Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jasa Besar Guru Ngaji di Kampung Kita, Inilah Doa untuk Para Guru

Jika kita cermati dengan seksama, mungkin poin-poin berikut ini bisa menjadi bahan renungan, khususnya bagi kita yang pernah diajari oleh guru ngaji di kampung kita.

Berdasarkan fakta dan realitanya, mungkin guru ngaji kita adalah seorang pria tua dengan kopyah atau songkok hitam yang sudah usang, atau bisa jadi dia adalah seorang ustadz yang sederhana, tidak rupawan, tidak ahli berceramah, tidak bertitel, tidak terkenal banyak orang seperti ustadz di TV, radio dan koran, dan bahkan mungkin penampilannya kampungan. 

Jadi sudah jelas, kemungkinan besar guru ngaji di kampung kita tidak pernah diperhitungkan dimata dunia. Namun ingatlah jasa-jasa luar biasa beliau terhadap kita, agama dan kampung kita. 

Berikut 8 jasa besar guru ngaji kita yang tidak bisa dinilai dengan materi.

1. Jika iman adalah jalan keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat, maka ingat, guru ngaji kita lah yang telah menanamkan iman pada kita.

2. Jika isi otak, hati dan jiwa manusia lebih utama daripada isi perut manusia, maka ingat, guru ngaji kitalah yang telah mengisi ilmu dan ruhiyah otak, hati dan jiwa kita. 

3. Jika surga adalah ukuran suksesnya manusia. Maka ingat, guru ngaji kitalah yang gigih mengarahkan kita ke jalan surga

4.Jika sebagian orangtua hanya menyuruh kita beribadah, maka guru ngajilah yang mengajarkan kita segala macam tata cara beribadah

5. Jika Al-Qur'an adalah pedoman hidup kita, nikmat membacanya, mentadabburi dan mengamalkannya, maka ingatlah bahwa guru ngaji kitalah yang dulu susah payah memperjuangkannya.

6. Jika dekat dengan Allah adalah sebaik-baiknya keadaan, maka ingat, guru ngaji kitalah yang berusaha keras mendekatkan kita kepadaNYA. 

7. Jika sekarang kita mensyukuri kesalehan diri, pasangan dan keturunan, maka ingat, guru ngaji kitalah yang menjadi asbab kesolehan kita. 

8. Jika karena akhlak kita orang-orang menyukai kita, banyak teman, banyak saudara dimudahkan segala perkara, maka ingat, guru ngaji kitalah yang mengajarkan akhlak mulia kepada kita.

Doa mohon ampunan untuk kyai atau guru ngaji kita

"Ya Allah, ampunilah para guru kami dan orang yang telah mengajarkan kami. Sayangilah mereka, muliakanlah mereka dengan ridhamu yang agung, di tempat yang disenangi di sisiMu, wahai dzat yang maha penyayang"

Semoga ilmu yang telah diajarkan kepada kita akan terus bermanfaat dan bisa kita amalkan terus sampai saatnya kita menghadap sang ilahi. Dan insya Allah ilmu yang diajarkan oleh guru ngaji kita akan menjadi amal jariyah untuk beliau sampai hari kiamat nanti aamiiin..

Terima kasih kyaiku, terima kasih guru ngajiku..

Posting Komentar untuk "Jasa Besar Guru Ngaji di Kampung Kita, Inilah Doa untuk Para Guru"