Bagaimana Cara Melihat Perangkat yang Terhubung ke Wifi Saya?

Daftar Isi

Hanya dalam beberapa klik, Anda dapat memeriksa daftar semua perangkat yang terhubung ke jaringan internet Anda. Ikuti tips berikut ini.


Apakah koneksi internet Anda berfungsi lebih lambat? Anda ingin memutus koneksi untuk perangkat tertentu yang terhubung pada wifi Anda untuk meningkatkan jaringan, tetapi Anda tidak tahu mana yang terhubung? Untungnya, ada tips untuk memeriksa koneksi saat ini dan/atau masa lalu.

Temukan alamat IP jaringan

Apakah Anda menggunakan Internet di komputer, ponsel cerdas, atau tablet Anda, hal pertama yang harus dilakukan untuk mengakses data jaringan WiFi Anda adalah menemukan alamat IP (Protokol Internet) yang terkait dengannya. 

Pada smartphone, manuver seringkali cukup sederhana, karena alamat IP ditunjukkan dalam menu jaringan dan internet dalam pengaturan perangkat Anda, atau di bagian "tentang" telepon, lalu "informasi tentang status atau kondisi": Judulnya bervariasi tergantung pada model.

Jika Anda menggunakan komputer Windows, buka menu Pengaturan, lalu pilih Jaringan dan Internet lalu WiFi. Klik pada jaringan tempat Anda terhubung dan alamat IP akan muncul di bagian Properties. 

Di komputer Mac, buka menu Apple dan masukkan menu System Preferensi. Klik pada bagian jaringan, lalu pilih jaringan Anda dari daftar yang muncul, alamat IP akan muncul di kotak dialog.

Akses Halaman Administrator Router

Setelah alamat IP Anda diidentifikasi, Anda harus mengakses halaman administrator router WiFi Anda. Di browser web Anda (Mozilla, Chrome, Edge, Safari, Internet Explorer, dll.), Masukkan bilah alamat alamat IP Anda. Kemudian buka halaman web pabrikan router di mana ada formulir akses. Anda harus memasukkan nama pengguna dan kata sandi dari akun pengguna WiFi Anda (jika Anda belum pernah melakukannya di masa lalu, data yang telah ditentukan harus disediakan dalam dokumentasi router). Hati -hati, jika Anda telah melupakan pengidentifikasi ini dan ingin mengatur ulang router Anda, itu akan kembali ke pengaturan pabriknya dan Anda juga akan kehilangan semua pengaturan Anda.

Akses perangkat yang terhubung

Setelah Anda mengakses akun yang terkait dengan router Anda, Anda harus memiliki akses ke submenu yang didedikasikan untuk perangkat yang terhubung ke jaringan wifi Anda yang judulnya dapat bervariasi dari satu model ke model lain (tetapi kami umumnya menemukannya dengan nama "perangkat yang terhubung" atau " nirkabel ").

Dari sana, Anda akan dapat melihat perangkat mana yang terhubung ke jaringan WiFi Anda dan Anda dapat memilih untuk melewatkannya. Jika Anda menemukan bahwa perangkat yang tidak diketahui parasitisasi koneksi Anda, jangan ragu untuk mengubah kata sandi WiFi Anda, demi untuk mencegah kecelakaan yang lebih parah.

Posting Komentar