Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 2 Negara Eropa yang Pernah Menjajah Maroko

RABAT - Maroko atau sering dikenal sebagai Maghribi adalah salah satu negara yang berada di kawasan Afrika Utara. Mayoritas penduduk negara Maroko ini adalah beragama Islam.

Menurut sejarahnya, Maroko mempunyai riwayat panjang yang cukup lekat kaitannya dengan konflik berkepanjangan. Termasuk salah satunya adalah saat era kolonialisasi bangsa-bangsa Eropa ke Afrika.

Negara di dunia berikut ini diketahui pernah menjajah Maroko.

1. Spanyol

Dalam hubungannya, Maroko dan Spanyol memiliki sejarah panjang yang telah terbentuk karena hubungan geografis dan sosial budaya antar kedua negara ini.

Dikutip dari laman MaroccoWorldnews, Senin (12/12/2022), bahwa kedua negara ini mempunyai riwayat konflik sejak 146 SM kala Romawi merebut kerajaan Numidia di Maroko Utara.

Di era kolonialisme kontemporer, bangsa Eropa termasuk Spanyol meneruskan penjajahan mereka di Maroko.

Terlepas dari pendudukan ini, hubungan diplomatik dan hukum antar kedua negara tetap berkembang dan menghasilkan beberapa penandatanganan perjanjian.

Akibat perjanjian pada 1799 dan pendudukan Spanyol terhadap pulau-pulau geografis di muara Sungai Mulwaya pada 1848, Maroko dan Spanyol mulai berperang dalam Perang Tetouan antara tahun 1859-1860.

Perang berakhir dengan kekalahan Maroko karena berbagai faktor, termasuk intervensi Inggris sebagai mediator yang menguntungkan Spanyol.

Pada tahun 1975, muncul pawai bersejarah bertajuk Green March yang menandai akhir dari 75 tahun penjajahan dan pendudukan Spanyol.

2. Prancis

Maroko juga tercatat pernah dijajah oleh Prancis pada 1912. Dikutip dari laman TrtWorld, hal tersebut terjadi setelah mereka menandatangani perjanjian Protektorat yang membuat Sultan Maroko menyetujui otoritas Prancis.

Pada perkembangannya, Prancis merebut kekuasaan pusat dengan cara yang sama seperti yang dilakukan kepada negara-negara lain di Afrika seperti Tunisia hingga Aljazair.

Sekitar tahun 1937, mulai muncul berbagai perlawanan terhadap Prancis. Akhirnya pada tahun 1956, Maroko resmi menyatakan merdeka dan terlepas dari belenggu penjajahan Prancis.

Posting Komentar untuk " Inilah 2 Negara Eropa yang Pernah Menjajah Maroko"

close