20 Tips dan Trik Untuk Menghindari Peretasan Online

Daftar Isi
Kejahatan dunia maya adalah masalah global. Individu maupun perusahaan besar secara teratur diserang oleh peretas. Metode mereka berkembang seiring dengan penguatan sistem keamanan dan fenomena yang berkembang. Tetapi untuk melindungi dari jenis serangan ini, masih ada teknik yang efektif.
Crédit 123RF
Di Internet, dengan komputer atau ponsel cerdas Anda, Anda dapat mempraktikkan kiat-kiat dasar untuk melindungi diri Anda dari peretas.

1. Tetapkan kata sandi yang kuat

Kata sandi berguna untuk mengamankan perangkat Anda serta akun Anda di Internet. Ini adalah kunci wajib di jejaring sosial dan juga untuk email. Namun untuk komputer atau smartphone, pilihan ada di tangan pengguna untuk menggunakannya atau tidak. 

Kesalahan pertama yang harus dihindari adalah tidak mengatur kata sandi untuk perangkat Anda. Anda juga harus memilihnya dengan cermat agar kata sandi Anda tidak mudah ditebak.

Kata sandi yang paling kuat adalah yang panjang dan berisi huruf besar serta karakter khusus. Kata sandi Anda juga harus netral. Seharusnya tidak mengacu pada kehidupan sehari-hari Anda atau lingkungan Anda. 

Semakin kompleks kata sandi, semakin dapat diandalkan. Menggunakan kode yang sama untuk akun atau perangkat yang berbeda juga tidak disarankan. Jika seorang hacker berhasil memecahkannya, dia akan memiliki akses ke semua data Anda.

2. Ubah kata sandi Anda secara teratur

Sebagian besar waktu, pengaturan kata sandi yang kuat tidak cukup untuk menghentikan peretas. Mereka memiliki cara berbeda yang diperkuat dan bijaksana untuk meretas kode Anda. Sehingga mengubah kata sandi Anda secara teratur akan meniadakan upaya mereka. 

Dengan menggunakan kata sandi yang sama dalam jangka waktu yang lama, itu mungkin diketahui oleh orang-orang di sekitar Anda. Karena itu Anda harus mengubahnya secara teratur untuk melindungi diri Anda dari rasa ingin tahu atau niat jahat mereka, karena peretasan juga bisa datang dari lingkaran terdekat Anda.

3. Pilih pengelola kata sandi

Pengelola kata sandi adalah aplikasi yang akan memudahkan Anda untuk mengelola keamanan Anda. Mereka membantu Anda membuat kata sandi yang kuat dan kemudian menyimpannya untuk digunakan nanti. 

Untuk terhubung ke aplikasi atau situs web, pengelola kata sandi akan dapat membuat kode yang sesuai untuk Anda dengan keamanan penuh.

Ini adalah jenis aplikasi yang penting karena Anda perlu mengatur kata sandi yang berbeda untuk semua koneksi internet Anda. Pengelola kata sandi bekerja seperti brankas yang menjaga akses Anda. Ini juga dapat mencegah Anda mengunci atau kehilangan akun karena kata sandi yang salah.

4. Gunakan otentikasi dua langkah di Internet

Kata sandi bisa dibobol. Atau sedikit perhatian dapat mendukung akses peretas ke akun Anda. Untuk menghadapi kemungkinan ini, otentikasi dua langkah telah diintegrasikan ke dalam berbagai aplikasi dan situs web. 

Setelah memvalidasi akses Anda, sistem otentikasi akan mengirimkan kode konfirmasi kepada Anda. Rangkaian 6 digit yang dibuat secara acak ini harus dimasukkan kembali untuk memvalidasi koneksi ke akun Anda. Kode kedua ini dapat dikirim melalui SMS ke nomor telepon Anda atau ke aplikasi otentikasi.

5. Gunakan antivirus

Antivirus atau anti-malware adalah aplikasi keamanan yang berperan untuk mencegat perangkat lunak berbahaya. Mereka diprogram untuk mendeteksi ancaman dari Internet dan perangkat Anda. Dengan aplikasi ini, Anda juga dapat menjadwalkan pemindaian rutin untuk mendeteksi keberadaan virus. 

Karena itu Anda harus menginstal antivirus yang kuat di komputer, ponsel cerdas, tablet, dan perangkat Anda lainnya. Ada antivirus gratis, tetapi lebih baik memilih lisensi berbayar yang memberi Anda keuntungan istimewa. Juga disarankan untuk memperbarui antivirus Anda secara teratur untuk memperbaiki kerentanan keamanan.

6. Perhatikan email Anda

Tindakan pembajakan komputer sebagian besar melewati kotak surat. Email phishing dikirim oleh penipu. Mereka berisi tautan yang mengarahkan ke halaman tidak resmi dari situs web utama. 

Halaman-halaman tersebut adalah klon sehingga mungkin terlihat persis seperti alamat resmi. Tujuannya adalah untuk mencuri informasi pribadi Anda. Kata sandi atau informasi kartu kredit Anda dapat dicuri dengan metode ini.

Karena itu Anda harus berhati-hati dengan email yang Anda terima. Sebelum mengklik tautan apa pun, Anda dapat memeriksa sumber email yang tepat. Ini akan mencegah Anda terjebak dalam jebakan phishing. Analisis tautan juga disarankan, karena email yang mencurigakan juga dapat berasal dari akun kerabat yang diretas.

7. Temukan pesan teks yang mencurigakan

Phishing juga melewati sistem pesan ponsel Anda. Pesan mencurigakan mungkin disamarkan sebagai peringatan dari bank atau perusahaan asuransi Anda. Dalam pesan-pesan ini, peretas biasanya menawarkan hadiah atau peluang. Mereka sering menekankan urgensi dan ini seharusnya membangkitkan rasa ingin tahu Anda. 

Beberapa SMS yang meragukan dapat memainkan emosi dengan menawarkan bonus atau promosi luar biasa. Jangan mengklik tautan yang terdapat dalam pesan-pesan ini. 

8- Lakukan pembelian di situs web yang aman

Selain situs e-commerce utama, platform lain juga menjual berbagai barang. Beberapa mengkhususkan diri dalam menghubungkan pembeli dan penjual. Terkadang juga bisa menjadi situs showcase bagi perusahaan yang menjual produknya sendiri. Semua platform ini mengintegrasikan sistem pembayaran online. 

Tetapi untuk memastikan bahwa Anda benar-benar berada di situs yang aman dan informasi perbankan Anda terlindungi, lihat alamatnya. Setiap situs web yang aman harus ditandai dengan HTTPS. HTTP sederhana berarti informasi Anda dapat dicuri. Perhatikan detail ini saat berikutnya Anda melakukan pembayaran online.

9. Tidak mengunduh dari situs web yang meragukan

Ada banyak situs web terlarang yang menawarkan unduhan gratis perangkat lunak dan file lain yang pada dasarnya berbayar. Platform ini adalah bagian dari web gelap dan luput dari pengawasan pihak berwenang. 

Tidak ada keamanan yang dijamin di situs web yang menawarkan unduhan gratis ini. File yang terinfeksi virus berlimpah di dalamnya. Mereka dapat berfungsi sebagai Trojan untuk malware lain yang akan menyerang data Anda.

10. Perbarui sistem keamanan perangkat Anda

Baik Windows, Mac OS, Linux, Android atau iOS, semua sistem operasi ini menawarkan pembaruan rutin. Anda harus melanjutkan pengunduhan setelah pemberitahuan dikirimkan kepada Anda. Firewall dan sistem keamanan sering diperketat dalam pembaruan ini. 

Pada umumnya pembaruan dibuat sebagai tanggapan terhadap jenis serangan baru. Tidak memperbarui sistem Anda dapat membuat Anda terkena peretasan.

11. Instal aplikasi yang disetujui

Untuk ponsel cerdas Anda, Anda harus membatasi diri pada aplikasi yang berasal dari toko aplikasi resmi. Ada Play Store untuk Android dan App Store untuk pengguna iPhone. 

Sertifikat keamanan aplikasi yang ada di toko ini telah divalidasi oleh produsen. Oleh karena itu, mereka tidak menimbulkan potensi ancaman terhadap data Anda. Aplikasi dari sumber lain tidak dapat diverifikasi dan menyembunyikan kerentanan keamanan. Jadi dianjurkan untuk tidak menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Karena itu dapat merusak keamanan.

12. Jangan simpan informasi kartu kredit

Lebih mudah hari ini untuk melakukan pembelian di Internet. Kartu kredit sering digunakan untuk mengelola transaksi, karena lebih aman daripada kartu debit. Untuk memvalidasi pembayaran, Anda harus memasukkan informasi kartu Anda. Dianjurkan untuk tidak pernah menyimpannya di situs web.

Browser mungkin menawarkan Anda opsi ini untuk memfasilitasi transaksi Anda berikutnya. Tapi jangan pernah menyerah pada godaan ini. Untuk kartu kredit, disarankan juga untuk menggunakan kartu yang khusus didedikasikan untuk transaksi internet. Ini lebih melindungi akun utama Anda jika terjadi upaya peretasan.

13. Blokir ponsel Anda jika hilang

Mungkin saja Anda kehilangan ponsel Anda. Nilai perangkat bukanlah yang paling mengkhawatirkan, tetapi data pribadi yang dikandungnya. Anda harus mengaktifkan kunci jarak jauh ponsel cerdas Anda saat pertama kali menggunakannya. Jika hilang, Anda dapat memblokir ponsel cerdas dari akun pengguna Anda. Ini adalah tip keamanan yang berlaku di Android dan juga di iPhone.

14. Hindari wifi publik

Wifi umum sering kali gratis dan bisa menggoda. Tetapi menghubungkan ke hotspot ini dapat membahayakan data Anda. Peretas dengan mudah menyusup ke jaringan ini. Mereka sendiri dapat membuat jalur akses untuk memikat pengguna internet agar mencuri informasi mereka. Akses ke akun media sosial atau informasi perbankan Anda dapat disadap di jaringan yang tidak aman ini.

15. Jangan gunakan pengisi daya umum

Pengisi daya publik menyelamatkan nyawa pengguna ponsel cerdas. Kebutuhan mendesak untuk mengisi ulang ponsel cerdas Anda agar tidak terputus mendorong ke arah stasiun umum ini. Tetapi titik pengisian ini dapat terinfeksi virus. 

Peretas memiliki cara strategis untuk mengendalikan smartphone yang terhubung. Perangkat lunak berbahaya dapat diinstal tanpa sepengetahuan Anda dan mencuri data pribadi Anda atau membahayakan file rahasia Anda. 

16. Periksa objek Anda yang terhubung

Selain komputer atau smartphone, banyak benda sehari-hari dapat terhubung ke Internet. Ini termasuk televisi dan kamera pengintai. Semua perangkat pintar ini biasanya berbagi jaringan wifi yang sama. 

Ini adalah celah karena peretas dapat menyusup ke jaringan Anda melalui objek yang berpotensi tidak aman ini. Namun, Anda dapat mengatur kata sandi khusus untuk perangkat yang berbeda ini. Dimungkinkan juga untuk memperkuat keamanan di tingkat router dengan memasang firewall.

17. Simpan dokumen penting secara lokal

Agar file Anda tersedia kapan saja atau untuk mengosongkan memori pada disk penyimpanan, solusi cloud sering kali dibutuhkan. Metode menyimpan file ke penyimpanan virtual ini dapat merusak keamanan Anda.

Peretas juga menyerang server perusahaan yang menghosting file Anda. Insiden seperti ini telah membuat data sensitif pengguna Internet menjadi publik. Oleh karena itu, file Anda yang sangat rahasia harus disimpan secara lokal. Untuk tetap mengontrol data yang disimpan di cloud Anda, disarankan untuk menonaktifkan pengunduhan data otomatis. Privasi Anda akan dilindungi.

18. Tentukan pertanyaan keamanan yang kompleks

Untuk memulihkan kata sandi yang terlupa atau membuat pengaturan administratif di komputer, Anda dapat mengatur pertanyaan keamanan dengan jawaban yang hanya Anda yang tahu. 

Selama penyiapan, pilih pertanyaan kompleks yang jawabannya tidak mudah ditebak. Anda juga harus memilih jawaban yang menyimpang dari kenyataan. Berita Anda di jejaring sosial dapat mengkhianati Anda dan menyarankan jawaban untuk peretas.

19. Periksa status alamat email Anda

Bahkan dengan keamanan yang ketat di semua sisi, peretas dapat menyusup ke privasi Anda. Namun, ada cara yang sangat sederhana untuk mengetahui apakah alamat email Anda telah disusupi. Beberapa platform memungkinkan Anda untuk menganalisis status email Anda. Ini akan memungkinkan Anda untuk memeriksa keamanan Anda dan menyadari potensi kebocoran data Anda. 

Masih tentang alamat email, juga dimungkinkan untuk mengetahui jumlah perangkat yang terhubung dengannya. Nonaktifkan semua login yang tidak dikenal dan ubah kata sandi jika Anda curiga.

20. Gunakan VPN

Karena sebagian besar serangan peretas berasal dari Internet, VPN dapat membantu Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda menjelajahi penyamaran web. Mereka menyembunyikan alamat IP Anda dan kemudian memberi Anda yang lain. VPN juga mengalihkan koneksi Anda ke server virtual di berbagai negara. 

Dengan tidak terlihat di Internet, kecil kemungkinan peretas dapat melihat Anda. VPN juga memiliki sistem enkripsi yang kuat yang mencegah peretas mencegat data sensitif Anda. Yang ideal adalah menginstalnya di semua perangkat Anda yang terhubung untuk meminimalkan risiko.

Posting Komentar