Memahami Perilaku Pengunjung di Situs Web Anda

Daftar Isi
5 Alat untuk Lebih Memahami Perilaku Pengunjung di Situs Web Anda

Berikut adalah metode dan alat untuk membantu Anda lebih memahami perilaku pengunjung situs web Anda.
Peta panas dan alat analisis web adalah aset nyata untuk menganalisis perilaku pengunjung Anda. © apinan - stock.adobe.com

1. Analisis peta panas halaman web Anda

Apakah Anda ingin tahu bagaimana pengguna menavigasi dan mengklik situs web Anda? Sangat menarik untuk beralih ke solusi peta panas yang mampu membuat peta panas untuk setiap halaman web Anda, tergantung pada navigasi dan klik pengunjung Anda. 

Anda kemudian akan dapat menentukan elemen mana yang menarik perhatian pengunjung Anda. Tetapi juga, sebaliknya, elemen mana yang tidak berkinerja baik dan mana yang menghadapi titik gesekan. 

Jika Anda memiliki situs e-niaga, peta panas ini dapat sangat berguna untuk menganalisis perilaku pengunjung Anda di halaman produk dan di corong pembelian Anda.

Alat peta panas terbaik untuk menganalisis klik di situs web Anda

2. Gunakan alat yang tepat untuk menganalisis audiens Anda

Jika Anda ingin menganalisis perilaku audiens Anda untuk menarik kesimpulan yang berarti, penting untuk mengandalkan alat yang berspesialisasi dalam analisis web.

Misalnya, di Google Analytics, Anda dapat:
  • Analisis navigasi pengunjung Anda: di bagian Alur Perilaku > Perilaku, Anda dapat menganalisis jalur yang diikuti oleh pengguna yang tiba di situs web Anda melalui saluran tertentu, dan dengan demikian mengidentifikasi laman web yang paling banyak keluar (tempat orang meninggalkan situs web Anda). lokasi).
  • Pantau lalu lintas waktu nyata di halaman Anda: di bagian Waktu Nyata > Ikhtisar, Anda dapat melihat langsung halaman web yang paling banyak dikunjungi, yang paling menarik minat audiens Anda pada waktu tertentu.
  • Identifikasi halaman yang paling banyak dikunjungi: di bagian Perilaku > Konten Situs. Anda memiliki akses ke banyak data: jumlah kunjungan per halaman web, waktu rata-rata yang dihabiskan oleh pengguna Internet pada satu halaman, rasio pentalan, dll.
  • Analisis klik pada CTA Anda (atau tautan lainnya): selain halaman web yang dikunjungi, Anda dapat mengetahui jumlah klik pada CTA Anda melalui bagian berikut: Perilaku > Peristiwa (dengan konfigurasi yang diperlukan di hulu).
  • Analisis konversi Anda: di bagian Konversi > Sasaran. Anda perlu menetapkan tujuan hulu seperti: pembelian yang dilakukan di situs web Anda atau formulir kontak yang dikirim. Setelah tujuan ditentukan, tujuan tersebut akan dihitung oleh Google Analytics dan Anda akan menemukannya di bagian khusus.
  • Baik untuk diketahui: Google Analytics adalah alat paling terkenal untuk menganalisis situs web Anda, tetapi sekarang ada banyak alternatif menarik termasuk Matomo, Piwik Pro, atau AT Internet Analytics Suite.

3. Lakukan tes pengguna

Mungkin bijaksana untuk melakukan beberapa tes pengguna dengan skenario yang telah ditentukan sebelumnya. Yang terbaik adalah melakukan tes ini dengan orang yang tidak mengetahui situs Anda untuk menghindari hasil yang bias. 

Tujuannya: mengidentifikasi pengoptimalan untuk diterapkan di situs web Anda, dan mengurangi gesekan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. 

Misalnya, Anda dapat meminta penguji untuk mengikuti skenario di mana ia harus melakukan pembelian produk di situs web Anda. Dia kemudian akan menavigasi melalui saluran pembelian Anda, dan mungkin menemukan titik gesekan tertentu. Sangat menarik untuk merekam sesi agar dapat menganalisisnya dengan lebih baik setelah pengujian, dan untuk ini, ada alat perekam layar.

4. Jalankan pengujian A/B

Dengan alat pengujian A/B, Anda dapat menjalankan pengujian untuk menentukan apa yang paling sesuai dengan audiens Anda. Lebih konkretnya, adalah mungkin untuk menguji dua versi halaman web yang berbeda: sebagian pengunjung Anda akan melihat versi A, dan sebagian lagi versi B. 

Setelah pengujian beberapa hari, Anda pasti akan dapat menentukan versi mana yang paling efisien. Misalnya, Anda memiliki kemungkinan untuk menguji di beranda Anda, versi di mana langganan buletin akan ditawarkan di bagian atas halaman, dan versi lain di mana langganan akan disarankan melalui sisipan yang terus terlihat saat pengunjung menggulir. Manakah dari dua versi yang paling efektif? Hasil tes A/B dapat memberi tahu Anda.

5. Mintalah umpan balik langsung dari pengunjung Anda

Bagaimana jika Anda menawarkan pengunjung untuk memberikan pendapat mereka tentang situs web Anda? Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Anda dapat menggunakan alat umpan balik yang memungkinkan Anda mengumpulkan komentar pengunjung dengan mudah dan memberi Anda akses ke laporan terperinci. 

Menarik juga untuk membuat halaman web yang didedikasikan untuk umpan balik di situs Anda dengan formulir yang harus diisi. Dengan cara ini, Anda terutama bisa mendapatkan umpan balik dengan cepat tentang apa yang tidak berfungsi di situs dan menerapkan tindakan korektif yang diperlukan dengan reaktivitas.

Posting Komentar