Berapa Sebaiknya Durasi Short Youtube yang Disarankan? Ini Penjelasannya

Daftar Isi

Berapa Sebaiknya Durasi Short Youtube yang Disarankan? Ini Penjelasannya

Video pendek atau short video di Youtube belakangan ini menjadi semakin tinggi peminatnya. Cukup banyak orang yang membuka Youtube dengan maksud hanya untuk menyaksikan berbagai video pendek yang terdapat di Youtube. Sesuai namanya, memang durasi short Youtube begitu pendek, dimana awal kemunculannya ditujukan untuk menyaingi keberadaan Reel milik Instagram dan juga Tik Tok. 

Tentunya dengan keberadaan Short Youtube yang notabene sama-sama menampilkan video pada Youtube biasa, hal itu akan memberikan tantangan tersendiri bagi video kreator. Dari sisi kreatifitas, kreator dituntut menemukan ide dan cara menuangkannya dengan waktu yang begitu pendek namun tetap menarik untuk di tonton khalayak netizen. 

Beberapa Poin Penting Terkait Durasi Short Youtube

Ada beberapa hal penting terkait cara membuat dan mengupload video di Short Youtube. Semua hal ini agaknya kembali lagi ke durasi Short Youtube itu sendiri yang harus sesuai pakem. Sebelum lebih jauh membahas hal ini, ada baiknya mengetahui apa itu Short Youtube. 

Short pada Youtube pada dasarnya merupakan berbagai hal terkait merekam, membuat, menonton, sekaligus membagi berbagai video pendek di Youtube. 

Yang termasuk ke dalam video pendek menurut ketentuan Youtube adalah video yang memiliki durasi tidak lebih dari 60 menit dan harus diatas 15 detik. Jadi, disini jelas bahwa durasi Short Youtube adalah antara 15 detik hingga 60 detik. 

Letak perbedaan Short video dengan video biasa pada Youtube adalah pada durasinya. Jika Short Youtube hanya membolehkan upload video dengan durasi 15 hingga 60 detik, sementara video biasa yang diperbolehkan diupload di Youtube maksimal berdurasi 12 jam. Tentunya masing-masing memiliki perbedaan yang didasarkan pada durasi dan jenis konten yang ingin ditampilkan. 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mengupload Video Short Youtube

Terdapat beberapa hal yang harus dipahami ketika membuat sebuah video untuk Short Youtube. Beberapa hal tersebut diantaranya:

1. Perhatikan Durasi Short Youtube 

Ini merupakan syarat mutlak dari sebuah video Short Youtube. Telah diketahui bahwa video yang masuk ke dalam ketentuan ini adalah video dengan durasi antara 15 hingga 60 detik. 

2. Size dan Durasi

Tidak ada ketentuan khusus yang mengatur ukuran atau size video. Dalam arti lain, ukuran atau size video bebas namun sebaiknya tidak begitu besar. Selain itu, alangkah pentingnya untuk membuat video dengan resolusi yang jelas. 

3. Bentuk Video

Bentuk dari video yang bisa ditampilkan di Short Youtube adalah video dengan bentuk vertikal dan bukannya horizontal.

4. Jenis Konten

Jenis konten yang sesuai dengan Short Youtube lebih kepada konten dengan tema tutorial singkat, komedi, atau challenge-challenge tertentu. 

Langkah-langkah Membuat Video Shorts Youtube

Terkait durasi Short Youtube yang pendek, maka siapapun yang telah biasa membuat konten untuk keperluan Youtube konvensional (biasa), tentunya wajib untuk mencoba membuat video di fitur Short. Tujuannya adalah untuk menjaring viewer yang cenderung hanya menyaksikan video-video yang relatif singkat. Berikut beberapa langkah membuat video pendek untuk Short Youtube yang terbilang begitu mudah:

Pilih Menu Membuat Video Shorts

Tentu saja langkah awal untuk membuat video pendek adalah membuka Youtube terlebih dahulu. Setelah itu, masuk ke menu dan pilih Add Content pada bagian bawah. Dalam Add Content, perhatikan pilhan yang ada, lalu pilih pilihan untuk Buat Video Shorts. 

Tambahkan Video baru

Untuk menambahkan video pada fitur Shorts Youtube, yang pertama harus dilakukan adalah:

  • persiapkan dahulu video yang ingin diupload dan pastikan telah ada di gallery atau disk perangkat
  • setelahnya akan terlihat video-video yang tersimpan disana, kemudian pilih salah satu video yang akan diupload. 
  • Crop terlebih dahulu video yang memang ingin dipotong untuk memenuhi ketentuan Short Youtube dan kemudian tekan ‘Tambahkan’
  • Bila dirasa telah mantap dengan video tersebut, maka langsung saja menekan centang sebagai konfirmasi menambahkan video tersebut

Upload Video

Setelah video yang hendak diupload telah diedit sedemikian rupa agar tampil menarik, semisal teks, musik latar, dan sebagainya, maka selanjutnya tinggal menguploadnya. Caranya cukup mudah, hanya dengan menekan tombol upload. Tetapi sebelum itu, cantumkan terlebih dahulu judul untuk video Short sesuai kreativitas masing-masing. Kemudian tambahkan deskripsi dan tag yang sesuai video.

Cek Video pada Channel

Langkah yang terakhir adalah menunggu proses upload selesai dan dilanjutkan dengan mengecek apakah video tersebut telah berhasil ditambahkan pada channel. 

Short video youtube yang begitu populer saat ini memang menuntut para konten kreator untuk lebih kreatif, utamanya terkait durasi Short Youtube yang lebih singkat dibandingkan video youtube biasa. Untuk itu, video Short Youtube perlu dipadatkan sesuai pesan yang ingin disampaikan dalam pengemasan semenarik mungkin. Semoga bermanfaat..

Sumber gambar: Tek.id

Posting Komentar