Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peziarah Berduyun-duyun ke Mekah Untuk Haji Terbesar Sejak Pandemi

Arab Saudi telah menyambut satu juta orang, termasuk 850.000 dari luar negeri, untuk haji setelah dua tahun dibatasi jumlahnya karena adanya pandemi Covid-19.

Haji adalah pilar utama Islam yang harus dilakukan oleh semua Muslim yang berbadan sehat setidaknya sekali. (A A)

Jamaah berjubah putih dari seluruh dunia telah memadati jalan-jalan Mekah ketika kota paling suci Islam bersiap untuk menjadi tuan rumah ziarah haji terbesar sejak pandemi coronavirus.

Spanduk menyambut umat, termasuk pengunjung internasional pertama sejak 2019, menghiasi alun-alun dan gang, sementara pasukan keamanan bersenjata berpatroli di kota kuno, tempat kelahiran Nabi Muhammad.

"Ini adalah kebahagiaan murni," kata peziarah Sudan Abdel Qader Kheder di Mekah, menjelang acara yang diperkirakan akan dimulai pada Rabu.

"Saya hampir tidak percaya saya ada di sini. Saya menikmati setiap momen."

Satu juta orang, termasuk 850.000 dari luar negeri, diizinkan melakukan ibadah haji tahun ini setelah dua tahun jumlahnya berkurang drastis karena pandemi.

Setidaknya 650.000 peziarah luar negeri telah tiba sejauh ini di Arab Saudi untuk berkumpul di kota suci selama beberapa hari ritual di mana mereka menelusuri kembali ziarah terakhir Nabi Muhammad, kata pihak berwenang pada hari Minggu.

Haji adalah rukun Islam yang terakhir. Empat lainnya adalah: Syahadat (pengakuan iman), Salat (doa harian), zakat/sedekah dan puasa dari fajar hingga senja selama bulan suci Ramadhan

Ritual ibadah haji mulai dari awal sampai akhir

Peziarah pertama-tama harus memasuki keadaan suci, yang disebut ihram, yang membutuhkan pakaian khusus (baju ihram) dan perilaku khusus.

Pria mengenakan pakaian putih mulus seperti kain kafan yang menekankan persatuan, terlepas dari status sosial atau kebangsaan. Wanita harus mengenakan gaun longgar, juga putih, hanya memperlihatkan wajah dan tangan mereka.

Peziarah tidak diperbolehkan berdebat atau bertengkar dan dilarang memakai wewangian, memotong kuku, atau mencukur rambut atau janggut.

Muslim berbalik ke arah Ka'bah untuk berdoa, di mana pun mereka berada di dunia. (A A)

Tawaf (berjalan mengelilingi Ka'bah 7 kali)

Ritual pertama mengharuskan berjalan tujuh kali mengelilingi Ka'bah, struktur kubus hitam besar di tengah Masjidil Haram.

Terbuat dari granit dan terbungkus kain berbordir berat yang menampilkan ayat-ayat Alquran, Ka'bah berdiri setinggi hampir 15 meter (50 kaki).

Struktur ini dikatakan pertama kali didirikan oleh Nabi Adam dan kemudian dibangun kembali oleh Abraham (Nabi Ibrahim) pada sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Tahun 2022 ini, satu juta peziarah yang divaksinasi di bawah usia 65 tahun akan menghadiri haji di bawah kondisi sanitasi yang ketat. (A A)

Sa'i (berlari-lari kecil atau berjalan 7 kali di antara dua titik bukit Sofa dan Marwah)

Peziarah selanjutnya berjalan tujuh kali di antara dua titik batu di masjid.

Bermalam di Mina

Mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke Mina, sekitar lima kilometer (tiga mil), menjelang ritus utama haji di Gunung Arafat.

Wuquf di Arafah 

Puncak dari haji adalah berkumpulnya di Gunung Arafat, sekitar 10 kilometer (enam mil) dari Mina, di mana diyakini bahwa Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhirnya. Pada hari tersebut disunahkan berpuasa Arafah bagi para jamaah haji maupun umat Islam yang tidak berhaji.

Peziarah berkumpul di bukit setinggi 70 meter (230 kaki) dan dataran sekitarnya selama berjam-jam untuk berdoa dan membaca Alquran, tinggal di sana sampai malam.

Setelah matahari terbenam, para peziarah pergi ke Muzdalifah, di tengah-tengah antara Arafat dan Mina, di mana mereka mengumpulkan beberapa lusin kerikil sehingga mereka dapat melakukan "rajam setan" secara simbolis.

Melempar jumroh 

Ritual besar terakhir haji adalah kembali di Mina, di mana para peziarah melemparkan tujuh batu ke masing-masing dari tiga dinding beton besar yang melambangkan Setan.

Ritual tersebut merupakan peniruan dari rajam Nabi Ibrahim terhadap setan di tiga tempat di mana dikatakan bahwa setan mencoba menghalanginya untuk mematuhi perintah Allah (Tuhan) untuk mengorbankan putranya, Ismail.

Setelah rajam pertama, hari raya kurban Idul Adha dimulai, menandai berakhirnya haji. Domba disembelih, mengacu pada domba yang disediakan Allah untuk dikorbankan, bukan Ismail.

Bertahallul (mencukur rambut)

Pria kemudian mencukur rambut mereka atau memotong rambut mereka, sementara wanita memotong rambut mereka sepanjang ujung jari.

Para peziarah kemudian dapat berganti pakaian kembali menjadi pakaian biasa, kembali mengelilingi Ka'bah dan menyelesaikan ritual lempar batu sebelum pulang.
Semua Muslim diharapkan untuk menyelesaikan haji ke Mekah, setidaknya sekali dalam hidup mereka jika mereka memiliki sarana untuk melakukannya. (A A)


Sumber: TRTWorld dan agensi

Posting Komentar untuk "Peziarah Berduyun-duyun ke Mekah Untuk Haji Terbesar Sejak Pandemi"

close