Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang 4 Kitab Suci Dalam Islam

Islam adalah agama ilahi yang didasarkan pada kebijaksanaan dan seperangkat keyakinan. Keyakinan dalam Islam didasarkan pada enam rukun iman. 

Rukun iman ini adalah Kepercayaan pada keesaan Tuhan, Kepercayaan pada malaikat Allah, 4 Kitab Suci Allah, percaya pada semua nabi Allah, Kepercayaan pada Hari Pembalasan dan keputusan ilahi, yaitu takdir. Oleh karena itu, sangat penting bagi semua pria dan wanita yang beriman untuk dengan sepenuh hati diyakinkan untuk mematuhi rangkaian kepercayaan ini.

Namun, penting untuk menunjukkan di sini bahwa 6 keyakinan utama dalam Islam berbeda dari 5 rukun Islam dan tidak boleh dikacaukan. Lima Rukun Islam adalah “amalan dalam Islam” yang fundamental. 

Rukun Islam tersebut adalah pernyataan iman (syahadat), shalat, zakat, puasa dan haji (ziarah). Di sini kita akan menyoroti salah satu keyakinan dasar dalam Islam: 4 Kitab Suci dalam Islam dan semua yang perlu Anda ketahui tentang buku-buku ini.

Apa saja 4 Kitab Suci dalam Islam

Sebagaimana telah disebutkan, Iman kepada kitab-kitab suci adalah rukun iman yang ketiga dalam agama Islam. Oleh karena itu, untuk percaya pada wahyu sebelumnya dan para nabi yang datang sebelum Muhammad (SAW) adalah yang paling penting.

4 Kitab Suci Allah adalah Zabur (diturunkan kepada Dawud A.S), Tawrat (diturunkan kepada Musa a.s), Injil (diwahyukan kepada Isa a.s) dan Al-Qur'an (diwahyukan kepada Muhammad (SAW).

Kesamaan 4 kitab suci Allah

Keempat buku ini, meskipun dikirim pada Nabi dan bangsa yang berbeda, memiliki nilai-nilai dasar yang sama. Mereka semua fokus pada Satu Tuhan sebagai Kekuatan Tertinggi dan bimbingan yang dikirim oleh Tuhan bagi orang-orang biasa untuk menjalani hidup mereka sesuai dengan itu. Buku-buku ini juga membahas prinsip surga dan neraka.

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang 4 Kitab Suci dalam Islam

Selain itu, tiga kitab suci yang datang sebelum Al-Qur'an, sayangnya, tidak tetap dalam bentuk aslinya dan telah diubah dari waktu ke waktu sesuai dengan keinginan para pengikutnya.

1. Kitab Suci: Taurat

Taurat diturunkan kepada Musa (AS). Banyak yang mengaitkan Towrat dengan Taurat agama Yahudi atau Perjanjian Lama Kekristenan. Sayangnya, sebagaimana disebutkan dalam ayat Al-Qur'an, para ulama dari agama-agama tersebut menjual ayat-ayat tersebut (ini mengubah ayat-ayatnya atau mengeluarkannya dari teks aslinya) dengan imbalan keinginan dan keuntungan duniawi mereka.

Taurat berisi Sepuluh Perintah untuk Bani Israel. Itu diberikan kepada Nabi Musa di gunung Sinai. Itu sangat dibutuhkan karena orang Israel mulai menyembah anak lembu emas, sehingga terlibat dalam Syirik. 

Musa (A.S) menyampaikan petunjuk Allah yang benar melalui Taurat. Tawrat diturunkan dalam bahasa Ibrani, yang dianggap sebagai bahasa tertua Yahudi.

Saat ini ada lebih dari tujuh puluh versi Kitab Taurat di seluruh dunia. Para penganut agama Yahudi biasanya membacanya pada awal Tahun Baru Yahudi.

2. Kitab Suci: Zabur

Zabur adalah kata Arab untuk mazmur. Diwahyukan kepada Nabi Dawud (A.S), itu adalah tulisan di daun lontar seperti yang didengar oleh kebanyakan orang. Dikatakan juga bahwa wahyu yang turun kepada Nabi Dawud (A.S) dalam bentuk lagu atau nyanyian.

Nabi Dawud, yang juga dimuliakan menjadi raja, akan menyanyikan ayat-ayat dari Zabur, bukan sekadar bacaan. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Huraira (RAA), Zabur dimudahkan bagi Nabi Dawud. Teks aslinya juga tidak tersedia untuk kita pada saat ini karena juga dirusak oleh orang-orang Suci Yahudi. Zabur disebutkan tiga kali dalam Al-Qur'an. Ini dibangun dari 150 bab dan dibagi menjadi 5 bagian.

Jadi siapa pembaca/pengguna mazmur? Ini digunakan oleh orang-orang Yahudi dan Kristen Timur dan Barat tradisional. Ayat Al-Qur'an menyebutkan bahwa Allah sebelumnya telah menyebutkan surga dalam kitab mazmur. Dengan demikian pedoman umum dari teks otentik kitab tersebut seolah-olah mirip dengan ajaran Al-Qur'an, yaitu menyebutkan pahala berupa surga yang kekal.

3. Kitab Suci: Injil

Injil diturunkan kepada Nabi Isa (AS). Banyak yang mencemaskan, makna asli buku itu juga telah berubah selama periode waktu tertentu. Banyak Muslim memegang keyakinan bahwa teks asli Injil mengungkapkan kedatangan Nabi Muhammad SAW. Injil terjadi 12 kali dalam Al-Qur'an.

Injil yang disebutkan dalam Quran bukanlah Perjanjian Baru. Sebaliknya, itu menyebutkan Injil otentik dan tunggal yang diwahyukan kepada Yesus dan ajaran mana yang dia berikan kepada bangsanya.

Cendekiawan Muslim dari Aljazair, Tahir al-Jaza'iri dari era 1900, memiliki wawasan yang menarik tentang Injil. Dia menjelaskan menurut studinya:
  • Injil menjelaskan kebenaran
  • Menyerukan umat manusia untuk mengakui Keesaan Sang Pencipta
  • Untuk membatalkan beberapa hukum sekunder tertentu dari Towrat
  • Untuk mengumumkan kedatangan Nabi Muhammad (PHUB), penutup para Nabi.

4. Al-Qur'an:

Al-Qur'an diturunkan pada Nabi terakhir Islam, Muhammad (SAW). Sementara ketiga kitab yang disebutkan di atas diturunkan kepada orang-orang dari era dan lokasi geografis tertentu, Quran menargetkan seluruh umat manusia. 

Terlepas dari waktu, zaman, kasta, keyakinan atau perbedaan lainnya, Quran adalah universal. Setiap kata dari Quran tetap dalam bentuk aslinya sampai hari ini.

Quran diturunkan selama 23 tahun melalui malaikat Jibril. Sahabat Nabi Muhammad (SAW) menghafal Quran saat diturunkan dan kemudian menuliskannya. 

Quran memiliki total 114 bab. 86 di antaranya tentang kehidupan Makkah Nabi Muhammad (SAW), sedangkan 28 surah Al-Qur'an tentang migrasi Nabi (SAW) ke Madinah.

Kesimpulan:

Allah menurunkan kitab-kitab-Nya melalui utusan-utusan pilihan-Nya untuk membimbing umat mereka. Islam meniadakan korupsi dan gangguan yang dibuat dalam kitab suci asli dari buku-buku sebelumnya. Jadi membacanya untuk menyesuaikan dengan ajaran mereka dilarang. 

Namun, para ulama Islam telah berkonsultasi dengan buku-buku ini untuk perbandingan pengetahuan agama dan untuk menyelesaikan pertanyaan tentang perbedaan di antara agama-agama ini dengan kebijaksanaan.

Firman Allah yang benar yang tetap tidak berubah sampai saat ini adalah Al-Qur'an. Kami berharap Anda dapat menilai pemahaman yang komprehensif dalam panduan 'Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang 4 Kitab Suci dalam Islam' ini. Semoga Allah memberi kita hidayah dan hikmah untuk lebih mendalami Islam.


Posting Komentar untuk "Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang 4 Kitab Suci Dalam Islam "

close