11 Ide untuk Mendaur Ulang Smartphone atau Tablet Lama

Daftar Isi
Smartphone lama atau tablet lama, perangkat ini tidak ditakdirkan untuk mengumpulkan debu. Mereka masih dapat digunakan dalam banyak cara.

Teknologi berubah dengan sangat cepat. Produk baru tiba di toko setiap tahun, selalu lebih baik dari yang sebelumnya. Kecuali Anda selalu menjualnya kembali sebelum membeli yang baru, kemungkinan Anda memiliki smartphone atau tablet lama di rumah Anda. 

Berikut ini ide kreatif memanfaatkan perangkat smartphone atau tablet lama

Perangkat ini tidak ditakdirkan untuk mengumpulkan debu. Mereka masih dapat digunakan dalam banyak cara.

1. Webcam yang sempurna

Smartphone memiliki kamera yang sangat bagus selama beberapa tahun. Bahkan iPhone 6 mungkin lebih canggih daripada webcam laptop Anda saat ini. Oleh karena itu sempurna untuk berfungsi sebagai webcam untuk komputer Anda.

Namun, solusinya mungkin sedikit kurang jelas untuk diterapkan. Tergantung pada kebutuhan Anda, bagaimanapun, itu bisa sangat praktis.

2. Kamera dasbor

Dashcam adalah aksesori yang sempurna untuk melindungi diri Anda jika terjadi kecelakaan, tetapi sistem ini tidak murah. Memasang smartphone lama ke dashboard mobil Anda bisa menjadi solusi gratis untuk masalah tersebut. Anda bahkan dapat mengunduh aplikasi khusus, seperti Driver untuk iOS dan Android. 

Solusi tersebut, dengan penyimpanan cloud, paling sering dibayar. Namun dimungkinkan untuk tidak membayar apa pun, dengan menggunakan aplikasi perekaman asli ponsel Anda. Namun, berhati-hatilah untuk memprioritaskan penyimpanan daripada kualitas gambar.

3. Perangkat untuk DJ seperti Anda

Jika ponsel cerdas Anda memiliki jack, itu bisa berguna untuk campuran Anda. Terhubung ke speaker selama pesta, Anda akan memiliki Bluetooth dan alat bantu untuk memutar musik Anda. 

Jika Spotify tidak berfungsi dengan iPhone yang tidak memiliki setidaknya iOS 13, perangkat Android dengan versi 5.0 dapat memanfaatkannya. Tablet ini tidak portabel, tetapi lebih banyak model memiliki jack headphone.

4. Mesin khusus untuk streaming video

Tablet sangat bagus untuk memutar file media, dan itu benar setelah perangkat menjadi "terlalu tua". Selama layanan streaming yang Anda gunakan kompatibel dengan perangkat Anda, Anda akan dapat menikmati konten favorit Anda di tablet lama setelah pembaruan berhenti.

Meskipun layanan populer tidak lagi berfungsi dengan perangkat Anda, Anda masih dapat memutar konten yang dibeli dari iTunes atau Play Store. Jika Anda memiliki file lain, pemutar seperti VLC akan baik-baik saja.

5. Bingkai foto yang cerdas

Tablet lama atau bahkan smartphone lama dapat digunakan untuk menampilkan informasi yang berubah. Anda dapat menjadikannya stasiun cuaca, untuk mengawasi ramalan cuaca sebelum Anda meninggalkan rumah, atau kalender untuk meja Anda.

Bingkai foto adalah pilihan yang baik. Daripada membeli salah satu produk siap pakai ini, seringkali dengan kualitas layar yang dipertanyakan dan antarmuka yang ketinggalan zaman, Anda dapat menggunakan perangkat yang lebih lama untuk menampilkan foto Anda. Aplikasi Foto kamera, meskipun lama, masih jauh lebih baik daripada yang ditemukan pada bingkai foto khusus.

6. Pengontrol otomatisasi rumah untuk seluruh keluarga

Jika Anda memiliki benda- benda yang terhubung di rumah Anda, Anda tahu betapa praktisnya itu. Saat ini, hampir semua yang dapat dicolokkan ada dalam versi yang terhubung. Dan itu dapat dengan cepat menambahkan hingga banyak perangkat untuk dikelola. Untuk mengontrol semua ini, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi di ponsel cerdas dan/atau tablet Anda. Tetapi bagaimana jika Anda tidak memilikinya?

Jika Anda memiliki speaker yang tersambung, Anda dapat menggunakan suara Anda. Tetapi jika tidak, smartphone atau tablet lama dapat berfungsi sebagai pusat kendali untuk rumah Anda yang terhubung. Tempatkan di tempat yang dapat diakses oleh semua orang. Hanya dengan beberapa ketukan, Anda dapat mengontrol semuanya.

7. Sebuah remote control universal untuk ruang tamu Anda

Smartphone atau tablet lama dapat digunakan sebagai remote control universal untuk TV, perangkat streaming, konsol, dan sejenisnya yang dicolokkan ke ruang tamu Anda. Tinggalkan perangkat di atas meja kopi dan Anda dapat mengontrol ruang tamu Anda dengan lebih mudah.

Ada banyak opsi untuk melakukan ini, seperti TV Remote untuk iOS dan Android. Tergantung pada perangkat, produsen menawarkan aplikasi mereka sendiri.

8. Mobil lama Anda sekarang memiliki CarPlay atau Android Auto

Apple CarPlay dan Android Auto adalah sistem infotainment yang cukup baru di mobil. Jika Anda memiliki kendaraan yang tidak memilikinya, Anda dapat menggunakan smartphone lama. Dicolokkan ke pengisi daya, sambungkan ponsel cerdas Anda melalui Bluetooth dan Anda memiliki GPS, musik, dan komunikasi nirkabel di mobil lama Anda.

Hal yang sama berlaku untuk tablet: jika Anda memiliki tablet yang tidak lagi digunakan, Anda dapat menggunakannya sebagai layar besar untuk dasbor Anda. Dengan dudukan yang sesuai, Anda kemudian memiliki iPadOS atau Android di mobil Anda.

9. Pengasuh digital anak

Bagi orang tua, smartphone atau tablet lama bisa menjadi perangkat yang sempurna untuk anak-anak. Anda tidak perlu khawatir akan rusak. Dan sebagian besar perangkat ini, bahkan yang sudah tua, memiliki fitur kontrol orang tua, sehingga Anda dapat mengatur batasan yang sesuai.

Dengan cara yang sama seperti perangkat lama yang memungkinkan Anda memutar media, itu sudah cukup untuk memungkinkan mereka menonton konten favorit atau memainkan game favorit mereka.

10. Awasi hewan

Kamera internal lagi-lagi bisa sangat berguna. Webcam, dashcam… dan kamera keamanan untuk rumah Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi seperti AlfredCamera (iOS dan Android) di ponsel cerdas Anda saat ini dan lama untuk membuat koneksi di antara keduanya. Tempatkan perangkat lama pada tripod dan Anda akan memiliki mata 24/7 ke aliran. Sempurna untuk mengawasi hewan Anda atau di tempat di rumah.

Aplikasi ini sering mengenakan biaya untuk fitur tertentu seperti H-video atau perekaman video, tetapi penawaran gratis seringkali cukup. Sekali lagi, seperti kamera dasbor, Anda dapat memfilmkan ruangan saat Anda pergi dan menonton video saat Anda kembali.

11. Penguji beta penuh waktu sehari

Jika ponsel cerdas atau tablet Anda menua, tetapi tidak sepenuhnya menjadi fosil, Anda dapat menggunakannya untuk menguji build. Sering kali disarankan untuk tidak menginstal versi beta pada perangkat yang kita gunakan setiap hari. Ini justru karena versi beta tidak bebas dari bug.

Tetapi jika Anda memiliki perangkat yang tidak lagi digunakan, Anda dapat menginstal semua versi beta yang Anda inginkan dan Anda masih memiliki perangkat utama untuk penggunaan sehari-hari.

(Ini lebih menarik untuk produk Apple daripada produk Android, karena Apple mendukung perangkatnya lebih lama daripada produsen perangkat Android.)

Foto: Begeek

Posting Komentar