Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Muslim Baru, Bagaimana Supaya Bisa Lebih Dekat dengan Allah?

Nabi Muhammad (saw) memberi tahu kita bahwa Tuhan berjanji untuk menjangkau kita berkali-kali sebanyak kita mencoba menjangkau-Nya. Selama upaya kita tulus dan niat kita tulus.

Anda bisa lebih dekat dengan Tuhan melalui serangkaian langkah sederhana, tetapi triknya adalah Anda harus gigih, karena Nabi Muhammad memberi tahu kita bahwa Tuhan menyukai perbuatan baik dan ibadah yang gigih, teratur dan konsisten, bahkan jika itu tidak terlalu rumit, yang penting adalah bahwa mereka menjadi kebiasaan. Sehingga mereka akan memiliki efek yang mengubah hidup. 

Berikut ini 5 langkah indah (amalan) untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Mendekatkan diri kepada Tuhan adalah sesuatu yang harus kita semua upayakan setiap saat, terlepas dari tingkat iman kita. Dan kabar baiknya adalah: itu tidak terlalu sulit.

1- Mengenal Tuhan

Islam Itu Mudah - Jangan Dipersulit. Mulailah hubungan interaktif seumur hidup dengan Tuhan. Tuhan bukan hanya sebuah konsep, Dia benar-benar ada, dan Dia mengenal Anda dan mendengarkan Anda, jadi berbicaralah dengan-Nya dan dengarkan Dia berbicara kepada Anda melalui firman-Nya di dalam Al-Qur'an.

Pelajari tentang-Nya, kenali-Nya melalui 99 nama dan sifat-Nya, baca kitab-Nya, ikuti utusan-Nya, serta pelajari dan terapkan perintah dan larangan-Nya. Ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. 

Anda perlu mendedikasikan waktu dan usaha untuk belajar dan menerapkan sedikit setiap hari dan mengumpulkan pengetahuan dari waktu ke waktu. Dan ingatlah bahwa cara terbaik untuk mempertahankan pengetahuan adalah dengan mempraktekkannya dan mengajarkannya kepada orang lain.

2- Kenali Diri Sendiri

Luangkan waktu setiap hari untuk fokus ke dalam untuk benar-benar mengenal diri Anda yang sebenarnya dan menciptakan kedamaian dengan diri Anda sendiri. Pelajari bagaimana tubuh dan pikiran Anda berfungsi, dan bagaimana emosi Anda bekerja, ini adalah bagaimana Quran memerintahkan kita untuk memulai; dengan melihat keajaiban menakjubkan yang kita sebut tubuh kita.

Cintai diri sendiri dan hargai bagaimana Anda diciptakan agar Anda mencintai Pencipta Anda yang maha agung. Pikirkan mengapa Anda ada di sini dalam hidup ini dan tetapkan tujuan untuk Anda capai sebagai misi. Berikan tujuan dan arah hidup Anda, karena ketika Anda bekerja untuk memenuhi harapan Tuhan tentang Anda, itu pasti akan membuat Anda lebih dekat dengan-Nya.

3- Kenali Lingkungan Anda

Al-Qur'an juga memerintahkan kita untuk melihat ke sekeliling kita pada ciptaan Tuhan yang menakjubkan dan merenungkannya. Kontemplasi adalah ibadah yang sangat dihargai dalam Islam.

Pikirkan diri Anda sebagai bagian dari struktur yang rumit, lingkaran kehidupan, dan mulailah memberi kembali sebanyak yang Anda ambil darinya, tanpa mengharapkan balasan, berikan saja karena rasanya menyenangkan untuk memberi. 

Gunakan energi kuat yang Anda peroleh dari mengenal diri sendiri dan Tuhan Anda untuk berhubungan dengan lingkungan Anda dan berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang dan budaya yang berbeda, baik Muslim & non-Muslim, serta dengan alam, sumber daya, dan waktu.

Menyelaraskan diri dengan Tuhan, diri Anda dan lingkungan Anda akan menghasilkan tingkat kesadaran baru yang memberi makna yang jauh lebih dalam pada segalanya, dan memberi Anda perspektif yang sama sekali baru tentang kehidupan.

Berusahalah untuk proaktif, efektif, sukses, peduli, memberi, rendah hati, jujur, kuat dan penuh kasih, bukan hanya karena ini adalah perilaku yang baik, tetapi karena ini adalah perbuatan baik yang dihargai tinggi dalam Islam. Dan ingat, Anda memiliki contoh praktis yang bagus untuk perilaku teladan dalam diri Nabi Muhammad saw. Al-Qur'an menyebut dia sebagai pemimpin kita bagi Tuhan.

4- Seimbangkan Hidup Anda

Kita semua memiliki 3 bidang dalam hidup kita: diri sendiri, pekerjaan, dan hubungan. Kebanyakan orang fokus pada satu dan mengabaikan dua lainnya, yang mengakibatkan kehidupan yang tegang dan tidak terpenuhi.

Berfokus hanya pada diri sendiri membuat kita egois dan sombong. Berfokus hanya pada pekerjaan membuat kita menjadi mesin materialistis, dan berfokus hanya pada hubungan membuat kita menjadi pencari kesenangan yang tidak berharga.

Islam mengajarkan bahwa ketiganya saling berhubungan dan saling terkait, mereka adalah satu kesatuan, dan kita harus melakukan upaya yang baik ke dalam ketiganya untuk menjalani hidup yang seimbang dan sehat. Anda akan melihat bahwa dalam Al-Qur'an, ketika iman disebutkan, itu selalu dibarengi dengan perbuatan baik, dan dalam tradisi Nabi, perilaku baik didefinisikan sebagai tanda iman yang benar.

Dengan kata lain, mengatur ulang prioritas Anda sesuai dengan ajaran Islam, dan menerapkan prinsip-prinsip Islam dalam setiap aspek kehidupan Anda adalah jalan terpendek Anda menuju Tuhan.

5- Sholat Tepat Waktu

Anda paling dekat dengan Tuhan ketika dahi Anda berada di tanah dalam sujud, dan Tuhan menyukai sholat tepat waktu sebagai amalan terbaik dari seorang mukmin. Membuat ibadah dasar yang Dia amanatkan pada Anda adalah jalan terpendek kepada-Nya menurut Nabi Muhammad. 

Jadi, jadikan ibadah sederhana itu sebagai kebiasaan sehari-hari dengan hati dan pikiran yang benar-benar bersih, terbuka, dan menerima kasih Tuhan. Ini adalah pengalaman yang mengubah hidup.

Dan Allah Maha Mengetahui.
Semoga bermanfaat..

Sumber: aboutislam.net