Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Destinasi Wisata Halal di Negara Muslim Pakistan

Muslim tidak diragukan lagi adalah kelompok agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Dan Islam menjadi agama paling terkenal di sana. Sebagai Muslim, kita selalu tertarik pada tempat-tempat yang memiliki sejarah Islam atau memiliki budaya yang berkaitan dengan nilai-nilai Islam.

Setiap Muslim ingin mengunjungi tempat-tempat ini setidaknya sekali dalam hidupnya dan mengenal agamanya lebih baik atau lebih dekat dengan Allah SWT. Tempat-tempat ini tidak hanya meremajakan dan memperkuat keyakinan kita dalam Islam tetapi juga memberikan rasa solidaritas dan persatuan di antara umat Islam.

Negara Muslim Apa yang perlu kita kunjungi?

Destinasi Halal ke salah satu negara Muslim yang perlu anda kunjungi adalah destinasi wisata di negara Pakistan. Negara tersebut mayoritas penduduknya muslim, mempunyai populasi muslim sekitar 98%.

Dari keindahan alam Pegunungan Karakoram dan Himalaya di utara hingga dataran dan dataran tinggi di timur dan barat hingga pantai Laut Arab di selatan, Pakistan merupakan kombinasi menarik dari berbagai geografi yang menjadikannya tujuan wisata yang mengasyikkan. 

Selain itu, negara ini juga memiliki banyak tempat bersejarah yang mencakup reruntuhan peradaban kuno dan arsitektur Islam Kesultanan Mughal. Meskipun kurangnya pariwisata, Pakistan masih berhasil memikat pengunjungnya dengan beragam budaya, makanan lezat, dan orang-orang paling ramah yang pernah Anda temui.

Hal menarik yang biasa dilakukan saat berwisata ke Pakistan

1. Berbelanja: 

Dari mal canggih hingga pasar kuno, berbelanja adalah pengalaman yang menyenangkan di Pakistan. Ada banyak suvenir yang pasti akan menarik perhatian Anda termasuk selendang bersulam tangan, tembikar biru dan putih yang unik, perhiasan batu, dan kerajinan kayu. 

Bazaar Anarkali di Lahore, Pasar Zainab di Karachi dan Qissa Khawani Bazaar di Peshawar adalah beberapa pasar tradisional terkemuka sementara Giga Mall di Islamabad, Packages Mall di Lahore dan Dolmen Mall di Karachi adalah pasar modern atau mall terbaik untuk berbelanja dari merek lokal dan internasional.

2. Trekking gunung: 

Cara apa yang lebih baik untuk bersenang-senang di pegunungan ikonik di utara daripada pergi hiking. K2, Nanga Parbat dan Rakaposhi, pegunungan tertinggi ke-2, ke-9 dan ke-26 di dunia bersama dengan banyak tempat indah seperti Passu di Hunza, Fairy Meadows dan Taman Nasional Deosai di Gilgit-Baltistan dan Bukit Margalla di Islamabad patut untuk dikunjungi.

3. Nongkrong di pantai: 

Daerah utara mungkin memikat Anda untuk menuju ke sana, tetapi daerah tepi laut yang tidak jauh di belakang juga menjadi daya tarik tersendiri. 

Di sepanjang Jalan Raya Pesisir Makran terletak pantai-pantai eksotis di Pakistan. Clifton, Hawke's bay dan Sand spit adalah pantai yang terkenal di Karachi sementara Gwadar, Ormara dan Kund Malir adalah beberapa yang populer di Balochistan.

Tempat kunjungan para wisatawan di Pakistan

1. Masjid Badshahi: 

Masjid Badshahi adalah salah satu bagian arsitektur terbaik dari Kekaisaran Mughal yang dibangun di Lahore pada tahun 1674 selama rentang waktu 2 tahun oleh Kaisar Aurangzeb. 

Masjid ini terdiri dari tiga kubah besar dan delapan menara yang dihiasi marmer putih dan batu pasir merah. Maskid Badshahi memiliki kapasitas untuk menampung lebih dari 100 ribu jamaah. Masjid ini berdiri tegak sebagai masjid terbesar kelima di dunia.

2. Mohenjo-Daro: 

Mohenjo-Daro atau “Gundukan Orang Mati” adalah sisa-sisa terakhir Peradaban Lembah Indus yang diperkirakan ada sampai tahun 1900 SM. Kota kuno selalu menarik minat para arkeolog karena pengendalian airnya yang terencana dengan baik, area pemandian, dan sistem drainasenya. Bahkan relik yang digali dari situs tersebut terbuat dari emas, gading, dan batu-batu mahal yang dengan jelas menunjukkan gaya hidup orang kaya pada masa itu.

2. Museum Warisan Lok Virsa: 

Lok Virsa atau "Museum untuk Rakyat Pakistan" adalah penggambaran sejati seni rakyat, budaya dan etnis yang berbeda bahkan dari daerah terpencil di Pakistan. 

Museum ini terletak di Bukit Shakarparian Islamabad, dan menjadi satu-satunya tujuan adalah untuk menyoroti sejarah wilayah ini dan memberikan penghormatan kepada orang-orang kudus dan seniman terkenal yang telah memberikan kontribusi mereka dalam mempromosikan seni, musik dan sastra di negara ini.