Cara Mencegah Tetangga Anda Terhubung ke Jaringan WiFi Anda?

Daftar Isi

Apakah Anda khawatir pengguna meretas WiFi Anda, dan mengurangi kecepatan Internet Anda? Tips internet kali ini adalah tentang bagaimana cara mencegah tetangga Anda terhubung ke jaringan WiFi Anda? 

Pelajari tiga tip sederhana untuk melindungi jaringan Anda

Anda telah mendengar cerita-cerita ini sebelumnya. Orang berhasil terhubung ke jaringan WiFi pribadi di dekat rumah mereka dengan menggunakan skema peretasan atau sekadar mencari tahu kata sandi tetangga mereka. 

Inilah cara mengamankan akses Anda untuk mencegah peretas menggunakan kecepatan internet Anda tanpa izin.

1. Mengamankan akses ke WiFi Anda

Seperti yang ditunjukkan oleh Kementerian Ekonomi dan Digital, ada beberapa jenis kunci WiFi. Yang paling umum adalah kunci WEP (untuk Wired Equivalent Privacy). Biasanya ditawarkan oleh penyedia akses, tetapi tidak aman. Peretas dapat terhubung dengan mudah dan dalam hitungan menit.

Inilah mengapa disarankan untuk memilih kunci WPA atau WPA2 (Wi-Fi Protected Access). Akses ke sana lebih sulit, dan akan memusingkan tetangga Anda yang berniat buruk seperti ahli peretasan.

Untuk mengubah kunci, cukup buka halaman di browser Internet Anda (Chrome, Safari, Firefox, dll.) dan masukkan "192.168.1.1" di bilah alamat. Sebuah halaman akan terbuka menanyakan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk mengakses pengaturan kotak Internet Anda. Dari sini Anda dapat mengubah kunci keamanan.

2. Ganti password secara berkala

Seperti kata sandi komputer atau situs, semakin banyak Anda mengubah, semakin baik keamanannya. Disarankan untuk mengubahnya setiap dua hingga tiga bulan dan jangan mengambil kata sandi yang terlalu mudah.

3. Sembunyikan jaringan WiFi Anda

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menyembunyikan jaringan Anda dari tetangga Anda? Saat mereka mencari WiFi dari perangkat mereka, mereka tidak akan dapat menemukan milik Anda. Opsi ini tersedia di pengaturan kotak Internet Anda, seperti untuk kunci WEP2, dengan mengetikkan "192.168.1.1" di bilah browser Internet Anda.

Demikianlah tiga tips sederhana untuk menyembunyikan dan mengatur jaringan wi-fi Anda, agar tidak dapat diakses atau diretas oleh tangan jahil orang di sekitar Anda.

Posting Komentar