Masjidil Haram Telah Dilengkapi Banyak Robot Canggih, Apa Saja?

Daftar Isi
Masjidil Haram Telah Dilengkapi Robot dengan Multi Bahasa
Alhamdulillah, pemerintahan Arab Saudi sudah semakin intensif meningkatkan pelayanan untuk kenyamanan para jamaah haji maupun umrah yang berkunjung ke kota sucinya.

Berikut ini beberapa robot canggih yang telah disediakan oleh pemerintah Arab Saudi untuk meningkatkan kualitas pelayanan jamaah haji dan umroh:

Robot dengan Multi Bahasa

Jamaah haji dan umroh yang berkunjung ke Masjidil Haram bisa memperoleh bimbingan secara intensif dari pemandu robot AI roda empat yang tersedia di sana.

Seperti diberitakan oleh The National News pada Selasa (16/11/2021), bahwa dengan tampilan layar sentuh 21 inci, robot AI akan berkeliling masjid dan siap membantu menjawab berbagai pertanyaan kepada para jamaah atau memberikan panduan tentang berbagai ritual wajib yang harus dikerjakan oleh mereka. 

Adanya sistem penghentian cerdas akan mencegah mereka menabrak orang atau objek rintangan.

Untuk mempermudah komunikasi, robot AI juga berbicara multi bahasa, ada sekitar 11 bahasa pada waktu itu. Diantaranya bahasa Cina, Rusia, Inggris, Prancis, Persia, dan Turki. Bahkan robot AI tersebut juga dapat membantu menghubungkan para jamaah dengan ulama atau Syeikh dalam bahasa yang berbeda.

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci pernah menyatakan, bahwa itu bertujuan untuk mengembangkan, merevolusi dan memudahkan layanan yang ditawarkan kepada para jamaah selama berkunjung ke Mekah.

Robot pembersih otomatis

Selain pemandu robot canggih itu, ada juga robot pembersih otomatis untuk membersihkan dan mensterilkan tempat. Hal tersebut juga secara otomatis ikut membantu pencegahan penyebaran Covid-19 dan virus lainnya.

Robot pengangkut air Zamzam

Ada juga robot lain yang berkeliaran di lokasi tersebut antara jam 08.00 pagi dan jam 05.00 sore untuk mendistribusikan air suci Zamzam dari sumur di bawah masjid. Keduanya bekerja tanpa campur tangan manusia menggunakan sistem pintar.

Robot Cerdas pengangkut air tersebut berbobot sekitar 300 kilogram dan mampu membawa sekitar 68,14 liter air untuk dibersihkan. Si robot mampu bergerak dengan kecepatan hingga lima kilometer per jam yang menggunakan kamera dan sensor overhead. Fungsinya untuk mengidentifikasi tata letak dan menghindari tabrakan dengan para jamaah. atau rintangan yang ada.

Keberadaan robot-robot tersebut juga bertujuan untuk membantu mendidik umat Islam di seluruh dunia tentang pentingnya penggunaan teknologi baru. Termasuk teknologi kecerdasan buatan dan e-learning. Contohnya, Smart Quran yang telah diluncurkan diluncurkan untuk membantu penyandang disabilitas visual, membantu membaca teks dalam huruf Braille.

Di samping itu, umat Muslim dari seluruh dunia juga bisa mendapatkan sertifikasi untuk berpartisipasi dalam inisiatif seperti Maqra' Al-Haramayn, Two Holy Mosques Reader, yang mengajarkan Alquran. Pelajaran elektronik berlangsung dari Masjidil Haram di Makkah dan tersedia dalam enam bahasa, termasuk Urdu, Inggris, dan Hausa.

Posting Komentar