cfFp0twC8a3yW2yPPC8wDumW5SuwcdlZsJFakior
Bookmark

Ada Berapa Jumlah Takbir Dalam Khutbah 'IED, Pada Khutbah Pertama dan Kedua

Jika ada pertanyaan, bagaimana hukum dan jumlah takbir dalam Khutbah ‘Ied, berikut ini penjelasannya berdasarkan kitab ulama salaf.

يستحب للـخطيب التكبير في خطبة العيد قبل الخطبة الأولى تسعا وقبل الخطبة الثانية سبعا وهذا قول أكثر اهل العلم.

جاء في كتاب الأم للشافعي -1/ 397 - أخبرنا الربيع قال: أخبرنا الشافعي: "السنة في التكبير يوم الأضحى والفطر على المنبر قبل الخطبة، أن يبتدئ الإمامقبل أن يخطب، وهو قائم على المنبر، بتسع تكبيرات تترى، لا يفصل بينها بكلام، ثم يخطب، ثم يجلس جلسة، ثم يقوم في الخطبة الثانية فيفتتحها بسبع تكبيرات تترى لا يفصل بينها بكلام، ثم يخطب "

قال ابن قدامة في المغني 2/239 :"فإنصفة الخطبتين كصفة خطبتي الجمعة إلا أنه يستفتح الأولى بتسع تكبيرات متواليات، والثانية بسبع متواليات، قال القاضي: وإن أدخل بينهما تهليلا أو ذكرا فحسن…. .

"Dianjurkan bagi seorang khatib bertakbir pada khutbah ‘Ied, yaitu 9 kali takbir sebelum khutbah pertama dan 7 kali takbir sebelum khutbah kedua. Demikian pendapat mayoritas ulama."

"Dalam kitab al-Umm karya Imam Syafi’I (juz.1, hal.397) disebutkan: ar-Rabi’ meriwayatkan kepada kami, ia berkata: Imam Syafi’I meriwayatkan kepada kami: “Sunnah bertakbir pada ‘Idul Adha dan ‘Idul Fitri diatas mimbar sebelum khutbah. Sebelum imam memulai khutbah berdiri di atas mimbar, ia bertakbir dengan 9 takbir berturut-turut, tidak diselingi kata-kata, kemudian berkhutbah. Kemudian duduk. Kemudian tegak pada khutbah kedua, diawali dengan tujuh takbir berturut-turut, tidak diselingi kata-kata, kemudian berkhutbah."

Imam Ibnu Qudamah berkata dalam kitab al-Mughni (2/239): “sesungguhnya sifat dua khutbah (Idul Adha dan Idul Fitri) sama seperti khutbah jum’at, hanya saja diawali pada khutbah pertama dengan 9 takbir berturut-turut dan pada khutbah kedua dengan 7 takbir berturut-turut”.

Al-Qadhi berkata: “Jika diantara keduanya diisi dengan tahlil atau zikir, maka itu baik”.

Kesimpulan:
  1. Hukum takbir dalam Khutbah ‘Ied adalah Sunnah, berdasarkan pemahaman dari sumber kitab di atas
  2. Jumlah takbir Ada 9 kali pada khotbah pertama dan jumlah takbir Ada tujuh kali pada khotbah kedua
  3. Pelaksanaan takbir pada setiap khotbah bisa dilakukan secara berturut-turut dan bisa juga dengan diselingi bacaan tahlil atau dzikir di antara takbir tersebut.


Posting Komentar

Posting Komentar

close