Dulu 2 Negara Ini Punya Populasi Muslim Mayoritas tapi Kini Minoritas

Muslimah di Spanyol mengenakan jilbab dalam suatu acara. Foto/anadolu

LISBON - Sejarah telah mencatat ada beberapa negara yang dulunya memiliki populasi Muslim mayoritas, tapi sekarang justru mempunyai muslim minoritas.

Tercatat dalam sejarah, bahwa kesultanan Islam dulu pernah berjaya dan mencapai era keemasan di penjuru dunia. Pengaruh islamisme cepat menyebar ke berbagai belahan dunia dan mulai membangun pemerintahan Islam.

Dari sekian banyak, terdapat beberapa negara yang dulu sempat dikuasai peradaban Muslim sehingga mayoritas penduduknya juga beragama Islam. Di antara negara tersebut adalah Spanyol dan Portugal.

Negara yang dulu punya populasi muslim mayoritas tapi sekarang jadi minoritas

Namun sejarah juga mencatat, bahwa setelah penaklukan Kristen dan Katolik, populasi Muslim mayoritas di dua negara tersebut justru berubah menjadi minoritas.

Inilah 2 negara yang dulu punya populasi Muslim mayoritas tapi sekarang telah menjadi Muslim minoritas.

1. Spanyol

Menurut fakta sejarah, Spanyol pernah punya populasi Muslim yang sangat besar dan menjadi mayoritas. Tapi, setelah penaklukan Kristen dan Katolik di sana, Muslim telah kehilangan sebagian besar wilayahnya.

Dikutip dari laman The Conversation, pada 2 Januari 1492, Abdallah Muhammad bin Ali selaku Sultan Moor Granada terakhir menyerahkan kotanya kepada Raja Katolik Ferdinand II dan Isabella I.

Pada awalnya, raja itu sesumbar akan berlaku adil kepada penduduk muslim di sana. Namun pada kenyataannya, mereka justru ingin menghilangkan agama Islam dan budayanya di Spanyol.

Puncaknya, pada tahun 1609 terjadi peristiwa pengusiran Moriscos. Peristiwa tersebut merupakan pengusiran penduduk muslim Spanyol dari negara tersebut.

2. Portugal

Tidak beda jauh dengan Spanyol, Portugal juga mempunyai sejarah masa lalu ketika populasi muslimnya begitu banyak sehingga menjadi penduduk mayoritas.

Dikutip dari laman Al Jazeera, sekitar abad ke-8, umat Islam masuk dari Afrika Utara dan menguasai beberapa wilayah yang kini disebut Portugal dan Spanyol.

Wilayah tersebut dulunya dikenal sebagai Al-Andalus dan tergabung dalam Kekaisaran Umayyah yang berkembang di bawah pemerintahan Islam. Sayangnya, kejayaan tersebut kini telah terlupakan di negara tersebut.

Usai penaklukan, Raja Manuel I memutuskan mengusir semua orang Muslim dan Yahudi dari Portugal. Setelah pengusiran, masjid dan sinagoga dihancurkan sebagian, sementara sisanya digunakan sebagai gereja.

Selain itu, di sekolah-sekolah Portugal, sejarah tentang pemerintahan Islam yang pernah eksis dan berkuasa hingga 5 abad hanya dipelajari secara singkat.

Sebaliknya, mereka lebih menonjolkan kemenangan penaklukan oleh penguasa Kristen yang dibantu tentara Salib.

Posting Komentar untuk "Dulu 2 Negara Ini Punya Populasi Muslim Mayoritas tapi Kini Minoritas"