Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Nasehat Penting Abuya Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki

Sebagaimana telah diketahui, beliau Abuya as-Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas al-Maliki al-Hasani adalah salah satu Muhaddits dan Imam Ahlu Sunnah Wal Jama'ah pada zamannya. 

Beliau lahir pada tahun 1365 H dan wafat pada tahun 1425 H. Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Rusaifah, Mekah Al Mukaromah.

Beliau telah menyusun banyak sekali kitab sebagai karya ilmiah yang menjadi rujukan hampir seluruh umat Islam di dunia. Dalam karyanya beliau banyak meluruskan paham-paham ekstrim yang tidak sesuai syariat Islam yang sebenarnya.

Beliau pernah berdoa supaya diwafatkan dalam keadaan sedang berpuasa. Dan benar saja, pada hari Jum'at, tanggal 15 Ramadhan, ba’da subuh saat dalam keadaan berpuasa, beliau dipanggil oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Innalillahi wa inna ilaihi Raji'un..

Berikut ini beberapa kumpulan kutipan Kalam Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki

  1. Letakkanlah dunia cukup di tangan dan akhirat di hati, agar dunia senang dibagi-bagi, dan akhirat bisa dibawa mati
  2. Jangan tinggalkan membaca shalawat kepada Rasulullah ﷺ. Karena bacaan shalawat itu merupakan kunci segala kebaikan dan pintu segala keutamaan untuk agama, dunia dan akhirat
  3. Bagiku, pelajar yang gemar berkhidmat lebih baik daripada pelajar yang rajin (belajar)
  4. Melekatnya Ilmu dapat diperoleh dengan cara banyak membaca. Dan barokahnya ilmu dapat di raih dengan cara berkhidmah. Sedangkan manfaatnya ilmu dapat diperoleh dengan adanya restu dari guru
  5. Sebaik-baik amal adalah memenuhi kebutuhan orang lain
  6. Jangan pandang berapa banyak ibadahnya. Namun pandanglah sejauh dan sekuat apa dia bertahan untuk meninggalkan maksiat.
  7. Orang alim tidak cukup dengan ilmunya semata, jika tidak disertai akhlak dan moral yang baik
  8. Kehidupan yang indah adalah jika bisa membantu seseorang dalam beribadah dan melakukan ketaatan
  9. Diantara etika majelis taklim adalah seseorang harus duduk di tempat yang paling dekat baginya (tidak melangkah jauh kedepan)
  10. Aku tidak mempunyai banyak amalan ibadah, aku berharap semoga Allah menerimaku berkat membantu orang lain
  11. Mengagungkan Guru Adalah Bahagian Dari Mengagungkan Ilmu"
Demikian beberapa kalem dari Abuya Sayyid Muhammad Alawi al-maliki. Semoga kita semuanya bisa mangamalkan kalam beliau dan mendapatkan keberkahannya. Aamiin..🤲 

Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki bersama Habib Ahmed Idrus Alhabsyi