Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejak kapan Hagia Sophia disebut masjid Erdogan, Bukan Meseum

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pernah mengatakan bahwa wisatawan yang akan datang mengunjungi masjid di Istanbul akan mengunjungi "Hagia Sophia bukan lagi sebagai museum, tetapi sebagai masjid."
Museum Hagia Sophia Istanbul akan disebut masjid mulai sekarang, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Rabu.

"Hagia Sophia tidak akan lagi disebut museum. Statusnya akan berubah. Kami akan menyebutnya masjid," kata Erdogan saat siaran langsung di televisi.

Wisatawan yang akan datang mengunjungi masjid di Istanbul akan mengunjungi "Hagia Sophia bukan sebagai museum, tetapi sebagai masjid," kata presiden.

Mengecam kritik atas keputusan pejabat asing, Erdogan mengingat kebisuan mereka atas serangan terhadap Masjid Al Aqsa Yerusalem.

"Mereka yang tetap diam ketika Masjid Al Aqsa diserang, diinjak-injak, jendelanya pecah, tidak bisa memberi tahu kami apa yang harus dilakukan tentang status Hagia Sofia," katanya.

Hagia Sophia menjadi Keajaiban Dunia ke delapan.

Hagia Sophia, dijuluki "Keajaiban Dunia Kedelapan" oleh para sejarawan, adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di dunia dalam hal sejarah seni dan arsitektur.

Dibangun pada tahun 537 M, tempat ini terkenal dengan kubahnya yang besar. Itu adalah keajaiban teknik, bangunan terbesar di dunia pada saat itu. Sejarawan menganggapnya sebagai titik tertinggi arsitektur Bizantium.

Dari tahun 537 hingga 1453, ia berfungsi sebagai katedral Ortodoks Timur dan kursi Patriark Ekumenis Konstantinopel, kecuali antara 1204 dan 1261, ketika Tentara Salib Keempat mengubahnya menjadi katedral Katolik Roma di bawah Kekaisaran Latin. Itu berfungsi sebagai gereja Kristen selama 916 tahun.

Ketika Ottoman mengambil kota, Fatih Sultan Mehmet mengubah Hagia Sophia menjadi masjid pada tahun 1453. Status itu selama 482 tahun hingga 1935, ketika pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk, mengubahnya menjadi museum.

Setelah pekerjaan restorasi selama era Ottoman dan penambahan menara oleh arsitek Mimar Sinan, Hagia Sophia menjadi salah satu monumen arsitektur dunia yang paling penting. Dengan dekrit Erdogan, itu akan kembali disebut masjid.

Posting Komentar untuk "Sejak kapan Hagia Sophia disebut masjid Erdogan, Bukan Meseum"

close