Tips Cara Lindungi Sensor Fingerprint Supaya Lebih Awet

Daftar Isi
Tips lindungi sensor fingerprint supaya lebih awet (Foto: Dignited)
Teknologi smartphone sudah semakin berkembang, dulu kita hanya bisa memasukan PIN atau kode pola untuk membuka ponsel yang terkunci, sementara sekarang kita cuma butuh sentuhan jari.

Diolah dari berbagai sumber, kini para pengguna smartphone dapat dengan mudah melakukan hal tersebut dengan fingerprint yang membuat ponsel otomatis terbuka.

Bahkan saat ini, letak fingerprint tak hanya berada di belakang ponsel, ada yang di samping dan di dalam layar. Kali ini Okekui.com pun akan memberikan beberapa tips agar para pengguna smartphone mampu merawat fingerprint.

1. Jangan Menggunakannya saat Tangan Basah

Saat pertama kali mendaftarkan jari Anda, pastikan tangan Anda tidak basah, begitu juga seterusnya tiap kali Anda mengoperasikan fingerprint. Seperti diketahui bahwa semua barang elektronik memang rentan rusak saat terkena air.

Terlebih lagi saat kondisi hujan, sangat disarankan untuk tidak menggunakan ponsel karena dikawatirkan akan mengenai fingerprint. Ini mampu membuat fingerprint kehilangan fungsi atau konslet.

2. Jangan Daftarkan Banyak Jari

Seperti diketahui, fingerprint dalam smartphone mampu mendukung beberapa jari untuk akses ponsel. Meskipun demikian hal tersebut tak dianjurkan untuk dilakukan.

Alasan yang pasti adalah bahwa setiap sidik jari yang Anda daftarkan akan disimpan di memori ponsel. Ini akan membuat ponsel menampung tambahan data yang tidak penting.

3. Jangan Iseng dan bermain-main

Selain mendaftarkan dengan jari, fingerprint juga memungkinkan Anda memindai bagian badan lain yang dilapisi kulit seperti telinga, hidung, dan bibir. Namun tak dianjurkan untuk melakukan hal tersebut, pasalnya fingerprint bisa terjadi malfungsi.

4. Jangan Terkena Benda Tajam

Tips terakhir adalah jangan sampai menggoreskan benda tajam ke fingerprint. Hal ini lantaran mampu membuat fingerprint scanner tidak berfungsi dan tidak mengenali jari Anda sebagai pemiliknya.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara melindungi sensor finger print. Ini tips ringan namun sangat penting untuk diterapkan bagi para pengguna smartphone, demi menjaga finger print agar tetap berfungsi sebagai mestinya. Semoga bermanfaat..

Posting Komentar