Profil Singkat Ning Imaz, Putri Pengelola Ponpes Lirboyo yang Dihina Eko Kuntadhi

Komentar dan cuitan pegiat media sosial Eko Kuntadhi di Twitter langsung diserbu warganet, setelah mengunggah tulisan bernada menghina Ning Imaz.

Eko Kuntadhi mengunggah potongan video ceramah Ning Imaz, putri pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur itu dengan membubuhkan caption bernada penghinaan dan tak pantas. “Jadi bidadari itu bukan perempuan? T***l tingkat kadal. Hidup kok cuma mimpi s*******ngan,” tulis Eko Kunthadi, Selasa, 13 September 2022.

Ning Imaz Lirboyo. Foto: NU

Siapa sebenarnya Ning Imaz ini?

Ustazah Imaz Fatimatuz Zahra atau lebih dikenal dengan sebutan Ning Imaz merupakan putri Pengasuh Pondok Pesantren Putri Al Ihsan Lirboyo, KH Abdul Khaliq Ridwan dan Nyai Hj Eeng Sukaenah.

Kakek Ning Imaz adalah pengarang kitab Siraj ath-Thalibin, Syekh Ihsan Muhammad Dahlan Al-Jampasy. Ilmu yang diembannya dari ayah dan kakeknya inilah yang mengantarkan pendakwah yang aktif di media sosial ini menjadi seorang hafidzah dan ahli fikih.

Ning Imaz adalah istri dari Gus Rifqil Muslim Suyuthi, Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Kaliwungu Kendal.  Ning Imaz telah menekuni keilmuan bidang fikih sejak duduk di bangku Madrasah Tsanawiah atau setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Beliau juga aktif dalam diskusi bersama ahli keilmuan Islam, terutama terkait fikih di forum bahtsul masa'il.

Bahtsul Masa'il adalah sebuah forum diskusi di lingkungan pesantren yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU). Mengutip laman NU Online, Ning Imaz juga menjadi pengisi kajian tetap “Suara Muslimah” di kanal Youtube NU Online.

Alumnus Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri ini menuliskan dalam akun Twitter setelah Eko Kuntadhi merendahkannya. “Minta maafnya jangan ke saya, ke Imam Ibnu Katsir, ke umat se Indonesia yang sakit hati agamanya dihina2”.

Gus Rifqil pun mencuit dalam akun pribadinya, “Jangan sampai kehilangan MORAL hanya karena ingin VIRAL”.

Setelah kecaman bertubi-tubi Eko Kuntadhi mencabut unggahannya itu. Banyak pihak mendesak Eko Kuntadhi meminta maaf kepada Ning Imaz. Melansir dari NU Online, Ning Imaz membenarkan Eko Kuntadhi akan datang secara langsung ke Pondok Pesantren Lirboyo, untuk menyampaikan permohonan maaf. “Pihak Eko memang sudah ada i’tikad baik untuk datang ke Lirboyo dan minta maaf secara langsung,” kata dia, Rabu, 14 September 2022.

Dan kabar baiknya, Eko Kuntadhi akhirnya memenuhi janjinya untuk menyampaikan permintaan maaf secara langsung kepada Ning Imaz Fatimatuz Zahra di Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, Kamis 15 September 2022.

Eko datang bersama Guntur Romli, Eko dan diterima salah seorang dzurriyah Pondok Lirboyo KH Agus Abdul Muid Shohib atau Gus Muid di Auditorium Yayasan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin.

Dalam pertemuan tertutup yang berlangsung lebih kurang satu jam tersebut, kabarnya telah disepakati beberapa hal terkait penghinaan Eko Kuntadhi kepada Ning Imaz di twitter. Dari enam kesepakatan salah satu intinya adalah bahwa Ning Imaz atas petunjuk dari Masyayikh Pondok Pesantren Lirboyo telah menerima permohonan maaf Eko Kuntadhi.

Terhadap kasus penghinaan kepada istrinya, Gus Rifqil pun menuliskan dalam akun pribadinya, “Nderek dawuh masyayikh”.

Dan, Pondok Pesantren Lirboyo pun berharap agar media sosial tidak dijadikan sarana untuk menyampaikan ujaran kebencian dan caci maki, tapi justru untuk dakwah kebaikan dan menyampaikan Informasi yang bermanfaat. 

Sumber: seleb.tempo.co dan nu.or.id 

Posting Komentar untuk "Profil Singkat Ning Imaz, Putri Pengelola Ponpes Lirboyo yang Dihina Eko Kuntadhi"