Tips Cara Efektif Meningkatkan Traffic Website Dengan Cepat

Daftar Isi
Bagi para blogger, webmaster, pemilik website atau pebisnis online, pasti sudah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan traffic website bukan? Namun jika nyatanya website Anda masih sepi pengunjung, mungkinkah?

Kualitas konten oke, pembaruan konten secara berkala dan konsisten juga telah dilakukan. Tapi kenapa trafiknya tidak bertambah? Apakah metode Anda kurang tepat?

Sebenarnya ada cara mudah untuk meningkatkan traffic yaitu dengan memasang iklan berbayar. Tetapi untuk beriklan Anda membutuhkan banyak uang. Tapi jangan khawatir, Anda dapat mengikuti rekomendasi kami untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda secara gratis dan cepat.

Lalu Lintas Situs Web

Sebelum membahas cara efektif meningkatkan pengunjung website, tahukah Anda apa itu trafik website? Traffic website adalah jumlah orang atau pengunjung yang mengunjungi website Anda.

Bisa dibilang traffic website atau traffic website adalah jumlah pengunjung yang diterima oleh sebuah website. Selain itu, traffic juga berisi informasi tentang durasi kunjungan, konten yang dilihat pengunjung dan lain-lain.

Data ini akan dicatat oleh domain Anda yang nantinya dapat Anda lihat. Data lalu lintas ini sangat penting untuk memahami aktivitas online pengunjung.

Mengapa Traffic Website Menjadi Penting?

Salah satu tujuan para blogger, webmaster atau pemilik website tentunya ingin mendapatkan traffic yang tinggi. Jika website Anda kekurangan pengunjung maka situs tersebut akan tenggelam. Anda tidak ingin situs Anda tenggelam, bukan?

Inilah Cara Meningkatkan Lalu Lintas Situs Web

Semakin banyak audience atau pengunjung yang mengunjungi website Anda, maka semakin tinggi pula kemungkinan website tersebut akan menempati peringkat pertama di SERP.

Website Anda bisa sukses dan dikenal orang. Yang akan mempengaruhi pendapatan situs dan penjualan produk bagi para pebisnis.

Langsung saja kita simak cara meningkatkan traffic pengunjung website gratis dibawah ini :

Melalui Lalu Lintas Situs Web Non Organik

Dalam dunia blogging, sumber trafik terbagi menjadi dua, yaitu trafik organik dan trafik non-organik. Keduanya sangat penting untuk meningkatkan lalu lintas situs web. Berikut cara meningkatkan traffic website non-organik yang bisa Anda coba:

1. Bergabung dengan komunitas online

Belakangan ini banyak bermunculan komunitas online yang anggotanya memiliki kesamaan profesi, visi dan misi. Jika Anda seorang blogger maka Anda dapat bergabung dengan komunitas blogger online.

Pilih komunitas yang cocok dengan situs yang Anda kelola. Misalnya komunitas untuk UKM online, internet marketer, bisnis online dan lain-lain.

Ada banyak komunitas online yang bisa ditemukan, mulai dari grup WhatsApp, Facebook hingga Google Community. Dengan bergabung dengan komunitas, hubungan Anda akan meningkat. Anda bisa mendapatkan backlink atau mempromosikan situs yang dikelola.

2. Bagikan artikel ke berbagai forum

Selain bergabung dengan komunitas online, Anda juga dapat membagikan konten Anda di berbagai forum atau situs tanya jawab.

Ada banyak situs forum atau situs tanya jawab online yang terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung. Misalnya Yahoo! Jawaban, Takon, Brainly, Quora, Reddit, Stumbleupon, dan lainnya.

3. Membangun relasi dengan blogger atau influencer

Pekerjaan Blogging mungkin bisa dilakukan sendiri, namun menumbuhkan blog tidak bisa dilakukan sendiri. Anda harus rela berinteraksi dengan blogger lain karena dapat memperluas jaringan Anda. Lakukan kolaborasi dengan blogger atau influencer lain.

Karena influencer kini terbukti mampu meningkatkan bisnis yang Anda bangun. Dalam hal ini adalah mengelola blog. Jika influencer membagikan tautan ke konten Anda di media sosial, kemungkinan besar situs web Anda akan dikunjungi oleh pengikut mereka.

4. Gunakan headline atau Judul yang menarik 

Judul atau headline merupakan elemen pertama yang dilihat oleh pembaca. Delapan dari sepuluh orang yang berselancar akan membaca judul terlebih dahulu sebelum mengklik artikel tersebut.

Misalkan Anda memiliki dua judul "Cara menurunkan berat badan dengan cepat" dan "5 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan dalam 7 Hari". Konten mana yang menurut Anda akan diklik pengunjung? Tentu saja judul yang kedua bukan?

Judul yang baik menggunakan kriteria 4 4 U, yaitu: Berguna, yang menjelaskan manfaat, Urgensi atau mendesak, Unik, yang menyajikan konten dengan sudut pandang berbeda dari pesaing dan Ultra spesifik yang harus ditulis secara khusus.

5. Tambahkan media Orang-orang telah terbukti lebih menyukai media seperti gambar atau video daripada tulisan atau teks. 

Pasti membosankan membaca artikel dengan teks yang begitu panjang?
Pembaca tidak betah dan langsung meninggalkan website Anda. Ini disebut rasio pentalan. Bounce rate ini juga menjadi salah satu faktor penilaian yang dilakukan oleh Google. Rasio pentalan yang tinggi dapat mengurangi peringkat situs dan lalu lintas situs web.

6. Newsjacking atau membuat konten yang sedang tren

Salah satu cara untuk meningkatkan traffic situs adalah dengan mengikuti tren atau membuat konten yang bisa menjadi viral. Keingintahuan warganet akhir-akhir ini memang tinggi. Jika ada yang membuatnya viral maka bisa anda manfaatkan untuk membuat konten.

Namun, Anda harus memperhatikan bahwa topik yang sedang tren memiliki kesamaan dengan topik yang diulas di situs Anda. Namun tentunya konten yang Anda buat harus berkualitas dengan menambahkan ide atau gagasan dari sudut pandang Anda.

7. Email Marketing

Pernahkah Anda menerima email promosi dari sebuah brand? Ini adalah salah satu contoh pemasaran email. Meski tergolong menyebalkan bagi penerimanya, namun email marketing terbukti mendatangkan traffic.

Anda dapat membuat formulir pendaftaran email sehingga audiens Anda dapat meninggalkan alamat email mereka. Setelah itu Anda bisa melakukan pemasaran melalui email. Mereka yang bersedia meninggalkan alamat email adalah orang-orang yang tertarik dengan situs atau bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda dapat menindaklanjutinya dengan mengirimkan email pemasaran. Ketika mereka puas dengan konten yang Anda berikan, kemungkinan besar mereka akan kembali ke situs Anda atau konten lainnya.

8. Menerapkan pemasaran digital

Pemasaran digital memang memiliki berbagai tujuan dalam aspek bisnis. Namun salah satu tujuan utamanya adalah meningkatkan trafik kunjungan trafik.

Ada banyak strategi yang bisa Anda gunakan dalam digital marketing, misalnya PPC Ads, Social Media, email marketing yang kami jelaskan di atas, dan lain-lain.

9. Bagikan konten ke media sosial

Selain membuat konten yang berkualitas, Anda juga harus membagikan konten tersebut agar orang lain mengetahuinya. Anda juga dapat membagikan konten di berbagai media sosial.

Jika konten Anda berkualitas tinggi, pasti banyak audiens akan mengunjungi situs web Anda. Namun, Anda tidak boleh melakukan spam di media sosial. Buat jadwal posting terstruktur

10. Daftar Facebook Ads

Siapa yang tidak punya akun Facebook? Hampir setiap orang memiliki akun FB dari yang muda hingga yang tua. Internet marketer menganggap FB adalah platform yang mampu memberikan ROI iklan tertinggi.

Melalui Lalu Lintas Situs Web Organik 

Mesin pencari seperti Google, Yahoo, Yandex dan lain-lain merupakan sumber lalu lintas bagi webmaster atau pemilik situs web. Hal ini juga berlaku untuk media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain.

Namun, lalu lintas yang dihasilkan oleh mesin pencari lebih berkualitas dan berkelanjutan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan hal berikut untuk meningkatkan lalu lintas situs web:

1. Lakukan riset kata kunci dan pesaing

Menulis apa yang Anda suka itu bagus dan bisa mempengaruhi kualitas konten. Tetapi menulis konten tanpa penelitian juga tidak baik, meskipun Anda memiliki ide yang bagus.

Dengan melakukan riset kata kunci, Anda bisa mendapatkan kata kunci yang sering dicari oleh audiens di mesin pencari. Ada berbagai alat kata kunci yang dapat Anda gunakan. Pilih kata kunci dengan volume pencarian tinggi.

Selain melakukan riset kata kunci, Anda juga harus melakukan riset terhadap kompetitor untuk memenangkan peringkat pencarian. Dari penelitian ini Anda bisa mendapatkan informasi penting seperti backlink, kata kunci tertarget, kualitas domain hingga kualitas trafik organik.

2. Menggunakan LSI

Dengan bantuan keyword tool di atas memang dapat memberikan gambaran tentang kata kunci yang paling banyak digunakan oleh audiens. Namun seringkali alat kata kunci hanya menyediakan variasi kata kunci yang terbatas dan kaku. Padahal tidak semua audiens mencari topik sesuai dengan kata kunci yang ada. Audiens menggunakan berbagai kata kunci untuk mencari topik yang sama. Maka Anda perlu menambahkan variasi kata kunci yang lebih manusiawi.

Cara menggunakan LSI.

Setiap LSI juga harus memiliki volume pencarian. Sehingga total pencarian bisa meningkat dari kata kunci dan dari LSI.

Misalnya kata kuncinya adalah “cara melamar pekerjaan”, maka LSI yang digunakan dapat berupa “cara melamar pekerjaan agar diterima” atau “cara cepat mendapatkan pekerjaan”.

3. Target kata kunci ekor panjang

Kata kunci dibedakan menjadi dua, yaitu kata kunci ekor pendek dan kata kunci ekor panjang. Ekor pendek terdiri dari 1-2 kata misalnya ''plugin wordpress''. Sedangkan long tail terdiri lebih dari 2 kata, misalnya ''cara memasang plugin wordpress''.
Kata kunci ekor pendek sebagian besar memiliki volume pencarian yang tinggi. Persaingannya juga tinggi. 

Namun berbeda dengan long tail dimana volume pencariannya rendah dan persaingannya juga lebih rendah. Sehingga kemungkinan untuk mendapatkan pencarian lebih tinggi dengan menggunakan long tail.

4. Sisipkan tautan internal

Tautan internal juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan lalu lintas situs. Tautan internal adalah menghubungkan satu halaman ke halaman lain di situs yang sama.

Namun, Anda hanya dapat menggunakan konten dengan konteks atau topik terkait. Sehingga pembaca dapat menemukan informasi yang relevan dengan topik yang dibacanya.

Durasi pembaca juga akan bertambah karena mereka masih menelusuri situs Anda dibandingkan dengan menjelajahi situs pesaing.
Misalnya, jika Anda memiliki konten ''bisnis online'', maka Anda dapat memberikan tautan internal ke ''ide bisnis online''. Google menggunakan tautan internal dan eksternal untuk menilai apakah suatu halaman berkualitas atau tidak.

Semakin banyak tautan internal, maka Google akan menganggap halaman tersebut memiliki kualitas yang lebih tinggi dan peringkat yang baik.

5. Meningkatkan link building

Link building adalah upaya untuk meningkatkan backlink yang mengarah ke situs Anda. Semakin banyak Anda menerima backlink dari situs lain, semakin baik situs Anda di mata Google.

Sehingga Google akan memberikan posisi atau peringkat yang lebih tinggi pada halaman pencarian. Jika Anda berhasil mendapat peringkat tinggi di mesin pencari, semakin banyak audiens yang akan mengklik konten Anda.

6. Guest blogging

Guest blogging adalah strategi untuk meningkatkan traffic dengan menulis konten yang nantinya akan dipublikasikan di blog atau media online orang lain.

Strategi Guest blogging ini berjalan dua arah. Ini berarti Anda dapat mempublikasikan konten Anda di web atau media online.

Dan sebaliknya, orang lain dapat mempublikasikan konten mereka di situs web atau media online Anda. Namun Anda juga perlu menerapkan strategi yaitu memilih media online atau website yang memiliki traffic lebih tinggi.

Selain itu, Anda juga harus membuat konten yang berkualitas. Dan jangan sampai link anda terlalu banyak karena bisa dianggap spamming.

7. Memaksimalkan SEO On Page dan Off Page

Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa trafik organik adalah sumber trafik website terbesar. Oleh karena itu Anda harus menerapkan teknik SEO dengan sebaik-baiknya.

Ada dua jenis SEO yaitu On-Page SEO dan Off-Page SEO.

Keduanya sangat penting untuk dioptimalkan.
Konten ramah SEO adalah konten ramah manusia. Meski menerapkan teknik SEO, Anda tetap bisa membuat konten yang mudah dipahami orang.

8. Berikan informasi yang lengkap

Berapa panjang artikel Anda? Apakah 300, 500, 600 atau lebih dari 1.000 kata? Menulis konten yang berkualitas memang penting, tetapi Anda juga harus memperhatikan jumlah kata yang Anda tulis.

Ternyata panjangnya artikel juga menjadi salah satu penilaian Google. Artikel yang lebih panjang dianggap memiliki informasi yang lengkap dan memberikan jawaban yang dicari audiens.
Namun jangan sampai artikel Anda tidak berkualitas. Kuantitas dan kualitas konten harus seimbang.

9. Meningkatkan kecepatan situs

Kenyamanan pengunjung adalah salah satu hal yang ingin diberikan oleh Google. Salah satu aspek yang membuat pengunjung nyaman adalah kecepatan akses situs.

Semakin cepat situs, semakin puas audiens mengunjungi situs Anda. Pastinya Anda kesal saat mengakses situs yang lambat? Oleh karena itu perhatikan kecepatan loading situs.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan misalnya dengan CDN.

10. Buat situs mobile friendly

Ternyata 50% lebih audience yang mencari informasi atau menjelajah dunia maya menggunakan perangkat mobile, sisanya menggunakan PC, laptop dan perangkat lainnya.
Oleh karena itu, Anda harus membuat situs yang mobile friendly. 

Lalu seperti apa tampilan situs website yang mobile friendly?

Tampilan mobile friendly harus menyediakan tampilan yang secara otomatis menyesuaikan dengan ukuran perangkat. Agar pengunjung tidak repot menggeser layar dengan cara mencubit layar.

Jika Anda sudah memahami cara meningkatkan traffic website, maka langkah selanjutnya adalah mempraktekkannya satu per satu. Perlu diketahui bahwa upaya meningkatkan traffic tidak bisa dilakukan dalam semalam.

Anda perlu memiliki tekad yang kuat dalam menjalankan bisnis di atas. Namun jangan lupa bahwa sebaik apapun Anda melakukan teknik di atas, tidak akan berhasil jika konten yang Anda buat tidak berkualitas. Jadi jaga kualitas konten nomor satu ya..

Posting Komentar