Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahala Shalat Ba'diyah Isya Lebih Besar Dari Sholat Tarawih, Begini Alasannya

Dalam bulan suci ramadhan ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah, keimanannya bertambah kuat kepada Allah SWT. 

Karena dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, banyak peluang untuk mendapatkan pahala yang besar. Jadi jangan sampai terlewatkan begitu saja. 

Selain difardhukan untuk berpuasa, dalam bulan Ramadhan ini umat muslim juga disunnahkan untuk menjalankan ibadah shalat tarawih setiap malam selama satu bulan penuh. 

Namun, ada shalat sunnah yang sering kali diremehkan dan diabaikan oleh umat muslim. Padahal shalat sunnah tersebut pahalanya lebih besar dari shalat sunnah tarawih. Salat sunnah yang dimaksud adalah shalat ba'diyah isya. 

Seperti diketahui dan telah diamalkan oleh kaum muslim, mereka biasanya menunaikan shalat ba'diyah isya terlebih dahulu. Shalat tersebut dilakukan setelah selesai shalat isya dan berzikir dan sebelum melaksanakan salat tarawih.

Menurut Buya Yahya melalui unggahan video di kanal Al-Bahjah TV, bahwa shalat ba'diyah isya sebenarnya bisa dilakukan selesai shalat tarawih sekali pun. Ibadah ini waktunya terbentang hingga menjelang waktu subuh. 

Jadi sebisa mungkin umat muslim tetap mengutamakan shalat ba'diyah isya karena pahalanya jauh lebih besar ketimbang shalat tarawih. 

Anehnya, banyak kaum muslim yang meninggalkan ba'diyah isya dan langsung melaksanakan tarawih. Padahal lebih bagus shalat ba'diyah isyanya. Mungkin orang yang melakukan seperti itu karena belum mengerti ilmunya.

Mengapa salat ba'diyah isya pahalanya lebih besar ketimbang salat tarawih. 

Sholat ba'diyah isya itu termasuk shalat sunnah rawatib. Jadi tidak bisa dikalahkan dengan shalat tarawih. Sebab tarawih itu martabatnya di bawah ba'diyah isya. Kalau orang alim pasti ngerti dan akan mendahulukan ba'diyah isya. 

Pernyataan Buya Yahya tersebut telah memantik perhatian masyarakat. Banyak diantara mereka yang memberikan respon positif dan berterima kasih karena telah diberi penjelasan terkait keutamaan shalat ba'diyah isya.