Telepon: 8 Tips Menghemat Baterai Smartphone Anda dan Memperpanjang Umurnya

Daftar Isi
Sering kehabisan baterai sementara permintaan tinggi, smartphone harus dicolokkan dengan sangat cepat. Berikut adalah beberapa tips agar Anda tidak berakhir tanpa telepon karena kekurangan biaya. Batang baterai 20% disilangkan. Padahal ini baru tengah hari.

Tips dan trik menghemat daya baterai pada smartphone sebelum mati

Lihat tips dan trik ini untuk menghemat daya ponsel Anda sebelum mati.

Perbarui ponsel cerdas Anda dan aplikasinya secara teratur

Aplikasi yang terdapat di smartphone kita menghabiskan banyak energi, jika Anda tidak mengelolanya dengan benar. Mulailah dengan memperbarui telepon Anda, serta aplikasinya. Karena pengembang sering menerapkan modifikasi yang tujuannya adalah agar kreasi mereka lebih hemat energi, demikian menurut Europ Assistance.

Nonaktifkan penyegaran latar belakang

Anda kemudian dapat melihat aplikasi mana yang berjalan di latar belakang, dan mematikan penyegarannya. Hal ini sering terjadi pada aplikasi perpesanan, jejaring sosial. Aplikasi ini adalah aplikasi yang secara teratur mengirimkan pemberitahuan kepada Anda. Bagi yang tidak perlu, Anda dapat menonaktifkan fitur ini di pengaturan aplikasi.

Nonaktifkan setelan berbagi dan koneksi

Pengaturan yang memungkinkan interaktivitas telepon akan menghabiskan banyak baterai. Oleh karena itu perlu dipikirkan, ketika tidak berguna, untuk menonaktifkan Wifi, Bluetooth, lokalisasi dan NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pembayaran tanpa kontak atau validasi tiket transportasi melalui smartphone.

Turunkan kecerahan

Kecerahan layar seringkali otomatis. Tetapi Anda dapat memilih sendiri tingkat intensitas cahaya (dan menonaktifkan penyesuaian otomatis di pengaturan perangkat). Semakin rendah kecerahan, semakin banyak baterai yang Anda hemat

Aktifkan Mode Tidur Otomatis

Anda juga dapat mengaktifkan auto-sleep, dan mengaturnya agar layar mati dalam waktu singkat. Anda dapat menyesuaikannya dari 15 detik tidak aktif.

Aktifkan Mode pesawat di tengah malam

Selain menghindari panggilan yang mengganggu, mengaktifkan mode pesawat di malam hari akan menghemat banyak baterai jika Anda tidak mengisi daya perangkat. Anda juga dapat mematikannya, jika Anda tidak memerlukan jam alarm.

Isi daya ponsel Anda secara teratur

Untuk menghemat baterai ponsel Anda dalam jangka panjang, penting untuk mengisi daya dengan benar. Ingatlah untuk mengisi ulang secara teratur, karena tidak seperti baterai berbasis nikel lama, Anda tidak perlu menunggu sampai kosong untuk menghubungkan perangkat. 

Baterai lithium tidak mentolerir tingkat pengisian yang terlalu rendah. Demikian juga waktu pengisian yang disarankan adalah 2 jam. Mengisi daya perangkat Anda dalam semalam tidak disarankan, khususnya karena risiko kegagalan fungsi dan kebakaran, tetapi juga karena telepon diisi hingga 100% dalam dua jam. 

Gunakan kabel yang benar

Seringkali, kita tergoda untuk menggunakan charger komputer untuk smartphone kita, dan sebaliknya. Namun, itu merusak baterai perangkat Anda. Risikonya signifikan: telepon dapat menjadi terlalu panas, baterai dapat rusak, dan, dalam kasus terburuk, dapat menyebabkan kebakaran di rumah Anda.
Semoga bermanfaat..

Posting Komentar