Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Pesepak Bola Muslim Peraih Ballon d'Or, Nomor 1 Pernah Jadi Mualaf

Ballon d’Or menjadi ajang penghargaan sepak bola dunia tahunan yang diinisiasi oleh Gabriel Hanot (France Football). Terbaru, Karim Benzema adalah pemenang gelar Ballon d'Or tahun 2022. Saat ini telah tercatat tiga pemain muslim yang sukses menyandang gelar Ballon d'Or tersebut.

Awal penghargaan Ballon d'Or 

Awal penghargaan Ballon d’Or yang telah rutin diadakan oleh Gabriel dengan salah satu tujuan untuk menentukan pemain terbaik di Eropa tahun 1956. Pemenang pertama Ballon d’Or adalah Stanley Matthews. Dia seorang pemain bola dari klub Blackpool.

Sampai saat ini sudah banyak pemain sepak bola yang berhasil menyabet kejuaraan bergengsi tersebut. Beberapa di antaranya merupakan pemain muslim, pemeluk agama Islam.

Pemain muslim peraih penghargaan Ballon d'Or 

Berikut 3 pemain sepak bola peraih Ballon d’Or beragama Islam:

1. George Weah

George Weah pertama kali meraih trofi Ballon dOr pada tahun 1995. Semasa aktif sebagai pemain, Weah terkenal cemerlang di lapangan dan punya rasa kemanusiaan yang besar, khususnya untuk nasib masyarakat di Afrika.

George Weah lahir pada 1 Oktober 1966. Dia terlahir sebagai seorang Kristen Protestan. Namun pada tahun 1989, dia memutuskan menjadi mualaf dengan memeluk agama Islam. Ternyata dia hanya bertahan selama 10 tahun menjadi seorang muslim. Setelah itu, dia memutuskan kembali ke agama lamanya.

Weah selalu berprestasi di tiap klub yang dibelanya. Namun, baru bersama AC Milan dia mencapai puncak kariernya hingga dikenal dunia. Bersama I Rossoneri, George Weah meraih dua gelar Serie A dan penghargaan pemain terbaik dunia FIFA dan Ballon d'Or 1995.

Weah memulai karier profesionalnya bersama klub Prancis, AS Monaco pada musim 1988/1992. Bersama AS Monaco, dia berhasil mengoleksi 47 gol dari 103 pertandingan. Setelah itu dia pindah ke klub Prancis lainnya, Paris Saint-Germain di musim 1992 dan bermain selama tiga musim. Di PSG, Weah berhasil mengoleksi 32 gol dari 103 pertandingan.

2. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane atau lebih dikenal dengan Zizou adalah sosok pelatih sepak bola Prancis dan mantan pemain bola yang berada pada posisi gelandang serang. Zidane saat ini baru saja melatih klub Spanyol kesayangan banyak orang yaitu Real Madrid. Zinedine dianggap menjadi salah satu pelatih tersukses di dunia dan pemain terhebat sepanjang masa karena operan, kontrol bola dan teknik bermain dirinya. Zinedine berasal dari keluarga yang memeluk muslim. Meskipun dirinya memiliki pasangan hidup yang berbeda keyakinan, Zinedine masih tetap berdoa secara muslim. Beliau juga seringkali enggan membicarakan agamanya kepada media karena menurutnya hal ini merupakan hal pribadi. Pemain kelahiran 1972 itu memulai kariernya di Cannes sebelum akhirnya berhasil membuktikan kemampuan dirinya dengan menjadi salah satu pemain terbaik di Liga 1 Prancis di Bordeaux. Banyak penghargaan individu yang berhasil diraih oleh pria kelahiran Marseille, Prancis ini. Salah satunya adalah pada kejuaran Ballon d’Or 1998. Zinedine dinobatkan pula menjadi Pemain Terbaik Dunia FIFA tahun 1998 ketika menyandang gelar Piala Dunia 1998.

3. Karim Benzema

Karim Benzema merupakan pemain sepak bola asal Prancis pada posisi striker dan merupakan seorang kapten di klub La Liga Real Madrid dan tim nasional Prancis. Beliau dianggap sebagai salah satu striker terbaik sepanjang masa. Benzema terkenal dengan teknik, gaya bermain dan kemampuannya dalam mencetak gol, sehingga beliau dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak kedua Real Madrid dan pemberi assist sepanjang masa. Beliau merupakan pemain sepak bola beragama muslim yang merupakan keturunan garis Aljazair dari ayah dan ibunya. Sebagai muslim yang taat, beliau sangat menjauhi minuman beralkohol dan melakukan ibadah dengan rajin sesuai ajarannya. Benzema lahir di Lyon dan mulai karirnya di dunia sepak bola pada tahun 2005 melalui klub bola di kota kelahirannya di Olympique Lyonnais. Benzema hingga kini berhasil memenangkan 23 trofi bersama Real Madrid termasuk diantaranya merupakan empat gelar La Liga, dua Copa del Rey, lima gelar Liga Champions UEFA dan yang terbaru adalah Kejuaraan Ballon d’Or yang baru diumumkan pada senin 17 Oktober 2022 di Theatre du Chatelet, Paris. MG/Ni Made Susilawati

Posting Komentar untuk "3 Pesepak Bola Muslim Peraih Ballon d'Or, Nomor 1 Pernah Jadi Mualaf"

close