Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah Satu Masjid Paling Awal yang Diketahui Ditemukan di Gurun Israel, Kata Para Ahli

masjid paling awal yang diketahui ditemukan di gurun Israel, kata para ahli
Peninggalan yang diperkirakan berusia lebih dari 1.200 tahun menjelaskan transisi kawasan dari Kristen ke Islam, kata para pejabat

Para arkeolog Israel telah mengungkap sebuah masjid kuno yang langka di selatan negara itu yang menurut para pejabat barang antik menjelaskan transisi kawasan itu dari Kristen ke Islam.

Sisa-sisa masjid, diyakini berusia lebih dari 1.200 tahun, ditemukan selama pekerjaan untuk membangun lingkungan baru di kota Badui Rahat, Otoritas Barang Antik Israel (IAA) mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Masjid, yang terletak di gurun Negev, berisi ruangan persegi dan dinding yang menghadap ke arah Mekah, dengan ceruk setengah lingkaran di dinding itu mengarah ke selatan, kata IAA.

Pemandangan udara dari masjid kuno yang baru ditemukan di kota Badui Rahat. Foto: Menahem Kahana/AFP/Getty Images
"Fitur arsitektur yang unik ini menunjukkan bahwa bangunan itu digunakan sebagai masjid," kata pihak berwenang, mencatat bahwa itu mungkin menampung beberapa lusin jamaah sekaligus.

Tidak jauh dari masjid, sebuah “bangunan mewah” juga ditemukan, dengan sisa-sisa peralatan makan dan artefak kaca yang menunjukkan kekayaan penghuninya, kata IAA.

Tiga tahun lalu, pihak berwenang menemukan masjid lain di dekatnya dari era yang sama pada abad ketujuh hingga kedelapan Masehi, menyebut dua tempat ibadah Islam itu “di antara yang paling awal dikenal di seluruh dunia”.

Sumber: theguardian.com