Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Waktu 1 Jam Setelah Subuh, Apa Saja yang Perlu Dibiasakan?

Ada apa dengan waktu sesudah subuh, khususnya satu jam setelah Subuh? Satu jam setelah subuh menjadi saat yang menentukan arah tujuan hidup kita. Oleh karena itu, apa saja yang perlu kita kerjakan pada 1 jam setelah subuh?

Hal yang perlu dilakukan pada 1 jam setelah subuh

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan setelah kita melakukan salat subuh, khususnya pada 1 jam sesudah subuh.

1. Jangan tidur setelah subuh

Alasannya sederhana, bahwa tidur setelah Subuh diyakini akan menutup banyak pintu rejeki. Selain itu juga bisa membuat tubuh kita menjadi lemas. Jika seandainya kita merasa terlalu letih, tunggulah sejenak sampai waktu sekitar pukul 07.00 pagi ke atas baru kemudian boleh istirahat.

2. Biasakan untuk mandi dan bersihkan diri.

Dengan mandi atau minimal wudhu sebelum sholat subuh dan setelah subuh akan membantu tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Dan juga bisa membuat kita lebih awet muda. InshaAllah..

3. Sarapan

Biiasakan sarapan, atau makan di pagi hari, walaupun hanya sedikit (kecuali jika sedang berpuasa). Karena dengan sarapan, insyaallah akan membuat sistem pencernaan, sel-sel otak, serta sistem imunitas kita bekerja dengan lebih baik. Makan sedikit roti pun tak apa-apa. Lalu ditambah minum susu akan lebih mantap. 

4. Baca Al-Quran, Zikir atau Sholawat

Ini juga sangat penting khususnya bagi kaum muslim. Bisa dengan cara melakukannya sendiri atau mendengarkan murottal atau ceramah juga tidak masalah. Kegiatan ini bisa kita niatkan untuk memberikan "sarapan atau santapan" terhadap rohani kita. 

Demikian beberapa hal yang perlu kita lakukan setelah sholat Subuh, terutama pada 1 jam setelah subuh.

Jika hal tersebut rutin kita lakukan setiap hari, maka insyaAllah hidup kita akan menjadi lebih bermanfaat dan bernilai ibadah. Dampaknya, kita akan lebih siap dan lebih bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari.

Diriwayatkan dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.”  (HR. Muslim no. 1893)

Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Pentingnya Waktu 1 Jam Setelah Subuh, Apa Saja yang Perlu Dibiasakan?"

close