Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Agar Anak Saleh, Penurut Sama Orang Tua, Tidak Bandel dan Tidak Nakal

Berikut ini terdapat bacaan doa agar anak menjadi penurut terhadap orang tua dan agar tidak nakal alias bandel. Doa ini dilengkapi dengan arti dan aturan bacaannya.

Penting untuk dimengerti bahwa parenting atau pendidikan pola asuh anak sangat perlu dipelajari oleh orang tua. Tujuannya jelas, agar menghasilkan anak-anak yang saleh. Kalau sudah saleh, tentunya anak itu menjadi penurut, baik budi pekertinya serta tidak bandel.

Tentu dibutuhkan suatu upaya agar menghasilkan anak saleh dan tidak bandel. Salah satunya adalah dengan memberikan contoh atau teladan yang baik terlebih dahulu. Karena pada dasarnya, anak adalah peniru yang ulung.

Sebagaimana diketahui bahwa orang tua adalah cerminan bagi anak-anaknya. Sehingga kita sebagai orang tua harus bisa menjaga sikap dan perilaku di hadapan anak-anaknya.

Selain memberikan contoh yang baik, para orang tua juga perlu mendoakan anak-anak mereka supaya menjadi anak yang sholeh dan tidak nakal. 

Berikut ini doa agar anak tidak nakal alias bandel 

Dalam Al-Qur'an, terdapat doa agar anak tidak nakal. Doa ini dikutip dari Surat Ali Imran ayat 200.

Surat Ali ‘Imran Ayat 200:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱصْبِرُوا۟ وَصَابِرُوا۟ وَرَابِطُوا۟ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanuṣbirụ wa ṣābirụ wa rābiṭụ, wattaqullāha la'allakum tufliḥụn
Yaa ayyuhal ladzina aamanush biruu wa shoobiruu wa roobithuu, wat taqulloha la’allakum tuflikhuun.

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

Dianjurkan baca doa tersebut sebagai ikhtiar batin supaya anak tidak bandel alias nakal. Cara membacanya tentu harus dengan penuh keikhlasan dan mengharap keridhoan Allah disertai keridhoan orang tua terhadap anak-anaknya. 

Doa tersebut biasanya dibaca sebanyak 7 kali, 41 kali, 111 kali, 1.111 kali atau 4.444 kali di makanan atau minuman yang khusus dikonsumsi oleh sang buah hati.

Doa Agar Anak Jadi Penurut Sama Orang Tua by Ustadz Ahmad Zahrudin M Nafis

Bukan hanya doa agar anak tidak bandel alias nakal, juga ada doa agar anak menjadi penurut sama orang tua.

Adapun doa tersebut diperkenalkan oleh Ustadz Ahmad Zahrudin M Nafis dalam sebuah video yang tayang di kanal Youtube miliknya.

Adapun doanya adalah Surat Al-Imran ayat 83 yang bunyinya sebagai berikut.

Surat Ali ‘Imran Ayat 83:

أَفَغَيْرَ دِينِ ٱللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُۥٓ أَسْلَمَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ
Arab-Latin: A fa gaira dīnillāhi yabgụna wa lahū aslama man fis-samāwāti wal-arḍi ṭau'aw wa kar-haw wa ilaihi yurja'ụn

Artinya: Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah lah mereka dikembalikan.

Lebih lanjut sang Ustadz mengatakan, 
“Mohon maaf buat orang tua yang merasa anaknya nakal, sulit diatur, sulit dikendalikan, atau bengal, ini doa yang dibaca, dibaca di telinganya. Terserah apa pas anak masih melek atau kalau susah dan enggak mau doa dibacakan saat anak sedang tidur. Setiap hari dibaca pelan-pelan dan sungguh-sungguh anak jadi saleh, dan mudah diatur. Jadi anak yang menyenangkan orang tuanya,” 

Demikian doa dari para orang tua agar anak-anaknya tidak bandel, tidak nakal dan menjadi anak yang penurut dan saleh. Semoga bermanfaat..

Posting Komentar untuk "Doa Agar Anak Saleh, Penurut Sama Orang Tua, Tidak Bandel dan Tidak Nakal"