara dan Getaran -> Volume -> Kualitas dan Efek Suara -> Dolby Atmos -> Android Equalizer -> Adapt Sound. Samsung memungkinkan Anda untuk memilih preset yang sesuai dengan usia Anda, yang bermanfaat bagi kesehatan pendengaran semua orang.

3. Tweak pengaturan suara di aplikasi musik Anda

Kebanyakan orang menggunakan aplikasi pendamping headphone atau earbud untuk memperbaiki kinerja suara melalui EQ yang dapat disesuaikan. Anda diberi opsi untuk membuat profil suara yang dipersonalisasi dengan menyesuaikan frekuensi secara manual atau memilih dari berbagai prasetel yang berbeda. Nah, ada cara yang lebih praktis untuk meningkatkan kualitas suara, dan perubahannya akan disimpan ke headphone atau earbud apa pun yang Anda gunakan. 

Ubah pengaturan EQ di aplikasi musik pilihan Anda. Spotify adalah platform paling populer untuk ini dan memiliki beberapa alat unik untuk meningkatkan kualitas suara. Ada equalizer dengan beberapa prasetel, plus pengaturan berbeda yang secara otomatis menyesuaikan suara berdasarkan kinerja bandwidth dan memprioritaskan kualitas audio (hingga 24kbit/dtk) dengan menonaktifkan kanvas artis.

Beberapa layanan streaming memungkinkan Anda mengaktifkan audio spasial, berdasarkan kompatibilitas perangkat; Tidal menawarkan dukungan 360 Reality Audio untuk headphone dan earbud Sony .

4. Selalu streaming melalui Wi-Fi

Apakah Anda streaming musik melalui data seluler? Jika demikian, harap hentikan karena kecuali Anda memiliki paket data tak terbatas, Anda menghabiskan uang dengan menghabiskan data yang tersedia. Selain itu, layanan streaming musik memproses data secara berbeda berdasarkan file musik yang mereka gunakan.

Sebagian besar layanan seperti Spotify bersikeras untuk melakukan streaming melalui Wi-Fi . Koneksi tidak hanya lebih andal, bergantung pada jangkauan dan kecepatan Internet Anda, tetapi juga memungkinkan bandwidth yang lebih besar. Tingkat langganan yang berbeda dapat menghasilkan kualitas audio yang lebih baik dan kecepatan bit yang lebih cepat.

Bagi mereka yang membutuhkan peningkatan kinerja Wi-Fi, berikut adalah 7 cara meningkatkan router nirkabel Anda untuk konektivitas yang lebih kuat.

5. Nyalakan Dolby Atmos (khusus perangkat Samsung)

Mereka yang memiliki smartphone Samsung Galaxy kemungkinan besar tidak menyadari bahwa mereka memiliki perangkat yang mendukung Dolby Atmos. Anda tidak tahu apa yang Anda lewatkan. 

Teknologi suara surround membuat trek musik dan film pilihan menjadi lebih imersif dengan menempatkan suara di sekitar Anda. Audio spasial beroperasi secara berbeda dengan menambahkan lapisan untuk menciptakan kembali perasaan berada di film atau bergerak di sebuah konser. Dolby Atmos sangat penting untuk meningkatkan suara di ponsel Galaxy Anda.

Anda dapat menyalakannya dengan masuk ke Pengaturan perangkat Anda, memilih tab Kualitas Suara dan Efek, dan mengaktifkan opsi Dolby Atmos.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah untuk Meningkatkan Audio di Ponsel Android Anda"

close