Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Nabi Ibrahim Membangun Rumah Tangga dan Dilancarkan Rezeki

Selain membutuhkan kesiapan fisik, untuk membangun rumah tangga juga memerlukan kesiapan mental. Apalagi dalam hal rizki, maka sangat memerlukan ikhtiar dan dorongan doa. 

Berkaitan hal itu, Mustasyar PBNU KH. Sya'roni dalam pengajian Tafsir Al-Qur'an di masjid Al-Aqsha Menara Kudus pernah menyampaikan sebuah amalan doa atau zikir untuk membangun rumah tangga.
 
Menurut beliau, saat membangun rumah tangga sebaiknya mengamalkan bacaan doa seperti yang diamalkan oleh Nabi Ibrahim. Doa tersebut telah tertuang pada Al-Qur'an Surat Ibrahim ayat 37. 

Surat Ibrahim Ayat 37

رَّبَّنَآ إِنِّىٓ أَسْكَنتُ مِن ذُرِّيَّتِى بِوَادٍ غَيْرِ ذِى زَرْعٍ عِندَ بَيْتِكَ ٱلْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ فَٱجْعَلْ أَفْـِٔدَةً مِّنَ ٱلنَّاسِ تَهْوِىٓ إِلَيْهِمْ وَٱرْزُقْهُم مِّنَ ٱلثَّمَرَٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ

Arab-Latin: Rabbanā innī askantu min żurriyyatī biwādin gairi żī zar'in 'inda baitikal-muḥarrami rabbanā liyuqīmuṣ-ṣalāta faj'al af`idatam minan-nāsi tahwī ilaihim warzuq-hum minaṡ-ṡamarāti la'allahum yasykurụn

Artinya: Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.

Amalan Doa Nabi Ibrohim ini bisa dibaca sebanyak 313 kali dalam setiap waktu dengan maksud supaya diberi kelapangan rizki oleh Allah SWT. Jika dilakukan berdua dengan pasangannya, jumlah tersebut bisa dibagi dua dalam jumlah bacaannya. Bila dibaca secara berjamaah yang terdiri dari 313 orang, maka cukup dibaca satu kali saja. Jika dibaca sendirian, maka 313 kali bacanya. Demikian menurut penjelasan Mbah Sya'roni, sapaan akrab kiai sepuh kharismatik asli Kudus ini.
 
Mbah Sya'roni juga menegaskan bahwa doa Nabi Ibrahim ini sangat mujarab. Buktinya, kota Makkah yang kering tanpa adanya pepohonan, masih banyak tersedia ragam buah-buahan yang hingga sekarang bisa dinikmati oleh para jama'ah haji yang datang dari berbagai penjuru dunia.
 
Semua kecukupan rezeki di Mekah tersebut tentunya tidak lepas dari doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim. Karena beliau pernah memohon rizki kepada Allah SWT untuk penduduk Makkah dengan bacaan dalam ayat tersebut.

Pada pengajian pagi itu, Mbah Sya'roni juga mengingatkan agar setelah selesai sholat jangan lupa mengangkat tangan untuk berdoa. Caranya, saat berdoa, awali dengan membaca "rabbana taqobbal minna innaka antas samii'ul 'alim." Harapannya, memohon agar ibadah kita diterima Allah SWT.
 
Sebab amalan utama menurut sayyidina Ali itu ibadah yang diterima. Sehingga disarankan dan diutamakan membaca doa rabbana taqobbal minna innaka antas samiiul 'aliim ini usai beribadah.
 
Pengajian Tafsir Alqur'an di Masjid al-Aqsha Menara Kudus rutin dilaksanakan setiap hari selepas subuh selama bulan Ramadhan. Pada kesempatan tersebut Mbah Sya'roni melanjutkan penjelasan Surat Al-Baqarah surat 125-130 yang banyak menjelaskan dan menceritakan kisah perjuangan Nabi Ibrahim di kota Makkah.


Posting Komentar untuk "Doa Nabi Ibrahim Membangun Rumah Tangga dan Dilancarkan Rezeki"

close