Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hamid Choi Yong Kil, Ulama Korea Pertama yang Menerjemah Al-Qur'an ke Bahasa Korea

SEOUL - Alhamdulillah, umat Muslim di Korea Selatan telah mempunyai Alquran lengkap dengan terjemahan berbahasa korea. Seorang ulama Korea Selatan Hamid Choi Yong Kil, adalah seorang ulama yang berhasil menjadi orang korea pertama yang menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa Korea.

Seperti telah dilansir media Iqna.ir pada Rabu (5/1/2022) bahwa proyek Alquran dengan terjemahan bahasa Korea ini telah menghabiskan waktu sekitar tujuh tahunan. 

Biodata singkat Hamid Choi Yong Kil

Selain sebagai pendakwah, Hamid Coi Yong Kil ​juga berprofesi sebagai dosen Kajian Islam dan Bahasa Arab di sebuah universitas di Korea Selatan.

Beliau pernah mengenyam pendidikan di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi. Karya-karya yang telah diterjemahkan Choi ke dalam bahasa Korea adalah bagian dari karya ilmiahnya.

Sampai Januari 2022, Hamid Choi juga telah menulis sekitar 90 buku lain, baik secara mandiri maupun terjemahan. Ini terjadi pada ketika jumlah penduduk Muslim di Korea Selatan perlahan mengalami peningkatan secara signifikan. 

Meskipun Islam di Korea Selatan masih merupakan agama minoritas, tapi Islam di sana telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan selama dekade terakhir karena pariwisata dan pengembalian.

Menurut perkiraan Federasi Muslim Korea, jumlah Muslim di negara ginseng tersebut saat ini (per Januari 2022) telah mencapai sekitar 200.000, yang hanya 0,38 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Korea Selatan.

Dari jumlah keseluruhan warga muslim Korea, mayoritas terdiri dari mahasiswa dan juga para pekerja yang berasal dari negara Turki, Pakistan dan Uzbekistan yang kemudian telah pindah kewarganegaraan Korea.

Sumber gambar: Korea Banget - Hops.ID