Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Terjemahan: Keutamaan dan Manfaatnya

Video Lantunan ayat Kursi Merdu☝️

Ayat kursi merupakan ayat yang ke-255 dari surat Al Baqoroh. Dalam sejumlah hadits disebutkan bahwa ayat kursi mempunyai banyak keutamaan dan keistimewaan di dalamnya.

Teks Arab bacaan ayat Kursi

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمٰوٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَؤُۥدُهُۥحِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِيُّ ٱلْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal-hayyul qoyyuum. Laa ta’ khudzuhuu sinatuw wa laa na’uum, lahuu maa fissamaawaati wa maa fil-ardh, man dzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi-idznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiithuuna bisyai-im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa'. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal-ardh, wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa wa huwal-'aliyyul-'azhiim.

Artinya:

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Manfaat dan keutamaan membaca ayat Kursi

Syekh Ali Jaber (Rahimahullah) dalam salah satu kajiannya pernah menyampaikan bahwa membaca ayat kursi setelah sholat dapat membawa banyak kebaikan. Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadits, bahwa Rasulullah SAW menyampaikan bahwa siapa saja yang istiqamah membaca ayat kursi setelah selesai sholat fardhu, maka surga adalah jaminannya.

“Man qara-a ayatal-kursiyyi dubura kulli shalatin maktubah, lima yamna’hu min dukhulil-jannati illa an yamuut,”.

Yang artinya, “Barang siapa yang membaca ayat kursi setiap selesai sholat fardhu, maka tidak ada yang dapat menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian,”.

Dengan membaca 1 ayat kursi saja sudah demikian besar manfaatnya, lalu bagaimana kira-kira besarnya manfaat jika kita Istiqomah membaca surat Al Baqarah atau surat lainnya. Dan bagaimana lagi kalau membaca khatam satu Alquran? 

Maka dari itu, Syekh Ali Jaber juga berpesan agar sesibuk apapun kita, supaya kita selalu menyempatkan diri untuk membaca ayat kursi setelah sholat fardhu. Adapun untuk bacaan tasbih, tahmid dan takbir dapat dibaca setelahnya.

Tips Istiqomah berdzikir bagi orang yang sibuk

Apapun kesibukan dan aktivitas kita yang membuat kita tidak bisa bertahan lama di tempat sholat, sehingga kita terburu-buru, maka usahakan setelah sholat fardhu untuk istiqomah membaca istighfar, allahumma antassalam waminka salam dan seterusnya lalu ayat kursi. Adapun dzikir lain seperti tasbih, tahmid dan takbir bisa kita lakukan sambil berjalan.

Jadi usahakan jangan sampai tertinggal bacaan ayat kursi setelah sholat fardhu. Karena jaminannya adalah masuk surga. Dan tidak ada yang bisa mengahalanginya kecuali menunggu mati.

Ayat Kursi juga dianjurkan untuk dibaca sebagai amalan sebelum kita tidur dan setelah bangun tidur. Sebab manfaat lain dari membaca ayat kursi adalah agar kita terjaga dari gangguan jin dan setan.

Apalagi kalau dibacakan ayat kursi ketika mau tidur, maka akan dijaga Allah dan tidak akan didekati setan,” kata Ali Jaber.

Jika anak-anak kita sudah tertidur namun belum sempat baca ayat kursi, maka kita bisa membacakan sambil mengusap kepalanya dan badannya supaya senantiasa dalam lindungan Allah, dan tidak didekati oleh setan.

Al-Mahamily meriwayatkan dalam kitab Fawaid, dari ibnu mas’ud ia berkata. Seseorang berkata, “Wahai Rasulullah SAW, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang Allah memberi manfaat kepadaku dengannya, Rasulullah menjawab, bacalah ayat kursi maka sesungguhnya ia menjagamu, menjaga keturunanmu dan menjaga rumahmu sampai rumah-rumah di sekitar rumahmu.”

Wallahu a'lam..